Persona Intikalia

4 Nov 2017

Layanan Kesehataan Kota Makassar Kini Meningkat Pesat

Kesehataan adalah nikmat yang besar. Banyak sekali orang yang merelakan hartanya habis demi memperoleh kesehatan seperti sedia kala. Terkadang manusia tidak menyadari hal itu ketika masih sehat, namun akan sangat sadar ketika menderita sakit.

Kita akui bersama bahwa biaya kesehatan di Indonesia ini memang cukup tinggi dan tidak semua orang mampu menjangkaunya. Pemerintah pusat pun juga berusaha membuat biaya kesehatan ini lebih murah, salah satunya dengan adanya program pemerintah BPJS. Namun, itu saja tidak cukup. Pemerintah daerah tetap harus aktif memberikan program kesehatan lainnya yang bisa mensejahterakan masyarakatnya. Sehingga masyarakat tak perlu bingung lagi ketika sakit dan tidak cukup uang untuk berobat.


Penerapan ini telah dilakukan oleh pemerintah daerah Kota Makassar. Kota Makassar sangat serius dalam memperbaiki layanan publiknya dalam hal kesehatan. Layanan kesehatan memang salah satu tolak ukur masyarakat tersebut dikatakan sejahtera atau tidak. Jika semua masyarakatnya ditanggung biaya kesehatannya, tentu saja sangat layak untuk dibilang sejahtera; seperti halnya yang sudah dilakukan di banyak negara maju di dunia.

Pemerintah Kota Makassar sebelumnya sudah berhasil menjalankan program home care Dottorota-nya. Program ini mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat dan diharapkan bisa ditiru oleh kota-kota lainnya di Indonesia. Dottorota bukanlah program kesehatan yang main-main, pasalnya layanan home care Dottorota ini berlangsung selama 24 jam dan door to door. Sangat perlu banyaknya pihak yang bersinergi demi mensukseskan program ini.

Tak hanya itu, program layanan kesehatan lainnya yang bisa kamu temukan di Makassar adalah Lorong Sehat. Lorong Sehat ini bertujuan agar masyarakat Makassar paham betul mengenai pentingnya hidup sehat dan bersih. Lorong Sehat juga memberikan penyuluhan banyak hal, salah satunya adalah penyuluhan mengenai menanam tanaman obat, sayur, cabe, dan buah-buahan.

Bahkan di awal bulan November 2017 ini, yang bertepatan dengan HUT Kota Makassar, Dinkes Kota Makassar mengadakan sunat massal untuk 410 peserta. Ini salah satu bentuk keseriusan pemerintah Kota Makassar dengan layanan kesehatan.


Begitu juga dengan Astra yang berkomitmen untuk membangung bangsa. Dengan program Inspirasi 60 Tahun Astra, pihak Astra turut mendukung dalam implementasi inovasi layanan kesehatan yang digagas oleh pemerintah Makassar.

1 komentar:

  1. konon sehat itu mahal harganya, maka mari kita jaga kesehatan

    BalasHapus