Persona Intikalia

12 Nov 2010

Mengenal Biner dan Komplotannya

Apa itu biner? Biner berasal dari kata "binary" yang berarti sepasang. Biner di sini saya maksudkan pada bilangan biner yang banyak dikenal di dunia komputer. Kita manusia lebih mengenal desimal dibanding dengan biner, karena kita lebih sering berinteraksi dengan desimal.

Apa kelebihan desimal? Desimal itu baik, rajin, suka menabung, dan suka menolong yang lemah. Oops ... kayaknya bukan itu deh kelebihan desimal. Desimal mempunyai kelebihan bahwa jumlah jari kita cenderung ke desimal. Hitung jari tangan Anda, ada berapa? Sepuluh kan? Kalo ga sepuluh berarti Anda bukan salah satu manusia yang diberi kenikmatan berdesimal.

Oke oke, tak usah berpanjang lebar. Mari belajar mengenal biner dan komplotannya. Kita mengenal biner dulu aja yah. Biner itu susunan angka yang hanya ada 0 dan 1 saja. Sebenarnya ini pernah diajarkan di SMP kelas 2 dulu. Tapi ternyata ada yang masih ga bisa dan bingung. So, kayaknya Persona Intikalia perlu turun tangan nih, demi mencerdaskan bangsa (masa' sih? heheheh).

Misalkan kita punya angka 13 (ini dalam desimal, angka 13 yang lumrah kita kenal) lalu bagaimana bila diubah ke dalam bentuk biner? Karena biner itu bilangan pokok 2 maka kita pecah 13 juga menurut bilangan pokok 2. Perhatian, lambang "^" adalah pangkat.

13 = 8 + 4 + 1 = (1x2^3) + (1x2^2) + (0x2^1) + (1x2^0)
so, bilangan biner dari 13 adalah 1101

Gimana kalo mengubah dari biner ke desimal. Misalkan kita punya bilangan biner kayak gini: 11001010. Pasti rumit kan? Hahahah ... Padahal ga sulit-sulit amat.

11001010 = 1x128 + 1x64 + 0x32 + 0x16 + 1x8 + 0x4 + 1x2 + 0x1 = 128 + 64 + 8 + 2 = 202

Mudah kan? Kalo masih bingung, pergi ke kamar mandi, mandi dulu, mungkin setelah mandi bisa seger badannya dan bisa mempelajari ini dengan mudah, hehehe ....

Oke, si biner udah di bahas. Selanjutnya kita akan membahas oktal. Oktal ini juga kerabat dekat dari biner. Kalo biner pake 0 dan 1, sedangkan oktal pake 0 sampai 7. So, langsung tancap gas aja yah gan. Ubahlah bilangan oktal ini ke biner: 666!

Caranya mudah. Kita cari dulu biner dari 6. Biner dari 6 adalah 110. So, bilangan biner dari oktal 666 adalah 110 110 110. Mudah kan? Selanjutnya, mengubah biner ke bentuk oktal. Ubahlah biner 111 000 101 ke bentuk oktal. Jawabnya: 705. Kug bisa? Bagi aja tu bilangan biner jadi 111 - 000 - 101. 111 menunjukkan angka 7 oktal, 000 itu ya 0, kalo 101 merupakan oktal 5. So, jadinya 705.

Bosan dengan oktal? Kita bahas lagi heksadesimal. Bilangan yang make 16 macam angka. Mulai dari 0 sampai F. Loh, F kan bukan angka? Ya tahu lah, tapi kalo di dalam heksadesimal F itu angka 15 di desimal. Paham? So langsung tancap aja. Ubah heksadesimal F0B ke bentuk biner! Jawabnya: 1111 0000 1011. Cepet amat gan! Ya gampang lah. Kan tinggal konversi aja. F = 1111 (angka 15 kalo di desimal) , 0 = 0000, B = 1011 (angka 11 kalo di desimal). So sekarang dibalik, ubah biner 110 100 ke bentuk heksadesimal! Mudah tinggal pisahin aja tuh biner jadi 11 - 0100. 11 itu dianggap 0011 jadinya 3 kalo di heksadesimal, 0100 jadi 4 kalo di heksadesimal. Jadi biner 110 100 kalo diubah ke bentuk heksadesimal jadinya 34.

Anda bingung? Masih bingung? Silakan komentar aja kalo mau konsultasi ... hehehe :D

25 komentar:

  1. Widih... udah luamaa banget aku gak pernah berurusan sama bilangan biner haha... sampe2 lupa cara ngitungnay ke Hexa dan lainnya....

    klo gak salah ada paritas, data, sama bit awal dan akhir ya... gak tau lah.. aku udah lupa... hhe...

    BalasHapus
  2. pusing mikirin angka. dukung blog ane yahc

    BalasHapus
  3. wah pelajaran yang paling gue keselin nih sob waktu jaman SMA haha

    BalasHapus
  4. @Ferdinand: bener bgt gan ... ada bit yang buat ngecek paritas

    @ibnumuksin: dukung gimana bang maksudnya?

    @four dreams: wekeke ,,, emang ada dendam yah sama ni pelajaran :D

    BalasHapus
  5. masya-Allah, otak saya na'udzubillah banget kalau mencerna yang beginian. hehehehe. kebetulan saya dulu bela-belain memilih 'kelas bahasa' pas jaman SMA. kelas yang nyaris punah diaktakan tempat orang-orang terbuang. nah, saya adalah salah seorang yang ditendang keluar dari dunia eksak oleh pelajaran macam ini. hahaha

    bukan dunia saya aja kali y? berasa baca huruf alien kalau liat angka (kecuali duit).

    heeh, ko' jadi nyerocos yak? (emang anak bahasa si)

    BalasHapus
  6. wekekek ... anak bahasa yah :P

    BalasHapus
  7. betul... semacam sisa gitulah. masuk IPA ga bisa, masuk IPS juga ga sudi.

    BalasHapus
  8. masih enggak mudeng nih, udah Lupa atau udah ketuaan kaLi yah :D

    BalasHapus
  9. @Huda Tula: semangat aja lah
    meski bahasa, itu keren bro :P

    @om rame: wekekekk ... karena om kebanyakan blogging, jadi ga mudeng :P

    BalasHapus
  10. negliat postingan ini jadi ingat sama kuliahan, waktu ikut mata kuliah pemrograman berbasis objek, ngitung2 biner terus...hehhehe..

    coba aja postingan ini ada waktu saya masih ambil matakuliah itu ya, mungkin saya dah jadi ahli biner,hehhehe

    BalasHapus
  11. Biner ini juga bisa diterapkan di kehidupan, seperti hanya ada benar dan salah. Benar gak sahabat?

    BalasHapus
  12. Long ago I ask my math teacher:
    "What's the use of these complicated calculations in our life? I remember only using addition, subtraction, multiplication, and division for my job..."

    She then answered:
    "It's only used to graduate from high-school and when u take a job as a math teacher"


    Now I ask u the same question...

    BalasHapus
  13. bagi diriku itu sangat berguna ... karena salah satu cara untuk membobol bank perlu hal yang seperti itu :D

    BalasHapus
  14. buat orang yang curiousitynya tinggi emang penting, buat bikin program untuk bikin supaya pin atm gak dibobol sama john terro, hehehe...

    BalasHapus
  15. wekeke ... bisa aja nih mbak Ami :D

    BalasHapus
  16. kalau bicara soal bilangan biner, aq nyerah sob, sampai sekarang aq otak q lemah soal hitung2an

    BalasHapus
  17. hahah .... cepet banget gan nyerahnya :D

    BalasHapus
  18. Perasaan pernah belajar itu deh tapi dimana ya .. aku lupa he he..

    BalasHapus
  19. ya kan agan barusan belajar di sini :D

    BalasHapus
  20. aduuhh .. angka 1 dan 0 membuat otak ku butek om ckck

    BalasHapus
  21. iyaa .. yg enak tu misal gambar yg OR, AND, XOR dll

    BalasHapus
  22. ya sama aja kan ... toh cuma 0 dan 1 yang keluar :D

    BalasHapus