Persona Intikalia

1 Mei 2015

Kangen "Palsu"

Tiba-tiba ada SMS, minta ditelepon. Katanya kangen, sampe nangis-nangis. Pas udah ditelepon, malah ditinggal main. Ini kangen, tapi palsu, hehe. Cuma ngabisin pulsa saja. Tapi namanya anak kecil, mungkin dia kangen berat, tapi setelah ditelepon, kangen hilang, lalu main lagi. Atau mungkin ditelepon itu ga seasyik ketemu langsung. Jelas. Karena kalo ketemu langsung, bisa minta gendong, jalan-jalan keliling ke sekitar rumah sampe tertidur.

Kasihan dia. Punya ayah kayak Bang Toyib. Cuma bedanya ga tiga kali puasa tiga kali lebaran, hehe.

29 Apr 2015

Cara Membuat Donat dengan Tepung Pilihan

Kue yang satu ini memang banyak penggemarnya. Bentuk dan rasanya pun kian beraneka ragam karena banyak orang yang telah memodifikasi kue ini menjadi beragam rasa dan pilihan. Kue donat merupakan cemilan yang pas untuk bersantai bersama dan keluarga. Termasuk bisa juga sebagai pengganti makan siang untuk ukuran donat yang super besar. Nah, jika anda ingin mengetahui cara membuat donat ini, anda bisa mulai mempelajarinya dengan membuat donat dengan resep yang sederhana. Meskipun resep sederhana, namun ada satu bahan yang harus menjadi bahan wajib tiap kali membuat donat. Yakni tepung Bungasari yang merupakan tepung pilihan untuk membuat donat dengan kualitas rasa yang enak.


Bahan-bahan yang dipilih untuk membuat donat ini perlu anda persiapkan terlebih dahulu. Secara umum, donat merupakan kue dengan bahan termudah untuk didapatkan. Kali ini, resep yang akan digunakan yakni donat kentang. Donat yang terbuat dari kentang dan memiliki rasa khas kentang. Untuk mulai mempersiapkan cara membuat donat diperlukan tepung Bungasari yang menjadi tepung andalan dalam setiap adonan donat, kemudian kentang secukupnya untuk mencampuri adonan tepung. Selain itu bahan selanjutnya seperti bahan membuat kue pada umumnya. Yakni ada kuning telur, gula pasir, mentega, garam, dan air. Kentang yang sudah dikupas tentunya perlu dicuci dan ditumbuk halus. Agar nanti ketika dicampur maka kentang sudah berbentuk halus.

Untuk tepung, kentang, kuning telur, mentega, gula pasir dan garam kemudian aduk hingga merata. Sambil adonan diaduk, tambahkan air sedikit demi sedikit. Tujuannya agar adonan tidak terlalu mengental namun tidak pula terlalu mencair. Mencampur adonan donat tidak begitu sulit. Justru paling sering adonan ini diaduk dengan menggunakan tangan bukan menggunakan alat bantu mixer. Kemudian bentuk donat sesuai keinginan. Namun cara membuat donat umumnya berbentuk seperti lingkaran. Ketika donat digoreng, jika menggunakan tepung Bungasari tentunya donat akan cepat matang dan berwarna kuning keemasan. Tentu serat-serat dari donat ini terasa begitu lembut dan empuk. Karena itu anda bisa mencoba membuat donat ini di rumah.

22 Apr 2015

Blogger Juga Bisa Jatuh Cinta

Tidaklah burung berkumpul, kecuali dengan sejenisnya. Itulah kata-kata yang sering aku baca dan dengar di kajian maupun di beberapa tulisan manusia. Manusia juga punya kecenderungan berkumpul dengan sejenisnya. Yang hobi mancing, kumpulnya dengan yang hobi mancing juga. Preman kumpulnya juga sama preman. Penulis, kumpulnya juga dengan penulis. Blogger pun demikian, kumpulnya dengan blogger juga.

Saya dan teman saya yang suka ngoding website pun, waktu 2013 bikin grup di Facebook mengenai HTML, CSS, dan sebagainya, tujuannya hanya satu, biar bisa ngumpul sesama suka ngoding. Biar kalo ada masalah, seenggaknya bisa dapat bantuan dari sesama pecinta ngoding.

Dulu, aku tidak pernah menyangka bahwa aku bisa dapat istri dari perantara blog. Istri saya juga seorang blogger. Menarik banget bisa nemu pasangan sehobi. Jadi biasa kerja bareng, ngobrol berjam-jam tentang konsep blog yang akan kami buat hingga konsep monetasi dari blog yang sudah jalan. Saya merasa sangat bersyukur bertemu jodoh yang sehobi, sevisi, dan semisi. Ngomongnya pasti nyambung, karena frekuensinya sama.

Awalnya aku mengira bahwa sangat kecil kemungkinan dua orang blogger bisa jadi suami-istri. Namun, ternyata di luar sana, lumayan banyak yang menikah berawal dari ngeblog. Setidaknya ada 3 pasangan lainnya yang aku tahu mereka berjodoh lewat blog. Dan aku yakin masih banyak pasangan-pasangan lainnya, karena dunia ini luas, hehe.

Bagaimana bisa blogger jatuh cinta melalui blog. Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengenai ini. Pernahkah kamu membayangkan pertama kali kamu jatuh cinta pada seseorang? Masuk akal ga kejadiannya? Pasti ga masuk akal dan terkesan diskenario oleh Sang Pencipta Takdir. Itulah yang terjadi pada seorang blogger. Hanya lewat tulisan saja, terkadang orang bisa kagum, lalu jatuh cinta dan menikah.

Kug bisa? Karena tulisan setidaknya mewakili cara seseorang berpikir. Biasanya seseorang akan jatuh cinta pada tulisan karena tulisan tersebut menyentuh hatinya. Sebut saja istriku, dia dulu menyukaiku katanya sih dari tulisanku. Aku bingung juga tulisan yang mana. Lah wong saya nulisnya random. Kalo saya sih awal suka dengan istriku karena cara dia berpikir dan prinsip yang ia pegang. Menurutku menakjubkan, dan tidak semua cewek seumuran dia mempunyai kapasitas berpikir seperti itu.

Aku jatuh cinta lebih dahulu pada cara berpikirnya, padahal aku belum melihat wajahnya. Ketika aku kopdar dan tahu bagaimana wajahnya, aku jadi pengen cepetan nikah, hehe. Tapi emang takdir mendukung kami, akhirnya alhamdulillah bisa sampe nikah dan sekarang mau punya anak dua.

Jika diingat-ingat, memang masa-masa itu mendebarkan sekaligus menyenangkan dan khawatir. Aku dulu sempat khawatir apakah aku nanti bisa berkomunikasi dengan istriku secara normal, karena biasanya komunikasi kami lewat tulisan dan saya sangat susah bicara sama cewek. Eh ternyata setelah akad nikah, lidah saya yang keluh tiba-tiba mulai lancar berbicara. Ternyata memang kalo sudah halal, semuanya jadi dipermudah. Kekhawatiran-kekhawatiran itu ternyata cuma isapan jempol belaka, hehe.

Pesan saya sih, kalo kamu seorang blogger, jangan memaksakan diri untuk dapat istri blogger juga. Karena jodoh seseorang itu beda-beda. Jangan niru saya, hehe. Saya juga tidak pernah berharap dapet istri dari aktivitas ngeblog, hanya saja karena sudah ada, mumpung belum diambil sama orang lain, ya saya ambil duluan. Kesempatan sih bisa datang berkali-kali, namun tidak dengan orang yang sama (apalagi dengan yang pas di hati).

Cerdas Memilih Asuransi

Seiring dengan kebutuhan hidup, manusia berlomba-lomba untuk mencari uang sebanyak-banyaknya. Tak hanya itu manusia juga berlomba untuk membangun rumah yang layak dihuni beserta perabotnya. Di samping ambisi tersebut, ternyata manusia semakin dihantui dengan risiko-risiko yang akan menimpa dirinya.

Salah satu risiko yang paling sering menimpa manusia adalah masalah kesehatan. Negara-negara maju di dunia, asuransi kesehatan sudah ditanggung oleh pemerintah. Premi diambil dari persen pendapatan pekerja di sana. Di Indonesia sendiri, asuransi kesehatan baru-baru ini saja ditanggung pemerintah, itupun bersifat opsional. Saya sendiri juga masih belum terdaftar dalam BPJS, hehe.

Sebelum benar-benar memutuskan untuk memilih asuransi, kita harus benar-benar memahami poin-poin apa saja yang dijamin oleh asuransi yang akan kita beli. Jangan tiba-tiba menyesal karena langsung setuju dan tanda tangan. Tanyakan jika ada poin yang sekiranya multitafsir.

Asuransi yang banyak dikenal oleh orang adalah asuransi kesehatan. Padahal, asuransi yang ada sangatlah banyak macamnya. Salah satunya adalah asuransi properti. Asuransi properti ini adalah asuransi yang melindungi properti yang kita miliki dari beberapa risiko yang ada pada perjanjian. Jadi jika kamu memiliki rumah yang bagus dan berharga mahal, alangkah baiknya jika diasuransikan. Mengingat sesuatu yang mahal itu biasanya lebih rentan terhadap risiko.

Setidaknya ada dua macam jenis perlindungan yang diberikan oleh asuransi terhadap properti yang kamu miliki. Yang pertama adalah FLEXAS. FLEXAS adalah singkatan dari Fire (kebakaran), Lightning (Petir), Explosion (Ledakan), Impact of Aircraft (Kejatuhan Pesawat Terbang) dan Smoke (Asap). Jadi properti yang dilindungi pada asuransi ini adalah jika kondisi kebakaran, terkena petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, dan asap. Jika kamu ingin menambah kondisi apa saja yang dijamin oleh asuransi, kamu bisa menggunakan jenis asuransi yang kedua, yaitu jenis All Risk.

Jenis asuransi All Risk ini menjamin seluruh keadaan, kecuali keadaan yang memang dikecualikan oleh pihak asuransi (risiko pengecualian). Biasanya pengecualian ini terdaftar dalam paket tertentu. Pengecualian sendiri terdiri dari 2 macam, pengecualian umum dan pengecualian spesial. Apa saja yang termasuk dalam pengecualian umum?

Yang termasuk dalam pengecualian umum adalah perang, kerusuhan, huru-hara, penjarahan, revolusi, pengambilalihan kekuasaan, terorisme, radiasi, ionisasi, kontaminasi radioaktif nuklir, kesengajaan/kecerobohan tertanggung atau yang mewakili tertanggung, penghentian pengerjaan sebagian maupun keseluruhan. Jadi jika kamu lalai dan sengaja merusak, maka asuransi properti yang kamu beli tidak bisa diklaim.

Selanjutnya, pengecualian yang bersifat khusus meliputi properti dalam masa konstruksi, properti dalam masa perbaikan/pembersihan/renovasi, properti dalam perjalanan melalui darat/kereta/udara atau air (diasuransikan dengan polis asuransi Cargo / marine cargo), perhiasan, barang sewa, dsb. Semua tergantung pihak asuransi yang melayani. Untuk itu sebelum memutuskan untuk membeli asuransi, perhatikan poin-poin aturan mainnya.

PasarPolis

Jika kamu penasaran mengenai asuransi properti ini, kamu bisa mengunjungi PasarPolis.com untuk membandingkan beberapa asuransi properti yang disediakan oleh berbagai macam pihak asuransi yang tergabung di sana. Pembeli yang cerdas, meneliti dulu sebelum membeli.

19 Apr 2015

Cinta Putih

Aku juga memiliki cerita yang hampir sama dengan Cinta Putih (ngebacanya bikin saya berdebar) milik Hoeda. Hampir sama, tapi tidak sama. Karena sebelum saya ditinggal nikah, saya nikah duluan dengan istri saya, hehe. Dan bedanya lagi, saya tidak dimulai dengan niatan bunuh diri.