Persona Intikalia

19 Feb 2017

Efek Pernikahan Bahagia Bikin Perut Buncit

Hamil kali ini memang lebih ringan dari sebelumnya. Selain karena suami memang udah gak sibuk lagi seperti dulu, sekarang Aisyah juga sudah besar. Banyak hal yang bisa dia kerjakan sendiri. Pipis juga udah gak dipopok lagi dan gak harus bikin huru hara karena pipis sembarangan, hihi. Jadi gak terlalu sering sakit pinggang gara-gara ngepel pipisnya Aisyah.



Gak hanya itu, saya juga merasa hamil kali ini saya gak terlalu berlebihan ingin makan bakso seperti saat hamil Aisyah. Justru lagi gak suka dengan daging sapi yang terlalu banyak gajihnya. Lebih suka makan kwetiaw dan olahan mi. Cuma memang sih frekuensi mualnya lebih parah dari sebelumnya. Jadi setiap hari harus ada buah. Kalau gak gitu bisa mual seharian.

Seperti biasa kalau hamil memang mudah lapar. Jadi saya lebih suka nyemil buah kalau lapar datang gak pada waktunya. Saya bisa lapar hanya selang satu jam setelah makan, huh. Sampai suami gak percaya, yakin lapar lagi? Haha. Kalau udah gini mendingan cari buah atau makan roti supaya gak terlalu bikin gendut.

Selain saya yang gendut, suami juga mendadak gendut. Maklumlah sudah gak kuliah jadi aktifitas lebih banyak di rumah. Kerja juga di rumah terus, paling keluar rumah rutin seminggu dua kali itu pun gak ke tempat yang jauh. Suami juga gak banyak kepikiran apa-apa. Tiap hari main sama anak istri dan seneng terus.

Alhasil perut suami hampir menyaingi perut saya yang lagi hamil ini. Gemana gak gendut, wong tiap saya makan suami pasti saya ajak makan. Saya dan suami memang terbiasa makan sepiring berdua dari awal nikah. Kalau makan sendiri-sendiri justru rasanya kurang nikmat, malah bisa gak habis. Padahal porsinya sudah sedikit tapi tetap gak bisa ngabisin sendiri. Suami juga sering tergoda kalau lihat saya makan sendirian, jadi gak mungkin gak ikutan makan, haha.

Semalam sehabis makan mi pangsit, saya dan suami sikat gigi malam, sambil berbincang santai. Suami mengeluh kalau badannya makin berat. Suami memperkirakan kalau beratnya ini sekitar enam puluh tiga, lebih berat dari timbangan sebelumnya. Memang sih terlihat sekali kalau suami saya lebih gendut. Padahal dulu suami gak pernah bisa segendut ini, paling mentok timbangannya lima puluh lima kilo.

Suami bilang katanya setelah menjadi gendut dia gak lagi mudah merasa kedinginan. Mungkin memang karena lemak di tubuhnya banyak ya. Sempat tempo hari suami kehujanan, meski kehujanan gak terlalu kedinginan seperti dulu katanya, haha.

Karena merasa kegendutan ini, akhirnya suami ingin memperbanyak olahraga. Tapi ya olahraga yang ringan dulu seperti lari pagi atau mungkin main futsal dengan teman-temannya. Sempet kepengen beli sepatu futsal Adidas. Tapi baru inget ternyata di rumah ada sepatu olahraga yang gak pernah dipake sama sekali. Jadi pake itu ajalah, hihi. Tempat futsal di sini juga gak jauh dari rumah, jadi cocok bangetlah kalau main futsal sama temen-temen alumni SMA-nya.

Selain dengan olahraga suami juga kepengen mengurangi karbohidrat. Memang sih suami itu kalau makan kadang banyak karbonya. Dulu meski banyak karbohidrat tapi aktifitas banyak gak terlalu ngefek. Sekarang lebih banyak di rumah jadi karbonya jarang kebakar, haha. Selain memang udah gak banyak aktifitas di luar rumah, pikiran juga pengaruh banget. Kata suami dulu waktu ribet kuliah sering males makan, apalagi di kampus, mau makan susah banget harus beli dulu. Kalau di rumah makanan malah datang sendiri, tahu-tahu di sebelah udah ada makanan dan diajak makan sama saya, hihi.

Memang sih katanya kalau lelaki habis menikah terus gendut berarti nikahnya bahagia. Tapi gak gitu juga sih, bisa aja salah pola makan, haha. Memang orang gendut identik dengan orang bahagia ya?

Kalau menurut kamu gemana?

15 Feb 2017

Tips Agar Anak Cerdas

Punya anak cerdas memang dambaan semua orang tua ya. Kayaknya gak ada deh orang tua yang pengen anaknya bodoh, hehe. Pastilah kepengen anaknya cerdas dan berprestasi. Dan ternyata mendidik anak supaya jadi cerdas itu harus dimulai dari si kecil ada di kandungan juga loh. Setelah si kecil lahir juga banyak hal yang harus diperhatikan agar si kecil cerdas. Berikut adalah tips agar anak cerdas.

Boy-playing


Perhatikan Asupan Gizi

Apa yang kamu makan akan sangat berpengaruh pada tubuh, sehingga gak heran ya kalau ingin anak kita cerdas harus memperhatikan asupan makanan tiap harinya. Kadang beberapa orang tua gak peduli dengan asupan gizi yang dimakan anaknya. Pokoknya yang penting kenyang deh. Akibatnya menu makanan sering sekali terlalu banyak mengandung karbohidrat. Nah kalau sudah begini tentu saja resiko obesitas menjadi meningkat dong. Kalau si kecil udah kegendutan maka akan membuatnya malas bergerak dan dapat mempengaruhi kecerdasan otaknya.

Akan sangat baik jika menu makanan si kecil tiap harinya mengandung omega 3, yang bisa didapatkan dari ikan tuna, sarden dan salmon. Gak hanya itu pada sayuran seperti bayam, brokoli, selada dan lobak. Buah-buahan juga sangat baik untuk perkembangan si kecil. Jadi jangan lupa ya selalu usahakan ada sayuran, buah dan daging pada menu makan si kecil. Kalau gak bisa tiap hari makan daging minimal tiap hari harus makan sayur ya!

Istirahat yang Cukup

Selain memperhatikan asupan gizi si kecil hal yang gak kalah penting adalah memperhatikan waktu istirahat si kecil. Karena bagaimana pun juga istirahat sangat penting agar tubuh bisa kembali segar. Apalagi nih kalau kurang tidur kan bisa kurang konsentrasi. Jadi biasakan agar si kecil gak terlalu lama bermain. Seenggaknya tidur siang sekitar satu jam, dan tidur malam jangan terlalu larut agar bisa bangun pagi dengan segar.

Biarkan Si Kecil Bermain

Namanya juga anak kecil ya jadi gak heran kalau mereka suka banget bermain. Jadi jangan pernah larang si kecil bermain, kecuali memang bermain hal yang membahayakan ya. Karena bermain termasuk salah satu cara mencerdaskan anak loh.

Permainan yang dimainkan bisa sangat sederhana seperti memindahkan barang dari wadah satu ke wadah lainnya. Permainan ini untuk anak-anak di bawah tiga tahun ya. Kalau udah gede ya harus main yang lebih sulit lagi dong, hihi.

Tapi inget ya pemberian gadget juga harus dibatasi. Apalagi kalau game yang dimainkan bukan game edukasi, bisa-bisa si kecil malah kecanduan gadget. Makin ribet deh kalau gini.

Berolahraga Juga Penting

Gak dipungkiri anak yang aktif bergerak memang lebih sehat dari anak yang hanya diam saja. Agar si kecil bergerak aktif dengan terarah bisa diarahkan untuk berolahraga. Seperti main bola, lari-lari kecil atau pun olahraga lain yang disukai si kecil. Dengan berolahraga kadar oksigen yang masuk ke otak menjadi lebih banyak sehingga akan sangat baik bagi kinerja otak.


Ajarkan Juga Adab yang Baik

Tapi jangan lupa juga anak-anak dari kecil harus diajarkan adab yang baik. Karena bagaimana pun juga dalam bermasyarakat nantinya akan dilihat bagaimana kita bersikap. Membiasakan si kecil mengucapkan kata "Maaf", "Tolong" dan "Terima kasih" juga penting loh. Karena tiga kata itu menunjukan kalau kita punya sopan santun. Caranya bisa dimulai dari diri sendiri. Ketika si kecil kita minta mengambil sesuatu bisa kita apresiasi dengan mengucapkan "Terima kasih". Sehingga nanti lama kelamaan si kecil akan mengikuti perkataan kita.

Karena sekedar cerdas saja gak cukup, menjadi orang yang punya akhlak yang baik juga penting. Jadi harus diimbangi kecerdasannya dengan akhlak yang baik. Mungkin memang sulit membuat anak jadi cerdas dan berakhlak. Tapi bukannya gak bisa loh ya.

Nah kalau itulah tips agar anak cerdas. Kalau kamu punya tips anak cerdas apalagi nih?

10 Feb 2017

Harus Tetap Sedia Uang di Dompet

Sore tadi sempat ke Indomaret terdekat untuk membelikan anak saya es krim. Ada kejadian yang cukup membuat saya mengingatnya hingga saat ini. Seorang lelaki yang seumuran dengan saya sedang di kasir dan bermasalah dengan kartu debitnya. Dia mengira bahwa kartu debit itu berisi 100 ribu lebih sedikit dan bisa dibelanjakan. Ya mungkin itu akan bisa dibelanjakan jika menggunakan kartu debit lainnya, seperti yang saya pakai.


Namun, karena dia menggunakan kartu debit bank tertentu, ternyata ada saldo yang tertahan 100 ribu. Muke gile bukan? Saldo yang tertahan adalah 100 ribu. Biasanya kartu debit lainnya yang saya kenal biasanya hanya menahan 20 ribu hingga 50 ribu saja. Bahkan untuk kartu debit yang saya pakai hanya menahan saldo 10 ribu saja dan dulu kartu debit mahasiswa saya cuma menahan 2 ribu saja.

Karena saldo yang tertahan cukup besar, akhirnya lelaki tersebut terpaksa mengurangi belanjaannya dan membayar dengan sisa uang yang ada di dompetnya. Yang awalnya dia belanja habis 20 ribuan lebih akhirnya dia kurangi hingga menjadi 14 ribu sekian saja.

Itulah mengapa meskipun pembayaran non tunai sangat populer saat ini, tetap harus sedia alat pembayaran tunai. Hal ini karena tidak semua tempat kita belanja menyedikan pembayaran non tunai, apalagi jika ternyata jumlah saldo rekening di kartu debit kita ternyata tidak cukup. Hal ini lumayan membuat kita malu. Kan tidak elok jika sudah terlanjur belanja banyak ternyata uang yang ada di kartu debit kita kurang.

Namun, hal ini tidak akan terjadi jika kamu menggunakan kartu kredit. Hanya saja kartu kredit ini juga menjadi bahaya jika kamu tidak bisa mengatur jumlah belanjaanmu. Banyak sekali orang yang tersendat kartu kreditnya akibat terlalu boros karena mudahnya menggunakan kartu kredit ini. Kita tak perlu memikirkan jumlah saldo di kartu kita, karena memang kartu kredit ini adalah kartu utang. Beli semua kebutuhan dengan berutang dulu. Bahkan saya sempat ngobrol dengan tetangga yang menggunakan kartu kredit untuk jalan-jalan ke Jogja. Dia bilang jalan-jalannya sudah selesai, namun utangnya masih terasa dan harus dibayar hingga beberapa bulan kedepan.

Memang menggunakan alat pembayaran non tunai ini harus bijak. Jangan sampai kemudahan ini malah membuat kita kesusahan di kemudian hari. Jangan sampai kita dikejar-kejar debt collector karena kita terlalu ceroboh dalam menggunakan kemudahan kartu kredit. Tetap atur keuangan dengan bagus. Dan jika kamu takut salah mengatur, maka lebih baik menggunakan alat pembayaran non tunai yang bukan berupa kartu kredit.

6 Feb 2017

Pengalaman Lubang Kunci Sepeda Motor Dimasuki Benda Asing oleh Anak

Seminggu lalu aku yang terbaring sakit di kamar harus menemui seorang tamu. Seperti biasanya, siang hari anakku ini sering membuat kericuhan jika sudah mengantuk. Karena aku fokus ngobrol dengan tamu, maka anakku pun dengan segala keingintahuannya memasukkan pedang-pedangan mainan Lego Ninja Go ke dalam lubang kunci sepeda motor Beat milikku. Dan bisa ditebak, pedang mainan tersebut tersendat dalam lubang kunci dan waktu saya tarik patah.


Gemes banget kan, posisi lagi sakit, tapi anaknya bikin masalah kayak gini. Aku marahi si Aisyah. Dia nangis. Haha. Emang harus dimarahi, biar dia tahu dia sedang melakukan kesalahan. Setelah dia tahu dia salah, baru aku sayang lagi. Hehe. Aku mah gitu sama anak, biar dia ga manja dan lebih tahu diri nanti ketika gede. Tapi tetap, setelah dia minta maaf, kita (aku dan istri) sayang lagi.

Bahkan sengaja beberapa hari sepeda motor yang bermasalah tidak diperbaiki. Selain karena posisinya waktu itu aku masih sakit, memang aku sengaja agar Aisyah tahu dampak dari perbuatannya. Biasanya di hari-hari tertentu kami (aku, istri, dan Aisyah) jalan-jalan. Dia pun minta jalan-jalan. Istriku bilang ke anakku, kalau sepeda motornya tidak bisa dipakai karena waktu itu dimasuki mainan. Aisyah pun menuntup mukanya karena malu. Dia tahu kalau dia salah. Hehe.

Namun, hari ini akhirnya sepeda motor saya berhasil diperbaiki oleh ahli kunci. Mengapa ahli kunci? Jelas karena pasti harganya lebih murah daripada aku bawa ke dealer resmi Honda. Permasalahan yang aku alami ini murni tentang perkuncian. Dalam waktu 30 menit, lubang kunci berhasil diperbaiki. Ya dibongkar-bongkar begitu, tapi yang jelas masalah selesai. Memang yah, serahkan segala urusan pada ahlinya. Selesai dengan benar dan dalam waktu yang cepat.

Biayanya juga tidak mahal, sama seperti kalau bikin kunci, 30 ribu saja. Sangat berbeda ketika saya membawanya ke dealer resmi, bisa-bisa di atas 200 ribu karena alasan ini itu dan harus diganti semua. Bukannya tidak percaya dengan dealer resmi sih, tapi beberapa bulan lalu sempat ke dealer resmi karena suatu masalah, eh masih meninggalkan masalah lainnya lagi setelah diservis. Dan bapak saya pun juga pernah begitu, pasti ada satu masalah tersisa. Atau mungkin memang dealer resmi di dekat rumahku saja yang nakal yah. Entahlah. Hehe.

3 Feb 2017

Ini Tips Cerdas Memilih Catering Untuk Diet Sehat di Jakarta

Belakangan ini, mulai bermunculan berbagai catering yang bisa membantu setiap orang menyediakan makanan sehat bagi mereka yang sedang melakukan program diet. Ditambah juga kemunculan bermacam metode program diet yang terkenal saat ini, seperti diet mayo, paleo, ataupun clean eating. Hal ini terjadi dikarenakan semakin besar antusiasme setiap orang untuk menerapkan hidup yang sehat dengan mengkonsumsi beragam makanan sehat yang benar.


Akan tetapi, dalam memilih catering untuk diet tidak boleh sembarangan asal memilih. Anda harus memperhatikan banyak hal mulai dari harga, menu makanan, hingga kesegaran makanannya. Untuk memudahkan Anda memilih catering diet di Jakarta yang benar, berikut ini akan dibahas secara lengkap tips cerdas memilih catering untuk program diet.

Perhatikan Harga

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih salah satu catering untuk diet, hal pertama yang harus diperhatikan adalah harga. Anda harus memikirkan apakah penawaran harga yang diberikan oleh catering tersebut sudah sesuai dengan budget Anda. Lalu, apakah penawaran harga tersebut sudah sesuai dengan menu yang disediakan dan juga pelayanannya. Jangan sampai Anda membayar cukup mahal hanya untuk menu diet yang biasa saja.

Perhatikan Menu Makanan

Untuk pemilihan menu makanan ini, Anda harus memperhatikan apakah menu catering yang dipesan dengan menu rumahan yang biasa saja atau benar-benar sudah diolah dan dirancang menyesuaikan program diet penurunan berat badan Anda. Dimana untuk proses diet berat badan sendiri sudah memiliki banyak pilihan mulai dari diet mayo, paleo, hingga clean eating.

Bahkan, catering diet terbaik biasanya juga menyediakan menu makanan untuk orang dengan kebutuhan khusus seperti penderita hipertensi, jantung, ginjal, diabetes, dan yang lainnya. Jadi, Anda tentunya harus memperhatikan menu makanan yang disediakan catering dan jangan sampai salah memilih menu yang bisa merugikan Anda.

Area Pengiriman dan Kesegaran Makanan

Makanan yang sehat adalah makanan yang dikonsumsi setelah matang dan tidak terlalu lama dari proses masak. Jadi, Anda harus memikirkan apakah catering tersebut dekat dengan rumah Anda sehingga makanan yang Anda konsumsi masih sehat. Jangan sampai Anda memilih catering yang jauh dari rumah sehingga proses pengirimannya lama dan makanan yang dikonsumsi rasanya sudah tidak enak. Selain pengiriman, Anda juga harus memperhatikan kesegaran makanan, tidak ada salahnya melakukan survei ke catering yang dipilih untuk memastikan semua proses mulai dari bahan makanan hingga makanan matang selalu segar dan layak dikonsumsi oleh Anda.

Itulah tips cerdas yang dapat diberikan oleh Gorry Gourmet yang merupakan salah satu dari daftar catering diet jakarta terbaik yang bisa menjadi pilihan terbaik Anda.