Persona Intikalia

22 Apr 2017

Cerita MPASI Pertama Aisyah

Setelah punya anak rasanya memang banyak hal yang harus dipikirkan, mulai dari makanan, jam tidur, kebersihan mandi, bahkan sampai pupnya aja dipikirin. Apalagi kalau lagi bedegelen atau sembelit, udah deh panik banget lihatnya. Mana anak nangis emaknya juga bingung. Biasanya sembelit memang dialami oleh bayi yang sudah mulai makan makanan pendamping ASI. Penyebabnya bisa karena alergi makanan atau bisa saja kurang minum dan serat. Tapi menurut saya yang paling ngefek itu banyakin minum air putih atau ASI jika sudah mulai makan makanan pendamping ASI.


Dulu saya bingung banget makanan seperti apa sih yang bagus buat anak. Sehingga saya memutuskan untuk memberikan Aisyah MPASI home made. Selain karena saya juga punya waktu luang untuk nyiapin, saya juga agak anti dengan MPASI instan. Tapi ya, itu semua kan tergantung prisip para ibu masing-masing ya. Saya gak mau menjudge macem-macem pada ibu yang memberikan MPASI instan. Karena memang gak bisa dipungkiri MPASI instan ini praktis banget dan mudah disukai oleh anak.

Kalau ngomongin tentang MPASI memang gak ada habisnya. Ada yang bilang MPASI pertama paling bagus ya diberikan serealia atau makanan yang berupa biji-bijian. Seperti macam-macam beras. MPASI pertama Aisyah memang saya berika bubur beras merah pecah kulit yang katanya memang makanan sehat untuk anak. Awalnya Aisyah memang doyan banget dan saya berikan tiga hari berturut-turut untuk melihat reaksi pencernaanya terhadapa makanan ini. Dan ternyata gak alergi.

Kalau masih awal-awal MPASI memang gak sulit untuk menemukan menu MPASI. Biasanya udah mulai bingung itu ketika si kecil mulai mengerti makanan enak, haha. Bayi juga pengen makan enak loh, hihi. Kalau pada Aisyah fase kepengen makan enak ini sejak dia satu tahun. Dia suka dengan makanan yang punya rasa gak cuma asin aja, tetapi juga agak manis atau asam. Aisyah memang suka makanan yang gurih-gurih. Sempat saya buatkan udang kecap mentega, dan ternyata dia doyan banget. Tapi ya gitu gak dimakan pake nasi tapi dicemil, haha.

Dari kecil saya juga mengenalkan Aisyah dengan ikan. Pertama karena memang saya doyan ikan. Jadi biar ada temen makan ikan karena suami gak doyan ikan, hihi. Lagi pula biar Aisyah lebih fleksibel juga makana segala macam.

Nah kalau kam punya cerita MPASI apa nih?

21 Apr 2017

21 April, Hari Poligami di Indonesia

Dulu, waktu saya masih kecil, kerap kali ada peringatan Hari Kartini. Ya yang namanya anak kecil kan mana tahu, asal ikut-ikutan aja apa yang diinstruksikan oleh guru. Jadi, pas tiap tanggal 21 April ini biasanya pakai baju adat buat meringatin Hari Kartini.


Saat agak gedean dikit, seumuran SMP lah, saya baru tahu kalo ternyata Kartini ini digadang-gadang sebagai perempuan yang sangat membela dan memperjuangkan hak-hak wanita. Sudah sampai di sana saja penjelasan yang saya dapat. Guru-guru SMP dulu juga tidak pernah menyenggol pribadi Kartini secara mendalam.

Ketika sudah beranjak lebih gede lagi, sekitar SMA lah, baru tahu ternyata Kartini ini bukan istri pertama. Dia istri kesekian dari seorang bupati. Dan anehnya ini jarang diungkap oleh pelajaran di sekolah maupun media. Hanya diambil sisi emansipasi wanitanya saja.

Sekarang saya pun jadi ragu mengapa mereka menggangkat Raden Ajeng Kartini sebagai tokoh emansipasi wanita di Indonesia. Jangan-jangan mereka salah angkat tokoh yah. RA Kartini kan sangat mendukung poligami. Toh, buktinya sampai akhir hayat beliau, beliau tidak pernah dikabarkan melakukan gugat cerai terhadap suaminya.

Jangan-jangan, 21 April ini sebenarnya secara tidak langsung memperingati Hari Poligami Nasional. Hari di mana seorang perempuan bermartabat nan cerdas yang rela dipoligami oleh seorang Bupati. Dan bukan berarti ketika seorang dipoligami itu menderita. Justru sebaliknya, buktinya Kartini masih mampu dan sempat memperjuangkan hak-hak perempuan dalam hal pendidikan.

Ah, kug malah mikir sampai segitunya ya saya. Haha. Tapi, ngomong-ngomong, Selamat Hari Poligami Nasional yah ;)

20 Apr 2017

4 Kiat yang Membantu Menentukan Baju Anak Laki-laki Supaya Selalu Modis

Memilihkan baju anak laki-laki kini semakin terasa menyenangkan sebab pilihan modelnya lebih variatif sehingga tidak semonoton dulu. Ibu-ibu yang gemar mendandani anak supaya terlihat modis tentu tidak akan mengalami kesulitan sehingga anaknya terlihat semakin tampan. Berbagai model baju yang lucu dan juga unik bisa dibeli, baik di mall maupun di pasar, alternatif lain tentu saja berbelanja secara online. Banyaknya tempat belanja yang bisa didatangi membuat setiap orangtua bisa memilihkan pakaian terbaik.


Selektif Menentukan Gaya Busana Anak

Cara orangtua berpakaian akan menurun pada anaknya, sehingga tidak salah jika banyak orang berujar anak-anak adalah refleksi orangtuanya. Betapa tidak, sebab orangtua akan memilihkan pakaian anak yang sesuai dengan selera mereka. Saat masih kecil tentu anak-anak tidak akan menolak Anda memakaikannya pakaian model apapun. Kecuali jika sudah beranjak dewasa terutama di usia remaja maka mereka akan sudah mampu menentukan model pakaian sesuai kepribadian.

Memilihkan baju untuk buah hati haruslah tepat, sebab banyak hal akan ikut terpengaruh dari gaya berpakaian yang Anda ajarkan. Adapun efek dari gaya busana ini antara lain:
  1. Membentuk ciri khas dalam berpakaian dan kerap dibawa sampai anak tumbuh dewasa.
  2. Membangun karakter anak apakah suka memakai pakaian yang minim atau pakaian yang lebih tertutup.
  3. Mempengaruhi kenyamanan anak sebab lewat pakaian akan menentukan mereka bebas bergerak atau justru sebaliknya.

Kiat Menjadikan Anak Lelaki Selalu Modis

Orangtua ingin menjadikan anak-anaknya bahagia dan bisa dimulai dari hal sederhana termasuk dalam menentukan baju anak laki-laki mereka. Supaya anak lelaki selalu terlihat modis rupanya ada kiat tersendiri, seperti:

1. Update mengenai model baju terbaru

Teruslah update informasi mengenai model baju anak-anak terkini, khususnya untuk anak laki-laki Anda. Sehingga memperoleh referensi model yang terbaru untuk membuat penampilan buah hati selalu modis dan tidak kalah dengan anak perempuan. Seringnya baju model terbaru ini disuguhkan merek ternama, memang perlu budget besar maka pertimbangkan dengan baik.

2. Memperhatikan gaya berpakaian anak selebriti

Kalau kesulitan mencari informasi model terkini dari brand baju anak-anak maka bisa beralih kepada penampilan anak selebriti. Kehidupan selebritis di tanah air sampai luar negeri memang selalu disuguhkan setiap hari. Otomatis Anda bisa meniru gaya berpakaian anak-anak pesohor tersebut dan dijamin anak Anda pun tidak kalah modis nya. Mengikuti gaya busana anak-anak orang kaya tidak harus mengeluarkan budget sama bisa memilih versi hematnya.

3. Bandingkan koleksi beberapa toko langganan

Saat berbelanja baju terbaru untuk buah hati usahakan untuk tidak sekedar masuk ke satu toko, melainkan beberapa toko pakaian anak sekaligus. Anda akan lebih mudah menemukan model baju anak lelaki yang menarik dan paling menarik diantara semua toko pakaian yang telah dikunjungi. Jauh lebih puas dan memastikan tidak salah pilih sebab sudah melihat koleksi semua toko, dijamin Anda pun membuat penampilan anak di rumah semakin menarik.

4. Perluas wawasan dan seringlah bersosialisasi

Memperluas wawasan akan membantu Anda update dunia fashion anak-anak, sehingga buah hati di rumah bisa tampil selayaknya orang dewasa yang super modis. Pertimbangkan untuk rutin jalan-jalan ke mall, bertemu dengan sahabat yang asyik, dan bisa pula memilih bersosialisasi secara online. Yakni memanfaatkan media sosial untuk mengetahui bagaimana orangtua lain mendandani anak lelaki nya. Menentukan baju anak laki-laki pun semakin mudah, dan kiat ini wajib sekali dicoba.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli SSD PC

Pada tahun 2017 ini, teknologi komputer semakin canggih. Jangan mau ketinggalan hanya karena komputer Anda memiliki performanya lambat. Salah satu faktor penghambat komputer anda menjadi lambat adalah HDD (Hard Disk Drive).


Apakah Anda Masih bergantung kepada performa HDD yang lambat sekarang? Segeralah beralih menggunakan SSD (Solid State Drive). SSD PC menawarkan performa yang jauh berkali-kali lipat lebih cepat dibanding dengan HDD! Nah, sebelum Anda membeli SSD PC, sebaiknya perhatikan hal dibawah ini yuk!

Performa

Mengapa harga SSD PC yang berukuran 500 GB bisa lebih mahal dibanding dengan HDD yang berukuran 1TB? Benar, karena performa yang diberikan oleh SSD jauh lebih baik dari HDD. SSD mempunyai kecepatan read sampai 557 MB/s dan write sampai 507 MB/s.

Spesifikasi

Sebelum beli, pastikan Anda mengerti spesifikasi SSD yang anda akan beli. Jangan sampai SSD yang 3,5 inci Anda beli untuk laptop dan SSD yang 2,5 inci malah Anda beli untuk PC Anda.

Nah, SSD yang 2,5 inci juga belum tentu cocok untuk laptop Anda. Mengapa? Karena bisa saja faktor Z-Heightnya berbeda. Yang dimaksud Z-Height adalah ketebalan SSD-nya. Namun pada umumnya, ukuran Z-Height ini berkisar antara 7 mm – 9,5 mm yang dimana ukuran tersebut adalah ukuran normal pada laptop.

Harga

Jika Anda punya budget pas-pasan, jangan memaksakan diri untuk membeli SSD dengan kapasitas penyimpanan yang tinggi. Terlebih lagi, jika SSD Anda terlalu tinggi dan komponen PC kamu yang lain low end, hal ini dapat menyebabkan performa PC Anda menjadi tidak stabil.

Walaupun Anda punya budget pas-pasan, tenang saja. Matahari Mall menjual banyak SSD PC dengan harga yang lebih terjangkau kok.

Umur SSD

Normalnya, SSD dapat bertahan hingga 6 tahun lamanya. Namun, jika SSD sering melakukan aktivitas read dan write, tidak memungkinkan umur SSD yang Anda miliki dapat berkurang.

Setelah Anda paham tentang apa yang harus diperhatikan sebelum membeli SSD PC, hati Anda semakin tergerak untuk membelinya, bukan?

13 Apr 2017

Keuntungan Bisnis Properti

Di dunia ini tidak ada bisnis yang tidak menguntungkan. Namun, kamu juga harus sadar bahwa di balik sebuah keuntungan, sebuah bisnis juga tidak lepas dari ancaman kerugian. Semakin besar resiko kerugiannya, maka semakin besar juga keuntungan yang akan didapatkan. Dan orang yang paling rugi ialah yang takut rugi. Mengapa saya berkata begitu? Tentu saja karena orang yang takut rugi tidak akan berani mencoba hal baru atau mencoba bisnis yang mengandung kerugian. Padahal sampai saat ini tidak ada satu pun bisnis yang tidak punya resiko kerugian.


Namun, jika kamu sadar mengenai pola dari berbisnis ini kamu tidak akan takut rugi. Rugi itu pasti ada, namun bukan berarti akan terus menerus mengalami kerugian. Suatu saat akan mengalami keuntungan berdasarkan besar resiko kerugiannya. Salah satu bisnis yang memiliki resiko besar adalah bisnis properti. Mengapa saya menyebutkan mempunyai resiko yang besar? Tentu saja karena bisnis ini membutuhkan modal yang lumayan besar hingga modal yang sangat besar. Dari besarnya resiko tersebut, tentu saja keuntungan yang didapatkan dari bisnis properti ini juga besar.

Ada beberapa bentuk bisnis properti yang bisa kamu jalankan. Bisnis di perumahan, bisnis apartemen, hingga bisnis memasarkan produk seperti rumah, lahan tanah, apartemen milik orang lain; istilahnya kamu menjadi makelar. Banyak sekali sekarang kamu jumpai di internet website yang menawarkan properti orang lain. Ini sudah menjadi hal yang biasa. Jika dulu orang menawarkan rumah melalui mulut ke mulut, sekarang penawaran lewat internet sangat prospek. Apalagi jika kamu bisa membuat website yang bisa mendatangkan keuntungan bagimu lewat menawarkan properti milik orang lain. Buktinya banyak sekali website yang bergerak di bisnis properti, hal ini menunjukkan bahwa untung yang mereka dapatkan tidak main-main.

Saya pernah mendengar sendiri tetangga saya yang mendapatkan untung banyak dari bisnis properti ini. Ceritanya dia menjadi makelar sebuah penjualan lahan yang cukup luas seharga miliaran rupiah. Dari penjualan tersebut ia mendapatkan untung sebesar 50 juta rupiah. Bayangkan, hanya menjadi lidah penyambung antara penjual dan pembeli saja bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Dan itu angka yang lumayan jika dibandingkan dengan karyawan yang bekerja 10 bulan dengan gaji tiap bulannya 5 juta. Inilah mengapa dari dulu orang yang berdagang atau menjadi makelar itu lebih bisa cepat kaya daripada karyawan kebanyakan. Karena memang orang yang berdagang atau makelar harus menuangkan segala kemampuannya untuk bisa menjadi yang terbaik dan memberikan yang terbaik pada pembeli.