Persona Intikalia

18 Jul 2017

Merawat Perlatan Masak

Kegiatan masak memasak sebenarnya menyenangkan. Cuma yang bikin males itu habis masak harus bersihin segala macam peralatan masak yang sudah dipakai. Padahal masak udah cape, masih harus nyuci peralatan masak dan juga beresin dapur. Gak heran sih banyak orang yang juga males masak karena runtutannya setelah masak memang melelahkan. Coba kalau cuma masak aja mungkin gak masalah.



Maka dari itu saya lebih memilih untuk membuat masakan yang gak sulit. Jadi proses masak cepat dan juga gak pakai banyak peralatan masak. Bisa juga dengan mencicil membersihkan peralatan masak saat menunggu masakan matang. Jadi masakan matang peralatan masak udah bersih, kan enak tuh tinggal makan aja.

Tapi terkadang membersihkan peralatan masak gak segampang yang dikira. Ada beberapa peralatan masak seperti wajan almunium yang mudah sekali berkerak pasca digunakan. Kalau udah berkerak gini bagian bawah wajan jadi terlihat hitam dan lengket meski sudah sering dicuci. Memang sebenarnya kerak pada bagian bawa wajan ini akumulasi karena setiap habis masak bagian bawah wajan gak langsung dibersihkan. Jadi memang kalau bisa setiap kali sehabis masak, bagian bawah wajan harus segera digosok dengan serabut kawat hingga benar-benar bersih. Jadi gak ada tumpukan kerak pada wajan. Kalau dibiarkan terus menerus ya akhirnya jadi muncul kerak wajan yang gak enak dipandang.

Selain wajan, panci juga kadang sering mengalami hal yang sama. Terutama panci stainless steel. Memang kalau panci stainless steel pas masih baru keliatan kinclong banget. Lama-lama kekinclongannya ini menghilang, hihi. Ya maklum sih karena terbakar terus menerus jadinya begitu. Belum lagi kalau ternyata ada kerak pada panci. Cara menghilangkan kerak pada panci gak terlalu sulit kok. Pertama cuci panji seperti biasa. Kemudian lumuri dengan baking soda dan cuka yang sudah dicampur. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas. Cara ini bisa dilakukan beberapa kali hingga tingkat kekinclongan yang diinginkan.

Saya sendiri gak punya terlalu banyak peralatan masak dari stainless steel. Paling juga panci untuk rebus air atau mi. Sisanya saya lebih suka pakai teflon karena lebih aman dan gak lengket dipakai menggoreng. Tapi ya pakai teflon ini kalau lapisan teflonnya kegores kok rasanya hati ikutan sakit, wakaka. Duh lebay banget gak sih. Apalagi pakai teflon yang lapisannya teflon  biasa. Gampang banget kegores meski udah pakai spatula yang gak menggores. Meski ada sih satu teflon saya yang memang lapisannya anti gores tapi harganya menggores kantong, haha.

Kalau kamu lebih suka masak pakai teflon atau stainless steel nih?

Pengalaman Bikin Cap Cay Kuah Super

Dari minggu lalu sebenarnya sudah ada rencana membuat cap cay kuah sendiri. Hal ini tentu saja terilhami dari keinginan ikut lomba kreasi masak So Good dan hobi kami (saya dan istri) makan cap cay. Dari dulu sih emang kami berdua suka makan cap cay. Apalagi sejak Januari 2017 lalu sempat tahu ada penjual cap cay kaki lima di dekat rumah. Sebelumnya bisa makan cap cay kalau di mall atau depot makanan Cina doang. Karena itu lah kami sering beli cap cay dan varian makanan Cina lainnya.

Asal kamu tahu saja, yang jual cap cay tersebut bukan orang Cina loh, tapi orang Madura. Hehe. Alhasil ada kedekatan tersendiri ketika saya beli cap cay di sana. Tentu saja karena sama-sama orang Maduranya dan masakannya emang enak, saya dan istri jadi langganan di sana. Dulu mah parah banget, tiap hari selalu beli kwetiaw, kadang cap cay, dan nasi goreng Jakarta (orang Surabaya menyebutnya begitu, karena nasi gorengnya tidak seperti yang di Surabaya). Kalau sekarang agak mending, paling istri saya minta dibeliin seminggu sekali. Karena memang sejak pindah ke rumah yang baru, tempat cap cay dengan rumah jaraknya lumayan jauh dan sering macet di jalan arah mau ke sana.

Cap Cay Kuah Super untuk Lomba Kreasi Masak So Good

Kembali lagi ke topik lomba So Good, saya bertanya pada istri apa sih yang enak buat kreasi ayam potong So Good. Sempat beberapa hari berpikir dan akhirnya jatuh pada pilihan untuk di buat Cap Cay. Kami pun ke pasar untuk membeli bahan-bahan yang akan kami buat cap cay. Oh ya, untuk ayam potong So Good-nya bisa dibeli di Indomaret atau Alfamart terdekat. Waktu itu kami beli dengan harga 49.000 untuk 1 kg ayam potong So Good isi dada dan paha.

Bahan-bahan Cap Cay Kuah Super

Setelah kami sudah menyiapkan bahan-bahannya, istri saya lah yang mulai memasak. Saya ngapain? Saya menyemangati dan bagian icip-icip. Haha. Oh ya, buat kamu yang juga ingin bikin cap cay, bisa lihat bahan-bahan, bumbu, dan cara masaknya di bawah ini:

Bahan-Bahan Cap Cay Kuah
  1. Wortel 2 buah, iris serong
  2. Sawi putih ukuran sedang, potong sesuai selera
  3. Kembang kol ukuran kecil
  4. Caisim 1 ikat
  5. Bakso 10 buah, potong jadi empat
  6. Sosis 3 buah, iris serong
  7. Ayam Potong So Good Dada & Paha 8 potong

Bumbu Cap Cay Kuah
  1. Bawang bombay ukuran kecil 1 buah, iris memanjang
  2. Bawang putih 1 siung, cincang halus
  3. Kecap asin secukupnya
  4. Minyak wijen 1 1/2 sendok teh
  5. Saus tiram 1 sachet
  6. Telur 1 butir
  7. Tepung maizena 1 sendok makan, larutkan dengan dua sendok makan air
  8. Saos cabai 5 sendok makan
  9. Saos tomat 1 sendok makan

Cara Membuah Cap Cay Kuah
  • Rebus Ayam Potong So Good selama lima belas menit. Kemudian tiriskan dan suwir-suwir. Biarkan air rebusan ayam karena nanti digunakan untuk kuah cap cay-nya.
  • Panaskan wajan, masukan minyak goreng secukupnya, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukan suwiran ayam, tumis hingga beberapa saat, masukan sedikit air rebusan ayam.
  • Masukan potongan wortel tambahkan sisa rebusan ayam, masukan saos tiram, saos cabai, saos tomat, minyak wijen dan kecap asin. Masak hingga wortel setengah matang, masukan kembang kol, bakso dan sosis, masak hingga kembang kol setengah matang, masukan sawi putih dan caisim.
  • Cicipi rasanya, jika sudah pas, kocok telur pada wadah lain, lalu masukan telur sambil terus diaduk hingga rata. Lalu masukan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air, aduk hingga rata.
  • Sajikan selagi hangat.

Dan setelah beberapa jam di dapur, akhirnya Cap Cay Kuah Super sudah siap disantap. Mengapa saya menamakan cap cay kuah super? Tentu saja ada sebabnya. Di setiap sendokan, selalu ada suwiran ayam ikut. Belum lagi, potongan bakso dan sosisnya juga ikut membuat cap cay ini dikatakan cap cay kuah super. Jika dibandingkan antara lauk dan sayurnya, malah lebih banyak lauknya. Sangat berbeda ketika beli, kebanyakan isi sayur. Berikut ini adalah tampilan cap cay kuah super yang telah dibuat.

Cap Cay Kuah Super

Bagaimana? Apakah kamu juga ingin ikutan bikin cap cay juga? Atau cuma ingin icip-icip doang? Hehe. Oh ya, kamu juga bisa sekalian ikutan lomba kreasi masak ala So Good loh. Mumpung masih ada kesempatan.

Lomba Kreasi Masak ala So Good

Periode lomba kreasi masak ala So Good ini periodenya mulai 8 Juni hingga 23 Juli 2017. Jadi masih ada waktu buat ikutan. Hadiahnya apa? Kalo kamu tahu hadiahnya, pasti kamu ingin ikutan juga.

Hadiah Lomba

Penasaran 'kan dengan lomba kreasi masak ini? Kamu bisa mencari info lengkapnya dengan mengunjungi https://bloggerperempuan.co.id/sogood/. Ayo ikutan juga!

17 Jul 2017

Pentingnya Buah dan Sayur dalam Mencegah Penyakit

Kumparan - Buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan pangan esensial yang wajib dikonsumsi untuk melengkapi menu empat sehat lima sempurna. Sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang menganut prinsip "yang penting kenyang" tanpa memedulikan kandungan gizinya.


Sebagian besar masyarakat Indonesia lebih memilih untuk mengonsumsi makanan yang membuat mereka kenyang dibandingkan dengan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi.

Perubahan pola hidup yang semakin mengkhawatirkan ini dianggap sebagai pemicu banyaknya kasus penyakit tidak menular (PTM) terjadi. Jika dulu, kasus penyakit infeksi seperti diare lebih banyak ditemukan, tetapi kini kasus penyakit tidak menular lebih sering menyerang masyarakat, baik di Indonesia ataupun di dunia.

Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K), Kepala Departemen Medik Ilmu Gizi RSU Cipto Mangunkusumo memaparkan bagaiamana pola hidup yang tidak sehat menjadi penyebab tingginya angka kenaikan PTM tiap tahunnya.

"Dari 11 orang yang ada, pasti salah satunya menderita PTM. Kasus PTM yang kian marak terjadi disebabkan oleh perubahan pola hidup yang dianut oleh masyarakat," papar dr. Fiastuti saat ditemui kumparan (kumparan.com) di RPTRA Teratai Tebet, Jakarta Selatan, Kamis, (13/7).

Riset Kesehatan Dasar 2013 menunjukkan bahwa penyakit tidak menular sebagai penyebab kematian semaki meningkat, yaitu dari 49,9 persen di 2001 naik menjadi 59,5 persen pada 2007. Penyakit tidak menular tersebut antara lain, hipertensi (25,5 persen), obesitas (15,4 ersen), stroke (12,1 persen), diabetes melitus (6,9 persen), penyakit jantung koroner (1,5 persen), dan gagal ginkal kronis (0,2 persen).

PTM kini banyak diderita oleh kaum urban dan mulai ditemukan di kelompok usia muda dan produktif (15-64 tahun). Padahal sebagian besar penyakit tidak menular dapat dicegah dengan perubahan pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Dr. Fiastuti pun merekomendasikan untuk mengonsumsi buah dan sayur sebagai bentuk pencegahan agar terhindar dari penyakit tidak menular.
"Tingkat makan buah orang Indonesia masih rendah. Padahal buah dan sayur mengandung manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh," ujar Dr. Fiastuti.

"Sayur dan buah mengandung vitamin, mineral, antioksidan, serat, cairan, dan zat-zat gizi dari tumbuhan yang mampu memperlancar sistem metabolisme tubuh," sambungnya.

Penyabab utama kurangnya konsumsi buah dan sayur dikarenakan minimnya pengetahuan masyarakat yang menganggap jika buah hanyalah sebuah makanan pelengkap. Buah juga masih dianggap sebagai pangan yang mahal, padahal banyak buah lokal yang dijual dengan harga terjangkau.

Meskipun Riskesdas 2013 menunjukkan, sebanyak 93,5 persen penduduk berusia di atas 10 tahun tidak cukup makan buah dan sayur, namun angka ini bisa dikurangi dengan mengonsumsi buah dan sayur secara teratur.

Lantas, berapa banyak buah dan sayur yang harus dikonsumsi tiap harinya?

"Konsumsi buah dan sayur merupakan bagian dari diet yang direkomendasikan dalam menu sehari-hari," tutur Dr. Fiastuti.

World Health Organization (WHO) merekomendasikan 400 gram buah dan sayur per hari. American Heart Association merekomendasikan 8 porsi atau 4,5 mangkuk dari berbagai jenis buah dan sayur per hari.

Sedangkan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia melalui Pedoman Gizi Seimbang, Undang-Undang Kesehatan No.36 tahun 2009 merekomendasikan konsumsi 3 sampai 5 porsi sayur dan 2 sampai 3 porsi buah per hari.

dr. Lily S. Sulistyowati, MM yang juga turut hadir dalam kesempatan yang sama menuturkan jika pentingnya menghindari makanan, terutama buah dan sayur yang telah mengalami proses pemasakan yang memakan waktu lama.

"Semakin panjang proses yang dialami oleh makanan atau minuman saat sedang diolah, maka semakin hilang kandungan nutrisinya," tutur dr. Lily.

Jadi, pentingnya konsumsi buah dan sayur demi mencegah penyakit tidak menular sangat dianjurkan. Tak hanya kesehatan fisik yang didapat, namun kesehatan mental pun juga akan ditunjang dengan fisik yang sehat.

Sudahkah kamu makan buah dan sayur setiap harinya?

Sumber: kumparan.com

Disclaimer: Artikel ini sudah mendapatkan izin dari pihak Kumparan.com untuk ditampilkan di sini. Keabsahan artikel menjadi tanggung jawab Kumparan.com.

11 Jun 2017

3 AC Hemat Listrik Terbaik Yang Menawarkan Segudang Fitur Menarik

AC hemat listrik dari dulu hingga sekarang memang dicari oleh banyak orang. Salah satu faktor utamanya adalah AC jenis ini tidak membuat tagihan listrik membengkak. Fitur hemat listrik yang ada didalamnya sudah terbukti ampuh membuat penggunaan daya listrik menjadi kecil meskipun digunakan berlama-lama.


AC hemat listrik biasanya dijual dengan harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan jenis AC yang lain. Namun semua itu terbayar lunas dengan kemampuannya menghemat energi. Tidak perlu susah-susah, dipasaran saat ini sudah banyak beredar AC Hemat Listrik yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan.

AC tersebut selain menawarkan fitur hemat listri, ia pun juga menyuguhkan aneka fitur menarik lainnya. Mau tau apa saja AC hemat listrik yang terbaik? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1.LG Standard T05NLA

AC hemat listrik pertama yang sangat cocok untuk anda pilih adalah LG Standard T05NLA. AC tipe standard besutan LG ini dipercaya mampu menghemat penggunaan listrik secara efisien. Hanya membutuhkan 395 Watt saja, maka bisa dipastikan tagihan listrik anda tidak akan membengkak.

Selain itu, AC LG ini juga sudah dibekali teknologi Jetcool. Teknologi ini memungkinkan LG T05NLA mendinginginkan seluruh ruangan dengan jarak 10 meter hanya dalam waktu 3 menit saja. Tidak cukup sampai disitu, adanya filter yang dibekalkan pada LG T05NLA mampu menyaring udara yang mengandung virus, bakteri, dan jamur.

Sehingga AC berkekuatan 1/2 PK ini mampu menghasilkan udara sejuk yang segar dan bersih. Pokoknya sangat cocok digunakan sehari-hari. Acara santai dan istirahat bersama keluarga akan semakin menyenangkan karena ditemani oleh sejuknya udara yang sangat bersih.

2.Sanyo SAP-KC109FG3

AC hemat listrik berikutnya berasal dari Sanyo dengan seri SAP-KC109FG3. AC ini tidak hanya mampu mengurangi jumlah penggunaan listrik saja. Namun masih ada beberapa teknologi lain yang tidak kalah hebatnya. Salah satunya adalah sirip biru anti karat yang memungkinkan penggunaan dalam jangka waktu lama.

Selain itu, ada juga 3 buah filter yang akan memenuhi semua kebutuhan anda secara bersamaan. Diantaranya adalah filter antioksidan, Vitamin C, dan ion silver. AC hemat listrik ini pun juga bisa bekerja menyesuaikan suhu ruangan. Sehingga anda bisa mendapatkan kenyamanan ekstra tanpa ribet mengatur suhu udaranya.

3.Changhong CSC-05FR

Changhong CSC-05FR merupakan AC hemat listrik terbaik besutan negeri tirai bambu. AC ini dipercaya mampu menekan pengeluaran listrik rumah tangga menjadi lebih hemat berkat teknologi yang disematkan di dalamnya. Soal kinerjanya, sudah pasti terbaik dan tidak kalah dari AC lainnya.
AC ini memiliki desain yang dibalut logam mulia pada bagian kondensor dan evaporatornya, sehinga menjamin AC tak akan berkarat hingga 10 tahun mendatang. Udara yang dikeluarkan oleh AC ini pun begitu segar, sehat, dan terjaga kebersihannya.

Untuk menyejukkan seluruh isi ruangan, AC besutan Changhong ini hanya membutuhkan waktu 5 menit saja. Sehingga anda tidak butuh waktu lama untuk mendinginkan setiap sudut ruangan anda. Selain itu, Fitur Smart Cleaning yang ada di bagian evaporatornya memungkinkan AC ini mengeluarkan udara bersih yang terbebas dari bakteri.

Itu tadi adalah 3 AC hemat listrik yang bisa anda pilih. AC tersebut juga sudah dibekali masing-masing fitur unggulan yang akan memanjakan anda. Pendingin ruangan ini juga sangat cocok untuk mengatasi ruangan anda yang panas. Anda pun tidak perlu takut tagihan listrik akan melambung tinggi.

Jika masih ada keraguan mengenai tipe apa yang cocok untuk ruangan anda, bisa menghubungi CMS Maintenance. Berpengalaman dalam menginstal, merawat, dan menservis segala kerusakan AC. untuk wilayah Jakarta gratis survey lokasi.

7 Jun 2017

Tips Memilih Jam Tangan Eiger untuk Pria

Saat ini jam tangan merupakan aksesoris penunjang penampilan yang wajib digunakan. Memilih jam tangan bagi seorang pria bukan hanya sekedar mementingkan penampilan, tetapi juga pentingnya memperhatikan fitur-fitur desain pada jam tersebut. Pria cenderung menyukai desain jam tangan yang terlihat sporty dan elegan. Oleh sebab itu, jam tangan Eiger merupakan jam tangan yang cocok dan digemari pria pada umumnya.

Jam Tangan Eiger
Jam Tangan Eiger

Memilih Jam Tangan Tidak Boleh Sembarangan

Jam tangan sering digunakan sebagai penunjang fashion agar tampil keren. Namun, keberadaan jam tangan juga sebagai hal penting agar Anda bisa mengatur waktu dengan mudah. Pentingnya memilih jam tangan Eiger karena desain atau model yang ada beraneka ragam sehingga pantas digunakan oleh semua kalangan.

Dalam memilih jam tangan, ada beberapa metode yang dapat diterapkan mulai dari berdasarkan model, warna, sampai pada harga. Hal tersebut disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan.

Tips Memilih Jam Tangan Eiger Pria

Ada beberapa pertimbangan dalam memilih jam tangan Eiger untuk pria. Selain bertujuan untuk melengkapi fashion, memilih jam tangan sesuai keinginan juga akan memberikan rasa nyaman atau percaya diri saat digunakan.

1. Bahan yang Digunakan Pada Jam

Pada umumnya bahan untuk desain jam tangan ada dua macam, yaitu bahan kulit dan stainless stell. Pemilihan bahan tersebut dapat disesuaikan berdasarkan fungsi dan kecocokan kulit. Jika Anda ingin menggunakannya untuk santai, jam tangan Eiger bahan kulit lebih terlihat santai. Namun, semua tergantung pada kenyamanan yang Anda rasakan.

2. Bentuk Jam Tangan

Bentuk jam tangan dipilih berdasarkan bentuk tangan. Apabila Anda tipe orang yang bertangan mungil, maka gunakanlah jam tangan yang berbentuk bulat kecil. Begitu sebaliknya, jika tangan Anda besar, gunakanlah jam tangan dengan model yang besar. Tujuan dari penyesuaian bentuk antara tangan dan model pada jam yakni agar lebih enak untuk dilihat.

3. Merk Jam Tangan

Jam tangan bermerk akan membuat Anda lebih merasa percaya diri terutama ketika digunakan saat acara resmi. Kualitas jam tangan bermerk juga lebih awet dibandingkan dengan jam tangan generik. Model bermerk akan memberikan kesan lebih elegan.

4. Fitur atau Desain

Ketika memilih jam tangan, sebaiknya hindari yang banyak fitur sehingga terkesan ramai. Terutama jika memilih jam tangan Eiger untuk pria, usahakanlah memilih model yang wajar agar tidak membingungkan saat dilihat.

5. Warna Kulit

Menyesuaikan warna tali pada jam dengan warna kulit juga menjadi hal penting yang perlu dipertimbangkan. Hal ini bertujuan agar tidak terlalu kontras saat dipakai yang dapat membuat orang lain merasa risih ketika melihatnya.

Demikianlah informasi mengenai tips memilih jam tangan Eiger untuk pria berdasarkan kategori kenyamanan. Usahakan untuk tidak tergiur dengan harga murah, tetapi kurang berkualitas. Keawetan dari jam tangan Eiger sebagai jam bermerk akan membuat Anda menjadi hemat karena dapat digunakan dalam jangka panjang.