Persona Intikalia

15 Apr 2014

Menyalahkan Orang Lain

Kebodohan manusia yang paling populer adalah kebiasaan menyalahkan orang lain. Dia gagal, dia salahkan orang lain. Dia sial, salahkan orang lain. Dia bodoh, pasti salahkan orang lain. Kebiasaan ini salah siapa? Cukup! Jangan salahkan orang lain. Mari salahkan diri sendiri. Tidak mungkin sesuatu kesalahan pada diri kita, kecuali karena kesalahan diri sendiri.

Kebiasaan menyalahkan orang lain biasanya ditanamkan oleh orang tua ketika anaknya jatuh. Orang tua tersebut akan menyalahkan jalan atau mungkin batu di sekitarnya. Padahal sudah jelas-jelas salah anaknya sendiri. Inilah cikal bakal kebiasaan menyalahkan orang lain. Kecil, tapi signifikan.

12 Apr 2014

Kartini yang Kesepian

Sepi...
Selalu mengisi hari-hari Kartini
Meski ramai kesehariannya
Tapi sunyi dalam hatinya

Kartini
Kau gadis malang
Sendiri
Tanpa belaian kasih sayang

Engkau lelah
Bekerja pagi siang malammu
Mencari nafkah
Yang seharusnya bukan tugasmu

Kartini, Kartini...
Siapa yang bertanggung jawab atas ini?
Kartono kah?
Atau Kartini-kartini lainnya?

Kartini
Kau tertawa dalam tangis
Kau bangga dalam ironis
Kau cantik, namun teriris

Kartini
Kembalilah ke rumahmu
Rumahmu memang sepi
Tapi beda jika kamu kembali

Kartini, Kartini...
Cukuplah kau tertipu
Kau butuh kasih sayang
Bukan hanya berlimpah uang

Uang tidaklah berarti
Daripada suara bayi yang menghibur hati
Daripada ketenangan bersandar di dada suami
Daripada kemajuan dinasti

Dinasti?
Ya, dinasti ini tergantung pada Kartini
Jika Kartini bagus, maka baguslah dinasti
Jika Kartini buruk, maka buruklah dinasti


--- --- ---
Digubah oleh: Iskandar Dzulkarnain
Puisi sebelum sarapan pagi

7 Apr 2014

Golput Tidak Menyelesaikan Masalah

Jika dulu saya adalah orang yang golput, kali ini saya akan berpikir dua kali untuk golput. Dulu saya berpikir bahwa kalo saya ga suka dengan semua calon, maka saya abstain (golput). Ini dulu menurutku adalah cara yang terbaik. Jujur, alasan saya seperti ini adalah karena saya ga pernah mendukung sistem demokrasi.

Namun, setelah beberapa tahun ini saya mulai menyadari bahwa golput tidak menyelesaikan masalah. Bukannya calon yang muncul bakal jadi baik, tapi makin tahun makin banyak calon yang aneh-aneh dan ga mencerminkan pemimpin. Gimana enggak, ada yang sok nyentrik dengan poster kampanye pake baju superhero, ada lagi yang pake Gandalf buat profilnya. Ini apa-apaan? Ini negara, bukan bioskop!

4 Apr 2014

Harus Menelan Ludah Karena Susu Ultra yang Rusak

Saya dan istri saya adalah salah satu penggemar susu Ultra Jaya. Susu pasteurisasi ini emang beda dengan susu lainnya. Susu Ultra punya rasa yang khas yang bikin kami ketagihan. Ga hanya kami, keluarga besar saya juga favorit banget dengan susu Ultra ini.

Pengalaman saya sebelumnya adalah susu Ultra rusak karena lupa tidak dihabiskan dalam waktu 4 hari. Bentuknya menggumpal kayak gel. Waktu itu rasanya kecewa banget karena telat menghabiskan susu. Pagi itu sih pengen banget minum susu dan harus menerima kekecewaan.

30 Mar 2014

Tip Memilih Calon Istri

Tip memilih calon istri; dari judulnya saja udah nembak keyword banget. Percayakah kamu, bahwa banyak orang yang menyerahkan urusannya pada Google? Hehe, lucu sih. Tapi itu ada. Jika kamu membaca artikel itu, secara tidak langsung mungkin kamu akan terpersuasi dan percaya tentang artikel ini. Itu adalah hal yang wajar.

Tidak semua yang ada di internet itu benar, namun juga tidak semua yang di internet itu salah. Kamu harus selektif. Selektifnya harus benar juga sih, kalo ternyata yang diseleksi dan diterima malah yang salah semua gimana? Hehe, itu sih emang kamu yang lagi ga beruntung.

Berbicara mengenai tip memilih calon istri, maka yang kamu akan berdebat panjang. Nah, karena saya tahu ini bersifat personal, opsional, dan kondisional. Jadi tidak semua permasalahan itu sama, maka tentu tidak mungkin diselesaikan dengan cara yang sama. Bijaklah dalam membaca artikel ini.

Berikut ini adalah tip memilih calon istri ala saya. Tentu yang lainnya boleh bikin juga tip memilih calon istri ala kalian.