Persona Intikalia

18 Sep 2011

Bagaimana Cara Merawat Bayi?

Bagaimana cara merawat bayi? Pasti dari kita akan bertanya-tanya tentang ini karena mau tidak mau kita nantinya akan mempunyai bayi. Meskipun aku belum mempunyai bayi, namun apa salahnya jika aku mencari info tentang bagaimana cara merawat bayi. Berikut adalah cara merawat bayi berdasarkan yang aku dapatkan dari internet.

Mengganti Popok

Popok bayi harus selalu diganti setiap kali basah dan setelah terkena kotoran. Kotoran bayi tidak selalu berbau, karena itu sering-seringlah memeriksa popoknya apa perlu diganti atau tidak. Seorang bayi perlu 8 - 9 popok sehari. Sering mengganti popok dengan yang bersih dapat menghindarkan bayi dari ruam kulit yang disebabkan oleh kotoran dan air seninya. Sebelum memakaikan popok baru, bersihkan dulu pantat bayi dengan lap basah. Pantat bayi tidak terlalu perlu dicuci pada waktu mengganti popok yang basah oleh kencing.

Memakaikan Baju

Apabila anda dan bayi sendirian di rumah selama beberapa jam, anda harus tahu cara mengganti baju bayi seandainya terkena kotoran. Umumnya, bayi memerlukan pakaian berlapis agar lebih nyaman. Untuk mengetahui apakah bayi cukup hangat atau tidak, sentuhlah tangan dan kakinya. Bila terasa dingin, tambahlah selimutnya.

Bayi cenderung tidak bisa diam, oleh karena itu pegang dia baik-baik pada saat bajunya diganti. Jangan sepelekan mobilitas bayi. Jangan pernah meninggalkannya seorang diri, walau hanya sekejap. Kalau akan memakaikan baju kaos dan sweater, gulung semua keatas sampai ke leher baju lalu masukkan belakang kepala bayi lebih dulu, lalu dahi dan hidungnya. Kemudian masukkan tangan bayi perlahan-lahan ke dalam lengan baju. Jikalau akan melepaskan sweater atau baju kaos, keluarkan dulu lengan bayi perlahan-lahan dari lengan baju. Renggangkan leher baju lalu angkat keatas melewati dagu, hidung dan dahi bayi. Sesudah itu, lepaskan melewati belakang kepala bayi.

Memberi Makan Bayi

ASI adalah makanan yang terbaik untuk bayi. ASI mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan bayi serta melindunginya dari infeksi. Akan tetapi bila isteri tidak menyusui, dokter akan menyarankan penggunaan susu formula. Susu formula berkualitas memberikan semua nutrien yang diperlukan dalam masa pertumbuhan dan perkembangan yang tepat.

Apakah isteri menyusui atau memberikan susu formula, anda berdua dapat berbagi pengalaman. Kehadiran anda pada waktu isteri sedang memberi makan bayi akan sangat menguntungkan. Bila isteri menyusui tetapi tidak bisa selalu di rumah pada jam makan bayi, ASI dapat diperas ke dalam botol dan anda berikan pada waktunya. Jikalau bayi diberikan susu formula, isteri anda dapat menyiapkan dalam botol lebih dulu atau menunjukkan cara menyiapkannya. Yang penting, ikutilah petunjuk penyiapan yang tertera di kaleng dengan cermat.

Pada umumnya bayi minum setiap 3 atau 4 jam sekali. Catatlah jam minumnya dan taruh di tempat mudah terlihat. Bayi tahu betul berapa banyak yang dia perlukan setiap kali minum. Sesudah kenyang, biasanya dia berhenti lalu berpaling dari botol, atau bahkan tertidur pulas. Buanglah sisa susu yang tidak habis.

Menepuk Punggung Bayi

Anda boleh menepuk punggung bayi supaya bersendawa ketika dia berhenti minum (mungkin dia berhenti karena ingin istirahat), dan diulangi lagi setelah selesai minum. Gendong bayi dengan kepalanya terlentang di atas pundak anda lalu tepuk punggungnya pelan-pelan sampai dia bersendawa. Letakkan handuk kecil di pundak anda untuk melindungi pakaian seandainya bayi gumoh.

Cara lain membuat bayi bersendawa adalah dengan mendudukkannya tegak diatas pangkuan anda. Mengusap-usap perutnya bisa membuatnya bersendawa. Bila bayi ingin, tetapi tidak bisa bersendawa, telungkupkan dia sebentar lalu tepuk-tepuk lagi seperti uraian diatas.

Sumber: wyethindonesia.com

24 komentar:

  1. wah john udah siap nih jadi bapak,nyahahha :p ..

    aku pernah ganti popok dedeku pas kecil, susah lho ternyata,zz

    BalasHapus
  2. ini hanya mempersiapkan diri saja :P

    BalasHapus
  3. dr bayi anak2ku ak rawat sndr semua John, ga pk jasa baby sitter ^_^, so kl ada kesulitan nantinya kontak sj daku, gratisss ^_^ hiehehehe.....

    BalasHapus
  4. belajar jd bapak emank hrs dr sekarang.., hehe...

    hati2 dgn baby sister, gk ada yg menjamin tuh, kan dah bnyk berita2 tntng penculikan bayi olh baby sister....

    BalasHapus
  5. @tiwi: wow ... boleh juga
    tapi kapan saya punya bayi? hehe :D

    @Kaki Langit: ya ya, fenomena semakin menggila saja tentang penculikan

    BalasHapus
  6. oh bayi.. kalo saya pengen bayi kera. :D

    BalasHapus
  7. wuah hampir saja kukira ini pengalaman kamu john. :D

    BalasHapus
  8. bentar lagi ada bayi baru (bayi ponakan).. hahahah... :P

    BalasHapus
  9. kurang tuh ... klo mau pakein popok lagi pakein dulu baby oil atau minyak zaitun biar gg merah2 kulitnya karena kena gesekan dari si popoknya :P

    BalasHapus
  10. @Akmal Fahrurizal: wew ... emang apa enaknya punya bayi kera :P

    @NuellubiS: jiah ... ya ga lah :P

    @Adryan Nurdien: guaya :D

    @Fiction's World: kayaknya kamu pengalaman banget :)

    BalasHapus
  11. Dear...


    wah.... komplit banget tips dan berbagai urutan menjaga bayi.... kebetulan gw baru punya baby yang terbaru..... infonya berguna banget....



    regards,
    ... Ayah Zahia ...

    BalasHapus
  12. saya berharap dapat berguna bagi lainnya :)

    BalasHapus
  13. ah saya udah komen ini di fb :p
    jon kata yaru yg digambarmu itu artinya apa?

    BalasHapus
  14. oh ya? dari bahasa mana tuh? jepang? tp aku nemu arti lainnya yg agak gak bagus tuh..

    BalasHapus
  15. emang apa artinya?
    itu dari Weyeze Dalwerig

    BalasHapus
  16. oowh..
    ini linknya: http://en.wiktionary.org/wiki/yaru

    BalasHapus
  17. wow ... barusan aku buka
    benar2 mengerikan pek artinya >_<

    BalasHapus
  18. hahaha makanya aku agak shock pas googling artinya itu..

    BalasHapus
  19. ah tapi mau gimana lagi :)
    kan itu tidak diambil dari bahasa Jepang
    ya nanti aku akan bikin klarifikasi tentang YARU di blogku ini
    tunggu saja, secepatnya lah
    cz lagi sibuk banget nih akhir2 ini :D

    BalasHapus
  20. sebaiknya begitu, bisa kacau kl tidak dijelaskan, hahah :D
    eh kapan post soal bikin postingan lewat email? keburu tua nih..

    BalasHapus
  21. haha... iya iya
    aku hampir lupa
    udah ga sabar yah?

    BalasHapus
  22. hampir? saya yakin pasti sudah.
    cuma skrg ingat lagi soalnya aku bilangin -.-"

    BalasHapus
  23. haha ... lupa sih iya
    diingetin lagi jadi inget :D

    BalasHapus