Persona Intikalia

10 Nov 2011

Hari Pahlawan dan Dies Natalis ITS

Siapa yang tidak tahu bahwa hari ini adalah Hari Pahlawan. Mengapa sih hari ini dinobatkan sebagai Hari Pahlawan. Usut cari usut ternyata Hari Pahlawan berasal dari perjuangan Bung Tomo melawan AWS Mallaby dan pasukannya ketika di Surabaya. Saat itu pihak Sekutu (lebih utamanya Belanda) belum rela kehilangan Indonesia dari jajahannya. Mengapa harus di Surabaya? Ya mungkin karena takdirnya begitu. Hebatnya adalah saat itu di Surabaya AWS Mallaby tewas dan Indonesia menang. Padahal kita tahu senjata yang dipakai rakyat Surabaya sangat terbatas. Lebih banyak bambu runcingnya. Lagi-lagi takdir. Ya, takdir memang (tidak selamanya) kejam.

Efeknya dari kejadian itu, Surabaya dinobatkan sebagai Kota Pahlawan. Untuk memperkuat itu, didirikanlah Tugu Pahlawan. Belum puas dengan itu, di Surabaya didirikan juga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Dari nama institutnya sudah jelas kalo tanggal kelahiran institut ini adalah 10 November. Namun, terkadang banyak orang yang salah mengartikan ITS sebagai Institut Teknologi Surabaya. Maklum saja, karena terkadang orang Surabaya sendiri juga salah mengartikan, layaknya dulu aku juga begitu. Tak hanya itu, Google pun juga salah mengartikan.

diambil dari Google Maps

Tapi aku maklum dengan itu, karena Google bukan makhluk yang pintar. Dia hanya makhluk yang dibuat pintar oleh pembuatnya. Jika masih tidak percaya bahwa singkatan dari ITS adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember, bisa kamu kunjungi tautan ini.

Nah, hari ini pun adalah Dies Natalis ITS yang ke-51. Sepertinya setiap Dies Natalis, ITS mempunyai tema tersendiri untuk memperingatinya. Tahun ini, Dies Natalis yang ke-51 bertema ECO CAMPUS. Ga percaya kalo ITS adalah ECO CAMPUS, kamu bisa jalan-jalan ke sana. Kamu akan menemukan suasana di mana masih banyak pepohonan rindang, bahkan suasananya seakan berada di alam liar. Kug bisa gitu? Ya masih banyak hewan-hewan aneh yang sering terlihat berkeliaran. Ular, kadal, kodok, dan masih banyak lainnya bisa kamu temui di sana. Kug serem banget yah di sana? Ya ga gitu juga. Cz kamu bisa menemui hewan-hewan itu hanya di tempat-tempat tertentu saja. Kalo di kelas-kelas atau lab nya ya ga ada lah. Dan juga ITS adalah tempat konservasi burung. Setiap pagi kamu bisa mendengarkan suara burung secara cuma-cuma. Benar-benar layaknya ada di alam bebas. Namun tetap saja, kehidupan kuliahnya masih keras. Ya sudah, kalo diteruskan bakal nyambung ke mana-mana. Aku akhiri di sini dulu.


23 komentar:

  1. hi....hari pahlawan..sama aja di malaysia......

    BalasHapus
  2. masa sih hari ini juga hari pahlawan di malaysia?

    BalasHapus
  3. welalala.. John Terro rupanya lulusan ITS yak..
    mbuleeet ae.
    :P


    Salam sayang dari Putrie Jrs

    BalasHapus
  4. lulusan? saya masih kuliah di sana Put :D

    BalasHapus
  5. wah, aku pengen ntar kalo ke Surabaya berkunjung ke ITS. Masa sih masih kayak alam bebas? Kampus jaman sekarang apa iya masih ada yang seperti itu? hmmm, penasaran

    BalasHapus
  6. kalo ga percaya, ya kunjungi aja :D

    BalasHapus
  7. mas di bandung juga ada tugu bahlawan kooo, sebelahan dengan lapangan gasibu. Met hari pahlawan ya.

    BalasHapus
  8. wow ... gitu yah
    saya baru tahu kalo di Bandung ada Tugu Pahlawan juga :)

    BalasHapus
  9. seharusnya di singkat ITSN dong, bukan ITS :D

    BalasHapus
  10. jelas ketuker. soalnya sama2 berawalan S. coba namanya Purabaya. wkakakak. #abaikan

    BalasHapus
  11. kirain ITS = institut teknologi surabaya.
    Selamat Hari Pahlawan!

    BalasHapus
  12. @AJe: :)

    @NuellubiS: beuh :D

    @r10: kalo ITSN ga keren

    BalasHapus
  13. Soalnya IPB belakangnya mBogor, ITB belakangnya mBandung, jadinya dengan teori alakadarnya orang bayangi ITS yo Suroboyo... banyak salah kaprah di dunia ini..

    BalasHapus
  14. jadi kangen surabaya, jjl ke taman bungkul hehe..

    BalasHapus
  15. @Ami: iya juga sih :D

    @Anak Rantau: wow .... ayo ke Surabaya :D

    BalasHapus
  16. belum ada posting baru john, mau tanya 111111 termasuk angka intikali bukan? soalnya banyak yg nikah di angka (tanggal) itu :D

    BalasHapus
  17. habis ini aku buatin spesial buat kamu :D
    111111 itu angka negatif yo

    BalasHapus
  18. ITS! Selamat ultah! :D :D

    BalasHapus
  19. Assalamu'alaikum wr. wb
    Makasih telah kunjung di blog an..

    Hmmm.... an juga punya bnyak temen yang kul di ITS... Bahkan kalo dalam bahasa jawa sih ana sering ngartikan Bolo Kurowo. hahaha... Penegn juga berkunjng ke ITS.....

    BalasHapus
  20. waalaikum salam :)
    wah gitu yah, kalo ke ITS ngomong2 yah :D

    BalasHapus