Persona Intikalia

20 Nov 2011

Mengapa Korea Suka Banget Operasi Plastik?

Siapa sih yang ga tahu banyak kasus di Korea perihal operasi plastik. Banyak sekali di Korea artis-artis dan juga girlband melakukan operasi plastik. Tentunya dengan tujuan untuk menyempurnakan tubuh dan penampilan mereka. Sekilas sih memang kalo diperhatikan cewek-cewek Korea cantik banget dan hampir kayak boneka. Sempat aku melihatnya bak animasi 3D Yuna Final Fantasy saja. Dengan kulit yang super mulus dan wajah yang mendekati sempurna. Ditambah dengan tubuh yang semampai, sungguh membius hati para lelaki, termasuk aku.

Aku tahu bagaimana sifat cewek. Dia selalu ingin tampil cantik. Itulah bedanya dengan lelaki. Cewek akan memeriksa kira-kira ada yang salah ga dengan dandanannya sebelum orang lain menyadarinya. Sedangkan laki-laki malah lebih sering tahu ada coretan di tubuhnya ketika orang lain memberitahunya. Fenomena operasi plastik ini pun kemungkinan besar disebabkan oleh gaya hidup di Korea ditambah dengan teknologi yang memadahi. Coba saja di Indonesia ada kayak gini, pasti banyak yang operasi plastik. Untungnya di Indonesia masih tabu hal yang beginian. Di Korea, iklan-iklan tentang operasi plastik ada di hampir setiap ujung jalan. Apalagi di reality show atau sejenisnya banyak yang menyinggung tentang operasi plastik ini, sehingga hal yang sering terdengar itu akan menjadi sesuatu yang dimaklumi.

Bahkan, banyak orang tua di Korea yang mengkhawatirkan anaknya akan tidak laku jika tidak operasi plastik. Dan biasanya operasi plastik ini diberikan ketika anak mereka lulus dari jenjang SMA sebagai hadiahnya. Bagaimana coba cara mikir orang tua di sana. Namun, kalo dipikir-pikir juga benar. Mengapa begitu? Ketika semua cewek udah cantik dan kamu hanya salah satu yang tidak cantik, apa yang akan terjadi? Kamu akan di-bully. Maka berharaplah bahwa budaya operasi plastik ini tidak merambah ke Indonesia layaknya girlband dan boyband yang udah mendominasi industri permusikan di kancah musik Indonesia.

Berbeda lagi dengan negeri sebelah, yaitu Thailand, negeri ini terkenal dengan operasi kulit dan operasi kelaminnya. Yang ini malah lebih menakutkan bukan? Kita (kaum lelaki) jadi harus berhati-hati kalo memilih pasangan, takutnya jeruk makan jeruk. Semoga saja dokter-dokter dari Thailand ga pindah ke Indonesia, cz bakal meresahkan dunia persilatan. Kembali lagi ke topik awal, salah satu yang sering dibicarakan di Korea adalah personel girlband yang operasi plastik. Goo Hara (personel Kara) mengakui bahwa dia operasi pada kelopak mata layaknya Park Min Young (yang main di City Hunter jadi Kim Nana). Ada lagi yang lebih lucu, yaitu Yoona (personel SNSD yang terkenal itu), dia melakukan operasi pada pusarnya (Jawa: udel) karena memang agak bodong (bagian dalamnya agak keluar), trus dijadiin lebih bagus. Sampai sedetail itu yang ternyata operasi plastiknya.

Membandingkan dengan itu semua. Kalo Indonesia yang lebih rame operasi apa coba? Kalo di Indonesia sih yang rame adalah operasi polisi di jalan-jalan tuh. Kalo misalkan damai 20 ribu (sekarang naik 50 ribu). Ini juga menjadi momok di Indonesia. Terkadang polisi mencari-cari kesalahan kita untuk dapat uang buat sarapan pagi atau makan siang. Tapi itu hanya segelintir saja. Polisi yang baik tetaplah baik, meskipun aku ragu apakah polisi yang baik itu presentasinya lebih dari 50 persen dari keseluruhan. Semoga saja dugaanku salah. Bagaimana menyikapi itu semua. Operasi-operasi yang aku sebutkan tadi adalah timbul karena kurangnya rasa syukur terhadap pemberian-Nya. Sesungguhnya Dia tidaklah melihat bentuk tubuhmu maupun wajahmu, namun Dia melihat hati dan perbuatanmu.

46 komentar:

  1. tsaaah hahahaha mantaplah kalimat penutupnya :D

    beda kultur dan kebiasaan ya jadi hal yang lumrah ya soal oplas tersebut di Jepang.
    tapi kayaknya cuma di Indonesia, Depe yang operasi keperawanan ==a

    BalasHapus
  2. hahah .. karena di Jepang kalo masih virgin malah diejek Tir :D

    BalasHapus
  3. wahahaha.. aku juga korban operasi polisi dan habis deh duit 50ribu (akhirnya harus puasa)... curhat deh...

    BalasHapus
  4. wah kasihan banget kamu diph :)

    BalasHapus
  5. nyah dari operasi plastik sampai operasi polisi komplit plit plit :). Orang thailand berarti hrus pinter2 ya nyari pasangan.klo ga nanti salah pilih malah jeruk makan jeruk.
    YoonA saranghae :D #lho

    BalasHapus
  6. "Dan biasanya operasi plastik ini diberikan ketika anak mereka lulus dari jenjang SMA sebagai hadiahnya."

    Gua pernah baca di Yahoo

    BalasHapus
  7. ya emang itu udah bukan rahasia lagi di forum2 [L]ain
    di Yahoo hanya menguatkan saja

    BalasHapus
  8. epilognya,,,,,,,,,,,,,,,,,, :D:D:D

    BalasHapus
  9. iyah...temenku malah sempat bilang...nemuin tempat oplas di korea sama kayak nemuin klinik dokter gigi di Indonesia, tiap sudut jalan ada. haha.

    Dari artikel yang aku baca, korea bener2 punya konsep 'perfect' di otaknya buat yg namanya kecantikan. Dan perfect menurut mereka itu ya mata gede, ada kelopak mata, body bagus.

    Tapi satu hal yang bikin saia salut, mereka jarang menutupi itu. Kalo oplas yah bilang oplas... Kalo di Indonesia atau artis hollywood, banyak banget yang nutup-nutupin ampe mati...bilang nya cantik karena rajin olah raga sama makan buah, haha, saia baru tau kalo makan buah sama olah raga bisa bikin bibir berubah, muka jadi tirus, ehem~

    dan di korea, cowo nya juga banyak banget yang rajin ngaca. mereka rajin nge gym...tp rajin ngaca juga. hahhaha...intinya..kebanyakan mereka sangat peduli sama penampilan.

    BalasHapus
  10. dr operasi plastik sampai operasi polisi :P
    saranghae YoonA #lho

    BalasHapus
  11. baru tahu aku kalau artis korea suka operasi plastik, padahal masih muda

    *OOT, aku jadi ingat nih kalau "tokoh artis" yang aku suka dari produk Asia Timur itu adalah Aki Ross

    **(CGI film Final fantasy Spirit Within sampai tahun 2011 masih kelihatan keren, padahal tekonologi yang dipakai masih sejaman PS2, belum PS3)

    BalasHapus
  12. oplas disono dah kayak rebonding di indo yah...
    lucunya sya bisa maklum, tp di indo jgn deh. :0

    BalasHapus
  13. postingan senada :)
    http://smartkin.blogspot.com/2011/08/semu.html

    BalasHapus
  14. hmmm... manusia beragama menerima kodrat dengan syukur #sokbijak

    BalasHapus
  15. entah apa yang membuat cantik itu harus sesuai standar:
    misalnya cantik itu putih, montok, dll..

    kadang para wanita emang terlalu memikirkan untuk tampil cantik, padahal untuk memuaskan pandangan orang lain..

    sangat merepotkan..

    BalasHapus
  16. Waduw, itu kalimat penutupnya nusuk banget mas :))
    Ya mudah2an budaya seperti itu emang gak merambat ke negeri kita.
    Soal Kim Nana alias Park Min Young, ah..sesuatu banget dah :))
    Eh, tapi sebelum operasi muka aslinya gak cantik dan agak gendut x_x

    BalasHapus
  17. orang yg ga bersyukur dengan ciptaan tuhan , tubuh udah di kasih sempurna kok malah di ubah"

    BalasHapus
  18. @Mbah Qopet: begitulah bang manusia, ga puas2 :D

    @Zippy: hahah ... kan enak mas kalo nusuk
    ya sebenarnya sih sebelum oplas juga masih cantik kug :)

    @Yudi Darmawan: betul sekali bang, cantik itu repot

    @Ami: hahah :D

    @kakaakin: :)

    @Accilong: ya jangan sampai lah
    cz oplas itu terkadang juga bahaya kalo ga di ahlinya

    @r10: ya meskipun mudah kalo dipoles kan tambah cantik

    @AJe: hahah ... penggila SNSD juga yah?

    @chloe's_jurnal: untung saja di Indonesia cowoknya sedikit yang suka ngaca :D

    @Andaka Pramadya: ada apa dengan epilognya bang? :D

    BalasHapus
  19. Kalau Amerika ada operasi militer.
    kalau Indonesia ada operasi lantas.
    Di Korea ada operasi plastik.
    Tapi tetep, kalau sudah dioplas gitu ya mau gak mau masak dibalikin lagi.... apa perlu saya operasi plastik juga kayak yoona SNSD, kita sama Yoona, sama punya pusar agak bodong,
    Yoona saranghae...#lho juga!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahahahaha.....bener2...

      Hapus
  20. ya iyalah
    sekali oplas ya ga bisa lagi dibalikin :D

    BalasHapus
  21. jadi inget film Hangover II kemaren, hahaa...,, sampe segitunya ya thailand sama transgender....,, ;D

    BalasHapus
  22. wew ... menakutkan sekali om :)

    BalasHapus
  23. masak iya goo hara oplas? yah.. aku kan fans beraatt... tp di member KARA emang dia yg paling nggak cantik. secara yg lain cantik bgt

    BalasHapus
  24. dia sendiri kug yang mengakuinya :)
    Goo Hara memang ga cantik, tapi dia "moe"

    BalasHapus
  25. wow, walaupun cantik,tapi buatan yah berarti?
    tidak alami dari lahir?

    BalasHapus
  26. ya bawaan dari lahirnya lah cuma diedit dikit :D

    BalasHapus
  27. kenapa yen? kalah cantik yah sama mereka?

    BalasHapus
  28. Katanya semua Personel SNSD Oplas loh ..

    BalasHapus
  29. apah? kalah cantik??
    saya punya kelopak mata, saya juga ga bodong udelnya jadi kesimpulannya saya lebih cantik dari mereka di atas itu. huahahha :D
    #PDtingkatdewa

    BalasHapus
  30. ya kan kecantikan tidak dibangun hanya dengan udel ga bodong dan kelopak mata yen :D
    ada banyak unsur lainnya ... dan tetap saja kamu masih kalah cantik, haha

    BalasHapus
  31. ya ya ya sayang sekali rupanya kamu masih waras :D

    BalasHapus
  32. oh men ... sejak dulu saya waras lah :D

    BalasHapus
  33. di korea hampir semua warganya melakukan operasi plastik,kalau gak cantik/ganteng meskipun dia memiliki kemampuan tetep aja gak kepake (baca dari salah satu artikel)
    semoga indonesia gak kena wabah oplasnya

    BalasHapus
  34. wah,,wah,,wah,,budaya yang harus di jauhi itu,,dalam islam pun di larang adanya pengubahan anggota badan

    BalasHapus
  35. weee opmin = operasi kelamin,hahaa
    mungkin ga ya suatu saat di Indonesia jadi menjamur oplas,dan di korea malah anti oplas karena masalah kesehatan? ;)

    BalasHapus
  36. Ya terima apa adanya dah.. Yang penting talent mereka yg bagus dan luar biasa. Tapi kayaknya masih cantikkan aku deh (mode lebay : on)

    BalasHapus
  37. Ah nti gw mw operasi plastik ah, biar kayak cwo korea! :p

    BalasHapus
  38. Sy pnya tmn yg kuliah dikorea selatan dan skrg kbetulan krja di slh satu stasiun tv trbesar dikorea,dia blng klinik oplas emng udh ky jamur,dimana2 ada,yg lbh parahny lg,g cm ngrubah bentuk wajah,tp tulang pinggul jg bs dipapas biar ramping,sama manjangin kaki,tulang kaki disambung biar kliatan jenjang dan tinggi....
    Hari pertama dia masuk kuliah terheran-heran,gadis2 dsana mukany hmpir sama,malah ada dosen yg umurny 50thn tp msh ky umur 25an...disana kl ga oplas dikucilkan katanya....smpe sgtnya.....ckck

    BalasHapus