Persona Intikalia

5 Sep 2012

Kamera Lubang Jarum

Tadi pagi saya baru 'ngeuh' apa yang dimaksud dengan kamera lubang jarum. Kemana aja loe john? Hehe, sempat mendengar istilah ini di status Facebook seorang temanku, tapi aku abaikan karena emang aku pikir itu adalah hal yang biasa, menurutku. Aku menganggapnya kan kamera (dalam otakku saat itu adalah kamera hape) lubangnya kecil banget tuh kayak lubang jarum. Ya cuma itu aja yang ada di otakku. Ternyata yang di maksud dengan kamera lubang jarum adalah kamera yang bisa kita buat dengan tangan kita, tanpa pabrik. Trus gue harus bilang WOW gitu? Enggak lah, ini bukan sesuatu yang WOW. Cuma aku aja telat ngertinya.
Ilustrasi Kamera Lubang Jarum (search image Google)

Kenapa aku bahas ini? Um ... jujur inilah yang sedang aku pelajari di semester ini, mata kuliah Visi Komputer. Aku baru nyadar ternyata ilmu yang aku pelajari beberapa tahun yang lalu, saat aku SMP dulu, ternyata masih kepake juga di kuliah, ilmu Fisika bab proyeksi dan ilmu Matematika mengenai titik potong dua garis. Dulu tuh waktu SMP bingung karena tujuan mempelajari itu semua buat apa sih. Dulu sih males-malesan belajar. Kalo sekarang, emang loe rajin belajar, John? Ya ga juga sih. Hehe. Tapi kan seenggaknya tahu gunanya ilmu ini dipelajari buat apa, jadi agak semangat gitu belajarnya.


Di atas adalah video gimana caranya bikin Kamera Lubang Jarum sendiri. Kalo mau bikin, bikin aja. Trus kalo udah jadi kasihin ke aku yah, pengen tahu juga gimana jadinya, karena aku males bikin sih. Ternyata kuliah itu menyenangkan, meskipun terkadang merasa tertekan karena ga nemu solusi dari masalah yang kita hadapi saat itu juga. Um ... sekedar curhat dari dosenku sih. Dosenku bilang ke 3 mahasiswa yang tadi ada di kelas, termasuk aku, bahwa kalo nanti udah lulus jangan jadi programmer. Loh kenapa? Karena programmer itu sama aja dengan kuli. Di kuliah udah mrogram, masa kerja mau mrogram lagi. Enak jadi manajer, bayarannya gede. Um ... bener juga nih kata dosen, gumamku.

Sorenya, saat kuliah Sistem Manajemen Basis Data, lagi-lagi dosenku, dosen yang berbeda dengan dosen yang pagi tadi, bilang kalo jangan sampe nanti kalian jadi programmer. Tuh kan beneran. Kayaknya emang programmer itu ga enak banget. Kerjanya susah, duitnya dikit LOL. Lebih enak jadi System Analyst bayarannya lebih gede. Jadi, kesimpulannya adalah jadi programmer itu ga enak. Apalagi sekarang programmer itu di-outsourcing-kan. Nah loh, kayak OB out sourcing aja nasibnya. Tiap tahun mesti berdoa biar kontraknya tetap diperpanjang.

Wah, ternyata tulisan saya sudah tidak terarah lagi. Lebih baik saya tidur. Heheh. Sebenarnya sih tadi udah mau tidur, punggung rasanya udah mau putus dan mata udah ngantuk. Tapi entah kenapa tiba-tiba penasaran pengen nulis pengalaman kuliah hari ini, kuliah yang bagiku cukup melelahkan. Gimana ga melelahkan, sekarang dosennya udah mulai rajin masuk, ga kayak 2 semester yang lalu banyak dapat gratisannya. Sepertinya emang harus menjaga fisik supaya tetap fit dan bisa menjalani kuliah dengan baik. Lama ga bikin #mantraintikali nih, jadi pengen bikin. Hehe.

Jangan meremehkan lubang yang kecil, karena dari lubang yang kecil bisa melihat sesuatu yang besar, dan membekas di hati layaknya kamera lubang jarum. #mantraintikali

24 komentar:

  1. saya juga pernah ngeliat beberapa kawan blogger juga udah bikin ini kamera lubang jarum..

    hasilnya juga seperti profe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow ... jadi pengen bikin juga :P

      bikinin dong :D

      Hapus
  2. hihihi aku juga baru tau kamera ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyik ... ga hanya aku aja yang ga tahu :P

      Hapus
  3. hm, saya suka lubang yang kecil.. #ambigu

    BalasHapus
  4. Ini metode yg digunakan Newton (kalo ga salah) untuk menemukan spektrum cahaya kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas emang gitu :-)

      tapi ini digunakan beda, bukan menemukan spektrum cahaya, tapi untuk mengukur kedalaman (dimensi tiga) hanya dengan membandingkan dua foto (dimensi dua) yang diambil dari kamera stereo

      Hapus
  5. nggak kuat muter videonya, maklum.

    wah ternyata kamu suka gituan juga ya om?

    saya pernah buat pake kaleng rokok om.
    tapi belum di coba.
    soalnya nggak tau beli kertasnya dimana :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka juga lah :D

      wow, aku malah belum bikin sama sekali :P

      Hapus
  6. Kamera lubang jarum ya? Mengingatkan aku pada suatu hal yg traumatis. :D

    Kuliah makin kesini makin menyenangkan memang, semakin banyak adik tingkat yang bisa dikeceng. #ups.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekekek ... ternyata itu menyenangkannya versi Akmal :P

      beda banget yah sama aku LOL

      Hapus
  7. aku ga konsen nontonnya, mana adegan motretnya? kok aku lihat udah bolak balik dark room aja

    *kayaknya aku baru akan beli android bulan november deh john, tabunganku akan cukup untuk beli android high end :D

    naksirnya sih samsung nexus yg harganya kurang dari setahun sudah turun sekitar 3 jutaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. motretnya tuh cuma buka tutup lubang jarumnya aja yo :P
      tidak seperti kamera2 lainnya yang bunyi "ckriiikkk" LOL

      samsung nexus? ouwh .... aku malah naksir sama hTC yo ... android di sana bagus :P

      Hapus
  8. wekeke, males euy nntn'a
    video'a gak loading2 -__-"

    padahal dulu koko pngen jadi programer, untung gak jadi yah :D

    wah iya ternyata mantra intikali'a udah gak pnh di pasang lg yah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah ... koneksinya enny lagi parah yah :P

      wekeke ... kalo jadi programmer yang kerja sendiri sih ga masalah enn, tapi kalo yang main kontrakan itu yang ga enak :D

      iya dong, kan udah ada yang kena mantranya tuh ... jadi buat apa dipasang lagi :P
      berabe kan kalo ada yang kena mantra lagi ... jadi dilema nih, bingung pilih yang mana LOL
      #lebay

      Hapus
  9. akhirnya endingnya ada mantra intikali #OOT

    BalasHapus