Persona Intikalia

26 Jul 2013

Tarif di Website Resmi JNE Tidak Relevan

JNE. Siapa sih yang ga tahu JNE? Kebanyak orang pada tahu apa itu JNE. Dibandingkan dengan jasa pengiriman lainnya, sebenarnya JNE jauh lebih mahal. Namun, tetap saja ada kelebihannya yaitu mencakup seluruh daerah di Indonesia, bahkan di daerah pelosok. Layaknya Pos, JNE malah lebih dipercaya oleh pelanggannya, karena kadang pake Pos ga nyampe paketnya.

Logo JNE

Namun, hari ini sungguh kaget banget dengan fakta mengenai tarif JNE. Sebagai manusia yang jarang keluar rumah, semua pekerjaan dikendalikan melalui online. Anehnya, tarif yang ada di website ga sama dengan harga yang ada di agen. Untuk pengiriman dari Surabaya ke Kab. Ketapang Kalimantan Barat di website resmi JNE dikenakan biaya Rp 41.000 untuk layanan REG dan estimasi sampai ke tujuan 3-5 hari. Di bawah ini adalah bukti skrinsyot dari website resmi JNE.

Tarif di Website Resmi JNE

Beda banget dengan saat aku ke agen JNE terdekat. Ternyata untuk layanan REG dari Surabaya ke Kab. Ketapang Kalimantan Barat dikenakan biaya Rp 52.520 dengan estimasi sampai ke tujuan 5-7 hari. Untungnya aku selalu bawa uang lebih buat jaga-jaga. Usut cari usut, kata si agen JNE emang harganya naik sejak 1 Juni 2013 lalu. Aku sih percaya aja. Tapi yang aku sesalkan adalah kenapa ga diupdate di website resminya. Berasa ketipu sih.

Tarif di Agen JNE

Sebenarnya sih ga masalah kalo paketnya itu dikirim ke keluarga. Nah itu masalahnya adalah paket ini dikirim ke pelanggan Toko Baju Online buatan istriku. Ga enak aja kan awalnya bilang cuma 41 ribu, eh tiba-tiba berubah jadi 52 ribu. Berasa plin-plan di hadapan pelanggan :(

Udah ah, semoga aja tulisan ini jadi bahan evaluasi buat webmaster website resmi JNE. Kasihan pedagang online yang merasa ketipu ketika harga di website resmi JNE dan agen JNE beda. Semua pasti tahu lah gimana rasanya mengalami hal ini.

16 komentar:

  1. Bukannya bermaksud nuduh ya, bisa jadi itu permainan orang di lapangan John. Dulu aku pernah ngalamin kasus kayak gitu (bukan dengan JNE sih). Tarif di web sama praktiknya beda. Lalu aku komplain ke CS-nya, dan ternyata itu emang permainan orang di lapangan, lalu kelebihan uangku dikembalikan. (Aku terpaksa komplain, karena udah langganan biro ekspedisi itu, jadi kalau itu gak dibenerin, aku bakal dirugiin terus-menerus dong). Sampai sekarang sih masih baik2 aja sejak kasus itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oualah gitu yah, entar aku coba hubungin CS nya JNE aja langsung, biar tahu fakta sebenarnya gimana

      makasih atas infonya om Hoeda :)

      Hapus
  2. Walah, sekarang koment-nya dimoderasi...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya om
      karena sering saya tinggal blog ini :D

      Hapus
  3. itu kenapa nama cewek ane tujuannya gan? wkwkwkwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. cewek agan juga komen di bawah tuh :v

      Hapus
  4. waaaah itu tarif JNE ke saya :D
    JNE memang gitu, jadi udah gak heran lagi lah, selalu bermasalah dengan harga atau sampainya gak sesuai yg ditulis. ditulis 3-5 hari, tapi nyampenya semingguan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, JNE sekarang pelayanannya makin menurun

      Hapus
  5. langsung beri masukan aja sob kalau ada contact info. Untuk urusan pelanggan, mending di jelaskan aja atau kalau kamu mau ikhlaskan aja. Bagaimanapun juga kenyamanan pelanggan dan kepercayaan mereka lebih penting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah aku email CS JNE-nya
      tapi belum ada balasan

      Hapus
  6. HM,, ANE juga pernah tuh beda beberapa ribu tapi kan ga enak ngomongnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekekek ... kalo saya sih ga pake ga enak ngomong mas :D

      Hapus
  7. mohon maaf sebelumnya, data tersebut di atas benar semua. Ongkir dari surabaya ke kota kabupaten Ketapang REG 41 ribu, sedangkan alamat yg dituju adalah Kecamatan Benua Kayong kabupaten Ketapang yg ongkirnya REG 52 ribu. mohon dicoba/dicari tarif berdasarkan KECAMATAN. Semoga jawaban ini bisa menjawab pertanyaan tmn2, trims

    BalasHapus
  8. Mohon maaf sebelumnya, data tersebut di atas benar semua. Ongkir dari surabaya ke kota kabupaten Ketapang REG 41 ribu, sedangkan alamat yg dituju adalah Kecamatan Benua Kayong kabupaten Ketapang yg ongkirnya REG 52 ribu. mohon dicoba/dicari tarif berdasarkan KECAMATAN. Semoga jawaban ini bisa menjawab pertanyaan tmn2, trims

    Nb : resi print out seperti diatas tarif sesuai database JNE pusat Tomang tidak bisa di rekayasa ataupun di markup

    BalasHapus
  9. Kalo mau komplen kmna yaa.. Aku ngalamin kasus yg sama.. Tarifnya d naik2in

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja langsung ke twitter JNE pusatnya

      Hapus