Persona Intikalia

15 Jun 2014

Spam yang Merajalela

Iseng-iseng ngecek jumlah spam yang masuk di blog-ku ini, ternyata cukup mengejutkan. Terhitung ada 445 komentar spam yang didominasi oleh Anonim. Awalnya saya membuka komentar blog ini untuk Anonim, jadi semuanya bisa komen. Namun, saya merubah kebijakan komentar blog ini menjadi hanya pengguna yang terdaftar saja yang bisa komen. Kebijakan ini akan bertahan selama 30 hari dari sekarang.

Spam di Persona Intikalia

Kenapa 30 hari? Ya, saya ingin melakukan riset apakah jika kebijakan komentar blog ini diubah, spam itu akan berkurang. Kebanyakan spam yang masuk di blog-ku ini adalah spam yang dilakukan oleh software. Jadi dengan mengubah kebijakan selama 30 hari setidaknya akan menimbulkan banyak notifikasi error di software spammer tersebut.

Saya juga akan mengubah kebijakan komentar di blog Iskael. Bosen aja tiap hari ada notifikasi di email isinya komentar-komentar spam. Jadi untuk yang mau komentar pake Name dan URL harap bersabar dulu yah, karena ini akan ditinjau hingga 30 hari mendatang. Setelah 30 hari, kebijakan akan dikembalikan Anonim bisa komentar juga. Kemudian akan saya pantau lagi perkembangan setelah Anonim bisa komentar. Apabila masih terlalu banyak spam, akan saya ubah lagi kebijakannya 30 hari seperti sekarang ini.

Fungsinya apa sih kug ngelakuin hal kayak gituan? Ya saya ingin tahu aja apa efeknya. Apakah setelah itu ada perubahan signifikan atau tidak. Buat kamu yang ingin mengubah kebijakan komentar kamu bisa buka dasbor Blogger lalu klik Setelan > Pos dan komentar > Siapa yang dapat mengomentari. Pilih sesuai yang kamu inginkan.

Kebijakan Komentar

Sebenarnya sih bisa menggunakan cara lain untuk mengurangi spammer, yaitu dengan menampilkan verifikasi kata. Namun, cara ini sangat tidak saya sukai, begitu juga banyak blogger lainnya. Verifikasi kata itu terlalu merepotkan, hehe. Udah gitu aja, semoga pengunjung bisa memaklumi kebijakan komentar ini.

8 komentar:

  1. aku juga dapat 65 komen spam, blog cuma ditinggal beberapa hari aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha ... ganti aja hanya buat pengguna terdaftar juga :D

      Hapus
  2. AKu juga gitu, banyak didatengin spammer yang kebanyakan dari bule. Huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kebanyakan spammer dari bule yang aku dapet

      Hapus
  3. syukurlah gak memilih verifikasi data :) males nulisnya soalnya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasihan pengunjungnya kalo pake verifikasi kata

      Hapus
  4. ugh... tempat ana rata2 per hari komen yang masuk folder spam ada sekitar 100...
    itu padahal cuman blog asal2an... kira2 berapa tuh kalo blog populer?

    BalasHapus