Persona Intikalia

16 Okt 2014

Istri yang Baik, Segera Meminta Maaf Ketika Salah

Saya sangat bangga dengan istri saya. Meskipun tidak memiliki semua kriteria istri yang baik, namun kebanyakan kriteria istri yang baik dia miliki. Ini bukan gombal loh yah :D

Salah satu hal yang saya sukai dari istri saya adalah segera meminta maaf ketika dia salah. Umumnya, wanita itu susah banget minta maaf walaupun dia dalam keadaan salah. Mungkin ini adalah rahasia umum yang diketahui banyak lelaki.

Saya punya jurus ampuh menghadapi istri saya yang sedang melakukan kesalahan. Biasanya saya diam dan memberikan ekspresi yang menunjukkan kalo dia lagi melakukan kesalahan. Dan untungnya istri saya bisa membaca ekspresi saya. Dan yang paling saya suka lagi adalah dia segera bertanya apa kesalahannya dan meminta maaf.

Ya memang kelihatannya ini sederhana banget. Dia salah, saya diam, dia sadar lalu minta maaf. Namun, faktanya tidak sesederhana itu. Bagi kamu yang sudah menikah, kamu pasti tahu bagaimana rumitnya. Wanita itu sangat rumit. Bahkan dalam menyelesaikan masalah yang sederhana pun jadi rumit.

Apa saja sih kesalahan yang biasanya dilakukan seorang istri? Yang paling banyak dilakukan seorang istri kepada suami adalah bermuka masam saat suami baru datang. Nah, ini adalah hal yang paling nyebelin bagi saya. Udah capek habis ketemuan sama klien, eh lihat istri mukanya cemberut. Biasanya saya langsung tegur. Alhamdulillah, istri saya mendadak langsung tersenyum, meskipun kadang senyumnya palsu, hehe.

Berikutnya kesalahan yang dilakukan oleh seorang istri adalah ngomel dan marah ga jelas. Biasanya kalo istri lagi ngomel, saya bisikin "Jangan ngomelan, nanti Aisyah tiru loh". Kemudian dia ga jadi ngomel, cuma marahnya diem kelihatan dari mukanya.

Banyak hal sebenarnya yang menyebabkan istri ngomel. Suami juga harus tanggap dengan keadaan istrinya. Terkadang istri ngomel itu karena kurang belaian kasih sayang suaminya. Akhirnya berdampak pada ketenangan hati sang istri. Saya juga kalo lagi sibuk, biasanya istri saya mendadak ngomelan. Itu artinya, dia butuh disayang.

Memasak masakan yang tidak sesuai dengan selera suami, ini bisa jadi salah satu kesalahan seorang istri. Namun, bagi saya ini tidak termasuk kesalahan. Biasanya saya akan menahan untuk jujur jika masakan istri rasanya kacau balau. Kadang sampe istri saya minta maaf ke saya karena mendadak dia rasakan masakannya sendiri dan ternyata rasanya kacau, hehe.

Mungkin ada yang bertanya, kesalahan terbesar apa sih seorang istri pada suaminya? Saya bisikin yah ... Kesalahan terbesar istri pada suami adalah seorang istri yang membuat cemburu suaminya. Namun, banyak sekali istri yang sepertinya bergampangan dalam masalah ini. Saya juga sering nasehatin istri saya, dia boleh melakukan kesalahan tapi jangan sampe membuat saya cemburu. Kalo saya cemburu, saya bisa ga logis.

Oleh karena alasan itulah istri saya benar-benar menjaga dirinya dari hal-hal yang membuat saya cemburu. Dia selalu menanyakan apakah pakaian yang dipakainya bagus apa tidak, apa bikin cemburu atau tidak. Dia juga berhati-hati dalam berinteraksi dengan laki-laki lainnya, bahkan dengan adik-adik saya. Dia juga berhati-hati dalam bermedia sosial dan ngeblog. Ketika saya bilang saya sedang cemburu, dia langsung meminta maaf dan menanyakan penyebabnya.

Punya istri yang mudah meminta maaf itu sangat menyenangkan. Masalah yang kecil jadi berasa ga ada, masalah yang besar sekalipun jadi berasa kecil. Istri yang baik itu layaknya perhiasan, bahkan lebih indah dari perhiasan. Jika kita melihat perhiasan, akan muncul rasa kagum dan ketenangan. Sedangkan istri tidak hanya sekedar bisa dilihat, tapi lebih dari itu. Maka benar perkataan Rasululloh, "Dunia ini adalah perhiasan. Dan sebaik-baik perhiasan adalah istri yang sholihah"

Tulisan ini diikutkan Giveaway Istri yang Baik


13 komentar:

  1. Betul sekali, bukanlah rupawan wajah yg dinilai namun kebaikan akhlaq yg membuat suami selalu teduh dan tenang serta bangga menjadi pencari nafkah untuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang cantik saja tidak cukup :D

      Hapus
    2. Benar, Mas, cantik saja kadang tak cukup.

      Hapus
  2. Hm, jarang2 saya membaca dari sudut pandang suami. Saya akui, itu memang kelemahan banyak perempuan (yang sudah jadi istri). Pengennya, suami tahu saja kalo dia lagi sebel (haha pengalaman pribadi). Sy menyadarinya .. untungnya waktu masih jadi pengantin baru. Sy amati itu terjadi juga pada kawan2 saya. jadi saya berusaha untuk mengatakan apa yang membuat hati saya tidak enak. kalo gak bisa ngomong, saya SMS suami saya, takutnya kalo bicara bisa tidak terkontrol hehehe


    Btw terima kasih ya Mas sudah ikutan GA kami ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih, jarang banget ada suami yang nulis di blog :D
      dari awal saya nikah saya bilang ke istri saya kalo saya bukan dukun yang bisa baca isi hati istri saya
      jadi kalo ada apa2 saya suruh dia bilang langsung, ga pake kiasan atau apalah ... karena pasti saya tidak akan paham atau kadang sengaja sok tidak paham

      iya, sama2 mbak
      istri saya juga kabarnya mau ikutan GA punya mbak juga

      Hapus
  3. Wah punya istri seperti ini sungguh bahagia nya, tak hanya cantik tapi akhlak dan lainnya penting...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo lapak medan udah punya istri belum? hehe

      Hapus
  4. Beruntung sekali punya istri seperti itu. Salam buat istrinya ya, udah lama ga baca blognya dia nih...=)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 :)
      udah tahu belum blog dia yang baru?

      Hapus
  5. Wah wah, masukan juga nih buat ane yang masih bujang... #UhukUhukUhuk

    BalasHapus
  6. saya juga jarang banget baca pendapat tentang istri dari sudut pandang suami(laki-laki). Dan tulisan di postingan ini hampir semua juga saya alami hehe... sering bermuka masam di hadapan suami kalau suami lagi sibuk ditimbun pekerjaan.

    BalasHapus
  7. betul itu Pak, salah satu yang membuat suami sayang pada istrinya adalah bila istri tidak sungkan untuk mengaku salah dan minta maaf. itu kata suami saya, ketika saya tanya, mengapa sangat sabar dan sayang pada saya, heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, lelaki suka dengan wanita yang mudah mengakui kesalahannya

      Hapus