Persona Intikalia

5 Jun 2016

7 Tips Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik. Ibarat dua sisi mata uang, kesehatan mental dan kesehatan fisik saling mempengaruhi. Sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik, kita pun harus menjaga kesehatan mental. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaganya. Berikut adalah beberapa diantaranya.



1. Jalin Silaturahmi

Tetap berhubungan dengan orang lain bisa membantu mengembangkan dan memelihara dukungan dan membuat hidup kita lebih berwarna. Kualitas hubungan pribadi ternyata memiliki efek yang sangat besar terhadap kesejahteraan kita.

2. Luangkan Waktu untuk Menikmati Hidup

Dari sekian banyak waktu yang kamu miliki, cobalah untuk meluangkan waktu melakukan kegiatan-kegiatan yang menarik atau kegiatan yang kamu sukai seperti menjalani apa yang menjadi hobimu selama ini. Selain itu kamu juga bisa menikmati hidup dengan melakukan hal-hal spontan yang kreatif, berjalan-jalan di taman, membaca buku, menggambar dengan anak-anak, melukis dan lain-lain.

3. Berpartisipasi

Apabila kita pasif dan tidak banyak bergaul, biasanya kita cenderung mengurung diri dan kurang bersemangat menjalani hidup. Namun jika kita berpartisipasi dalam berbagai kepentingan, biasanya kita akan bersemangat sehingga bisa memdapatkan rasa memiliki yang secara otomatis meningkatkan kesehatan mental.

4. Menjaga Diri

Menjaga diri bisa dilakukan dengan menjalani gaya hidup sehat, aktif berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat. Jika selama ini kamu jarang berolahraga karena tidak memiliki waktu atau karena malas cobalah untuk memotivasi diri. Karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kesehatan fisik juga secara langsung akan mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

5. Tentang Dirimu

Jangan pernah berhenti untuk belajar. Selalulah menantang diri dengan mempelajari keterampilan baru yang akan memberikanmu banyak pengalaman. Kamu bisa menantang diri belajar menyetir, belajar memasak, meningkatkan kebugaran, menurunkan berat badan, tampil segar dan enegik, dan lain-lain.

6. Istirahat dan Hindari Stress

Stres adalah salah satu pemicu berbagai reaksi masalah kesehatan seperti jantung, obesitas, diabetes, stroke dan lain-lain. Jadi, cobalah untuk pandai-pandai meminimalisirnya dengan berolahraga atau berlibur. Selain itu, beristirahat secara teratur dan rutin setidaknya 8 hingga 9 jam setiap hari akan membantumu mendapatkan mental yang lebih kuat.

7. Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Mental yang baik biasanya bisa kita dapatkan dengan memunculkan rasa percaya diri. Satu contoh, jika selama ini kamu cenderung malu bergaul karena memiliki tubuh yang terlalu gemuk, cobalah untuk mulai berolahraga dan diet seimbang. Jika olahraga dan diet tidak memberikan hasil yang kamu inginkan, cobalah memaksimalkannya dengan suplemen fitness alami yang banyak dibuktikan oleh orang lain. Jangan lupa untuk membuat jadwal latihan secara rutin dan jalanilah secara konsisten.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar