Persona Intikalia

21 Jun 2016

Cara Sederhana Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung sebagian besar disebabkan karena kolesterol. Kolesterol adalah penyebab sakit jantung yang paling sering disebut oleh praktisi kesehatan atau dokter. Akan tetapi, sebenarnya sakit jantung tidak selalu disebabkan karena kolesterol. Penyakit jantung juga bisa disebabkan karena kerusakan oksidatif dan peradangan.



Jadi cara mencegah penyakit jantung, cara yang bisa kamu lakukan tidak perlu ribet. Sangat sederhana, yaitu dengan: mengurangi penyebab kolesterol serta menghindarkan diri dari peradangan serta kerusakan oksidatif tersebut. Bagaimana caranya?

1. Hindari Mengkonsumsi Makanan yang Banyak Mengandung Minyak

Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk menghindari kerusakan oksidatif adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung minyak nabati seperti minyak jagung, biji bunga matahari, dan kedelai.

Ada banyak penelitian yang mengatakan bahwa, Asam Lemak Omega-6 Tak Jenuh Ganda merupakan faktor penyebab kerusakan oksidatif dan inflamasi. Yang secara signifikan dapat menyebabkan resiko penyakit jantung meningkat.

2. Kurangi Gula dan Karbohidrat Sederhana

Kebanyakan orang percaya bahwa gula adalah salah satu penyebab berbagai penyakit. Akan tetapi tidak banyak yang tahu bahwa gula tidak hanya berasal dari gula asli yang kita konsumsi. Sumber karbohidrat sederhana seperti nasi, pasta, roti, atau karbohidrat komplek seperti kentang juga akan diurai oleh tubuh kita menjadi gula. Sehingga apabila kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, khususnya karbohidrat sederhana dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan insulin, yang berkontribusi menyebabkan peradangan atau kerusakan oksidatif. Dan ujung-ujungnya tentu saja meningkatkan resiko penyakit jantung.

3. Konsumsilah Makanan yang Bergizi

Untuk mendapatkan nutrisi yang tepat dari makanan, diantara kita pasti berpikir bahwa sayuran merupakan sumber paling tepat, mengingat sayuran banyak mengandung vitamin dan mineral. Namun tahukah kamu bahwa, 1 porsi hati sapi mengandung nutrisi dan mineral 10 hingga 100 kali lebih banyak dari apa yang kamu dapatkan dengan makan apel atau wortel?

Bahkan, kuning telur merupakan “makanan super” lainnya yang bisa memberikan kita 13 nutrisi penting. Walaupun kepercayaan selama ini banyak yang mengatakan bahwa kuning telur tidak mengandung nutrisi sebanyak yang dimiliki oleh putih telur.

Kebijakan konvensional saat ini, mengatakan bahwa tidak mengapa, atau masih aman-aman saja apabila kita mengkonsumsi hingga 3 butir telur sehari. Bahkan beberapa studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi telur sebenarnya dapat meningkatkan kolesterol baik (LDL) yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

4. Jangan Lupa Mengkonsumsi Makanan Fermentasi

Ada sejumlah makanan fermentasi yang sebenarnya memiliki banyak manfaat kesehatan untuk mencegah penyakit jantung seperti kim chi dan yogurt. Tentu ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi yogurt. Akan tetapi apa kaitannya dengan mencegah penyakit jantung? Di dalam makanan fermentasi tersebut sebenarnya terkandung vitamin K2 yang menurut penelitian merupakan salah satu pencegah penyakit jantung.

Dalam sebuah studi tahun 1993 ditemukan bahwa, mereka yang mengkonsumsi vitamin K2, 52% memiliki resiko yang lebih rendah terkena penyakit jantung.

5. Konsumsi Minyak Ikan Kod

Minyak ikan kod merupakan salah satu suplemen yang sangat disarankan bagi setiap orang. Karena ini merupakan sumber Asam Lemak Omega-3 yang dapat melindungi kita dari peradangan. Lebih dari itu, minyak ikan ini juga adalah sumber vitamin D yang dapat membantu kita menjauhkan diri dari beberapa penyakit umum seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, penyakit autoimun, penyakit kanker, dan osteoporosis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar