Persona Intikalia

6 Jun 2016

Beberapa Jenis Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

Sebaiknya anda harus menghindari beberapa makanan penyebab kolesterol tinggi yang akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Makanan seperti ini harus dihindari karena memiliki pengolahan yang menggunakan metode kurang baik, kadar kolesterol cukup tinggi, hingga penggunaan bahan tambahan yang akan mengurangi nutrisi terbaik. Beberapa jenis makanan penyebab kolesterol tinggi pada tubuh anda yang harus dihindari seperti:


Gorengan memberikan dampak buruk

Gorengan menjadi salah satu cemilan yang termasuk dalam makanan penyebab kolesterol tinggi. Proses pengolahan cemilan ini dengan cara digoreng menjadi hal yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. Apalagi proses penggorengan cemilan ini menggunakan minyak goreng biasa yang telah digunakan berkali-kali. Proses seperti ini akan membuat lemak jenuh menempel pada seluruh bagian jenis cemilan ini dan akan meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh anda. Selain itu, setiap gorengan yang anda konsumsi makan jumlah kolesterol jahat atau LDL akan semakin meningkat. Ini biasanya terjadi karena gorengan memiliki kandungan lemak trans dan janus yang akan mempengaruhi tingkat kolesterol jahat. Bahkan, lemak ini akan menumpuk pada dinding pembuluh darah dan mengakibatkan penyakit jantung hingga stroke.

Otak sapi memiliki kolesterol tinggi

Daftar makanan penyebab kolesterol tinggi lainnya adalah otak sapi. Kandungan kolesterol pada otak sapi bisa mencapai 1:250/mg. Jadi, dalam 10 gram otak sapi yang anda konsumsi akan terdapat sekitar 2500 mg kolesterol jahat. Hal ini tentu akan menjadi pertimbangan penting bagi anda karena jenis makanan hewani ini memiliki kandungan lemak jenuh yang sangat tinggi. Sebaiknya anda juga tidak mengkonsumsi jenis makanan hewani seperti ini dalam waktu yang cukup lama. Bila tidak dibarengi dengan gaya hidup sehat, maka jenis makanan ini akan memberikan penumpukan kadar kolesterol pada seluruh bagian tubuh. Penumpukan kadar kolesterol ini juga bisa terjadi pada dinding pembuluh darah anda.

Kandungan kolesterol kuning telur sangat tinggi

Kuning telur bisa menjadi makanan penyebab kolesterol tinggi yang sering anda temui setiap hari. Menurut ahli gizi, kuning telur memiliki kandungan kolesterol yang lebih banyak dibandingkan dengan makanan utama lainnya. Pada 100 gram kuning telur, anda akan mendapatkan sekitar 1200 mg kolesterol jahat. Tentu saja perhitungan ini terlalu banyak dibandingkan dengan jumlah kolesterol yang dibutuhkan pada tubuh setiap harinya. Bila anda ingin mengkonsumsi telur, sebaiknya melakukan perhitungan kolesterol melalui jenis makanan lainnya. Selain itu, anda juga bisa menerapkan konsumsi telur secara berjadwal. Hal ini berfungsi untuk menghindari penumpukan jenis kolesterol jahat pada seluruh tubuh anda.


Udang dengan jumlah kolesterol tinggi

Banyak ahli gizi menilai bahwa seafood menjadi bagian dari makanan penyebab kolesterol tinggi. Hal ini juga terjadi pada udang. Jenis makanan ini memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan seafood lainnya. Pada 100 mg udang akan terdapat sekitar 195 mg kolesterol. Bahkan, pada udang yang cukup besar memiliki kandungan kolesterol hingga 11 mg. Untuk mengurangi kadar kolesterol yang terlalu tinggi, sebaiknya pengolahan udang seperti ini dilakukan dengan cara merebus bukan digoreng.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar