Persona Intikalia

16 Jan 2011

Seandainya Semua Orang Itu Baik

Saat merenung setelah membaca tulisan Huda Tula di blog ini yang berjudul Menjadi Orang Baik, aku jadi teringat status Facebook salah satu temenku yaitu "Seandainya semua orang itu baik".


Sudah sering kita dengar cerita, bahwa saat kita ingin berbuat baik, malah dibalas dengan salah terima bahkan ditambah dengan perbuatan yang tidak mengenakkan. Alam semesta ini memang seperti itu, kebaikan hati malah sering disalah artikan, dimanfaatkan, dan balasannya adalah kejadian yang menyesakkan.

Kebaikan sesaat itu tidak cukup, kebaikan seharusnya dibarengi dengan keteguhan hati. Kebaikan hati yang hanya sesaat, lalu diceritakan pada orang lain untuk mendapat pujian, tidak akan mendapat pahala dari Allah, malah akan mendapat laknat. Perlu diperhatikan ini adalah masalah niat, ada perbedaan antara orang yang bercerita karena ingin dipuji dan karena ingin memotivasi orang untuk berbuat baik. Allah tahu isi hati manusia yang paling dalam, jadi bila seseorang bercerita, Allah akan tahu niat dari bercerita itu untuk mendapat pujian atau memotivasi orang untuk berbuat baik.

Kebaikan hati itu dilakukan karena keteguhan hati ingin selalu meluruskan akhlak. Wajar kalo ada manusia kadang-kadang melakukan kesalahan, tapi Allah akan memberikan ampunan, bila ada penyesalan mendalam, memohon ampun dan berusaha agar kesalahan itu tidak diulangi lagi.

Berbuat baik itu bukan beban, malah menyenangkan hati bagi yang menikmati berbuat baik. Apalagi Allah menjanjikan orang yang berbuat baik dengan ikhlas akan mendapat ketentraman, memudahkan semua urusan di dunia dan akhirat. Siapa sih yang tidak mau itu...

12 komentar:

  1. kebaikan ada saat yang jahat masih eksis...kalo semua orang baik, kayanya ga bakal ada saling berlomba-lomba dalam kebaikan..menurut saya sih sob ^_^

    BalasHapus
  2. bener banget om, kan ga enak kalo ga berpasangan :)
    ada kaya-miskin juga ada baik-jahat

    BalasHapus
  3. Menjadi baik itu sebenarnya sudah fitrah manusia sejak lahir. Tapi karena lingkungan dan faktor lain, keburukan kerap terlihat.

    Tapi sejatinya semua manusia itu baik. Setidaknya itu dalam fikirannya sendiri, yg belum tentu dapat dilihat orang lain. Betul?

    BalasHapus
  4. @ Mas Darin, sebetulnya nurani sudah berbisik, jangan. Tapi kehidupan dunia itu melenakan. Ini contoh, yang telanjur kecanduan narkoba sudah tau harus menghentikan, tapi berat karena proses menyakitkan saat berhenti (ini contoh ekstrim).

    Sudah tertulis di Al Qur'an bahwa hanya sedikit yang bisa selamat di akhirat, karena kebaikan seharusnya konsisten, bahkan di saat sulit, kekurangan benda, kekurangan jiwa (awalnya stres berlanjut depresi).

    Janji Allah akan memberikan kemudahan urusan dunia akhirat bagi yang berbuat baik secara konsisten ternyata tidak serta merta mudah dijalani. Tapi bagi yang sudah memahami manfaat berbuat baik memang sudah seharusnya memberi contoh dan mengingatkan pada yang lain...

    BalasHapus
  5. sebaik-baik kebaikan adalah kebaikan yang bermanfaat bagi sebanyak-banyak manusia, dan hanya diketahui oleh Allah dan diri sendiri..

    bukankah ketika kita memberi dengan tangan kanan, tangan kiri tidak boleh tahu..

    BalasHapus
  6. Semua orang menjadi baik adalah hal yang sangat mungkin terjadi, namun untuk mencapai ke sana seringkali terganjal akan kecintaan terhadap hawa nafsu dan dunia.

    berlomba-lombalah dalam menuju kebaikan, itulah Insya Allah bendera yang dikibarkan di dalam Al Qur'an, maka ketika setiap orang berlomba menuju ke sana akan ada banyak kemudahan yang mengalir pada pribadi maupun pada lingkungannya.

    BalasHapus
  7. horeee.. ada namaku! hihihi.

    yah, berbuat baik itu...kadang tidak demi apa-apa juga si. I mean, it simply our nature.

    bingung mau komen apa lagi. *kegirangan karena ada namanya..hahahahaha.

    keep writing ya John!

    BalasHapus
  8. eeeeeeeeh, yang nulis mb Ami ya? heehehehe..

    keep writing juga mb ami! Im your fan! hehehe

    BalasHapus
  9. betul banget, yang nulis tuh mbak Ami bukan aku :D

    BalasHapus
  10. @ Huda Tula, keep writing. "seseorang yang kelihatan selalu mengantuk dan gelisah. Ingin mendapatkan kebahagiaan dengan menulis".

    Kebalikan sama aku "seseorang yang meledak-ledak, berusaha meredam emosi. Tadinya banyak mengeluh dan memanfaatkan orang lain. Sekarang malah bisa bersyukur setelah kehilangan banyak hal yang dicintai dan berusaha bermanfaat bagi orang lain"

    BalasHapus
  11. Seandainya semua orang itu baik ???
    saya juga pernah berdoa akan hal ini sob... kebanyakan dri teman2 saya berbuat baik hanya jika mereka lagi butuh sesuatu sob atau uang saya... tapi setelah itu tak kan ada sapa'an lgi..

    jika berbuat baik demi pujian dri org lain itu malah akan jdi dosa dan itu ria kn sob..

    semoga semua orang baik maka dunia akan bahagia setiap detiknya...

    BalasHapus
  12. tapi ga mungkin sob semua orang itu baik :D

    BalasHapus