Persona Intikalia

13 Okt 2011

Mengenang Masa SMP (Bagian 1)

Siapa sih yang ga tahu kalo sebenarnya masa SMP adalah masa puber? Pasti sebagian besar dari kita tahu tentang itu. Masa SMP menurutku adalah masa yang paling galau (walaupun saat itu masih belum dikenal kata 'galau'). Percaya atau enggak, fase SMP ini terkadang mengantarkan kita ke dalam lembah kesuraman dan juga bisa mengantarkan kita pada masa depan yang cerah. Lantas, bagaimana dengan masa SMP yang aku alami?

Berawal dari pengumuman masuk ke SMP. Di sini aku ga menceritakan tentang perjuanganku masuk ke SMP. Itu ada entri sendiri untuk menceritakan hal itu. Di entri kali ini aku lebih fokus ke masa SMP. Saat pertama kali aku tahu ternyata akhirnya aku masuk di SMP Negeri 6 Surabaya, hatiku senang banget. Bayangin aja, image dari SMP Negeri 6 Surabaya ini begitu keren. SMP ini adalah SMP kedua terbaik di Surabaya saat itu dan sepertinya hingga kini. Padahal nih, kalo misalkan aku masuk SMP Negeri 1 bisa nilaiku. Saat itu nilaiku 25,42 dari 30. Saat itu untuk masuk ke SMP Negeri 1 Surabaya minimal masih 19 koma berapa gitu. Pasti masuk kan? Namun, entah mengapa rasanya aku lebih srek milih SMP Negeri 6 Surabaya.

Waktu pertama kali masuk ke SMP Negeri 6, aku melihat papan pengumuman penerimaan murid baru. Aku tersipu saat namaku ada di urutan 22. Bayangin aja, dari banyak siswa, berarti aku masih keren dong, cz notabene aku kan dulu SD nya di tempat yang tidak dikenali di peta, hehe. Secara otomatis, aku masuk ke kelas unggulan. Berbeda dengan SMP yang lainnya, di SMP Negeri 6 ini kelas unggulan tidak pada kelas A, namun setiap tahun kelas unggulan ini berubah. Lantas bagaimana cara mendeteksinya? Gampang, bisa dilihat dari hasil ulangan mereka. Kalo rata-rata nilai kelas tinggi, kemungkinan kelas itu adalah kelas unggulan.

Pertama aku masuk kelas, aku lihat ternyata ada temanku yang satu SD sekelas juga di SMP. Namanya Agus. Pengennya saat itu aku duduk dengan Agus, namun faktanya bangkunya terbatas dan harus terpisah dari Agus. Akhirnya aku duduk dengan Hamzah. Hamzah, berkaca mata, terlihat innocent, dan periang. Tipikalku adalah seorang yang setia. Setia? Jangan berpikiran yang aneh dulu. Setia di sini maksudnya adalah ketika aku memutuskan sesuatu, maka hingga akhir aku akan terus pada keadaan itu. Jadi sampe kelas 1 berakhir pun aku masih tetap sebangku sama Hamzah.

Hal yang paling berkesan selama kelas 1 SMP, kira-kira seperti berikut, itu pun aku mencoba untuk mengingatnya kembali.

  1. Aku punya sebuah organisasi cupu namanya GULA (Gudang Lawak). Perkumpulan ini terbentuk gara-gara praktikum di Lab Fisika. Saat itu ga membuat laporan praktikum malah menggambar ga jelas. Trus, akhirnya timbullah percakapan tentang hobi yang sama, akhirnya jadilah GULA. GULA ini kerjaannya bikin komik mini dan juga bikin lawakan singkat ala anak SMP.
  2. Efek dari GULA di atas, akhirnya aku berhasil membuat sandi yang keren, yaitu SASI (Sandi Singkat). Kenapa keren? Karena memang banyak aturan-aturannya dengan level yang terus berkembang dan ga semua temanku mampu untuk memahaminya.
  3. Saat di SMP aku kena sindrom MERINDUSISWICANTIKUS. Apa itu? Semacam sindrom terbayang-bayang seorang cewek yang aku kenal saat masa SD dulu. Lalu dianalogikan kepada seorang cewek lainnya di kelas. Jadi saat melihat cewek itu kayaknya mukanya mirip banget dengan seseorang yang kita suka.
  4. BODOH tapi PINTAR. Keadaanku di SMP ya seperti ini. BODOH karena memang jarang mengerjakan tugas sendiri saat SMP, maklum banyak sumber untuk dicontek, ga seperti saat SD dulu yang diriku malah menjadi sumber. PINTAR karena dengan keadaanku yang seperti itu ternyata aku masih masuk peringkat 6 di kelasku.
  5. Aku masih ingat banget dulu saat SMP aku punya guru Matematika yang baru menikah. Aku lupa namanya Bu siapa, tapi yang jelas aku masih mengingat wajahnya hingga saat ini. Kerjaannya nih di kelas, Bu Guru ini sering melamun dan nyanyi-nyanyi ga jelas. Cz aku duduknya di dekat kursi guru, jadi kedengeran kalo Bu ini lagi bersenandung.
  6. Wali kelas favoritku, namanya Bu Triyuni (kalo ga salah sih). Ini wali kelas yang paling baik di antara wali kelas yang pernah aku jumpai. Orangnya baik banget dan loman (ga pelit). Bu Triyuni ini selalu memberikan solusi-solusi yang baik buat kelasku dulu. Aku masih ingat saat Bu Triyuni ini memberikan tugas mengirim surat ke teman sebangku (Hamzah). Saat itu aku udah kirim, trus sampe di rumah Hamzah. Nah, suratnya ini dibuat mainan oleh adiknya Hamzah dan disobek-sobek. What? Ini tugas! Tapi itu semua aku jelasin di Bu Triyuni, dan alhamdulillah guru ini memaklumi kami.
  7. Saat kelas 1 ini, ada guruku yang paling nyentrik, namanya Pak Edi, guru Ekonomi. Ulangannya Open Book dan bahkan pernah Take Home. Kayak kuliah aja yah. Dan hal yang sering dibicarakan oleh Pak Edi ini adalah bagaimana membuat makanan dari barang yang murah (ekonomis) dan bisa laku dijual. Sering juga beliau menyanjung-nyanjung TELO (Ketela Rambat) dan ENTUNG (Kepompong) sebagai solusi bahan makanan.
  8. Satu lagi, saat SMP ini aku sedikit naksir dengan salah satu temanku sekelas. Mungkin karena wajahnya mirip sama si itu, walaupun kalo dilihat lama-lama ga mirip juga. Kalo dibilang cantik sih, ya cantik. Dan dia punya kesamaan dengan si dia. Dia sama-sama ikutan PMR.
Seperti itu dulu untuk kelas 1. Kelas 2 dan 3 akan menyusul di entri berikutnya, jika aku ga males nulis.

14 komentar:

  1. Kalau buat w masa SMA masa yang paling indah dibanding masa SMP soalnya tuh masa dimana kita mau ke proses puber jadi ada nakal,lucu,gila dll yang kagak bisa didapetin di SMP lah intinya
    Ditunggu kunjungan balik ya

    BalasHapus
  2. pasti kamu kocak ya orangnya...
    tinggal menunggu bagian selanjutnya

    BalasHapus
  3. Parkir disini dulu..
    yah, kok bersambung sih sob :Dkeren nih ceritanya, ane tunggu yang kelas 2 dan 3 y sob
    pasti lbh kocak :D

    BalasHapus
  4. SMP itu pengalaman pacaran yang pertama.. :D

    BalasHapus
  5. wkkwkw, jadi keinget dulu pas smp punya genk nama'a sk8ter, padahal gk ada yg bisa main skater, tp sok sokan,hahha..
    ayo dong jgn males..aku tungguin lanjutannya :D

    BalasHapus
  6. @Andy: bersabar yah :)

    @arr rian: kocak banget :D

    @A-NX: ya kalo ditulis sekali puanjang banget om

    @Akmal Fahrurizal: wah keren :)

    @EnnyLaw: tunggu saja en :P

    @socafahreza's blog: betul banget :)

    BalasHapus
  7. Penglaman yg konyol, tapi indah dan tak terlupakan ya ;p

    BalasHapus
  8. hohohoho... kalo aku sih pengalaman waktu smp gak seberapa berkesan dibandingin sma.. :P

    BalasHapus
  9. @Claude C Kenni: betul :)

    @Adryan Nurdien: ya kalo SMA lebih seru lagi lah

    BalasHapus
  10. hah :O entung itu kepompong :O kepompong apaan yang dimakan ? kepompong ulat ? lebih baik aku mati deh bang

    BalasHapus
  11. hahah ... iya itu memang kepompong
    kalo dijadiin makanan, saya ga tahu gimana caranya :P

    BalasHapus
  12. Masa masa SMP aadalah masa penentuan jalan baik atau buruk coz masa pubertas :D

    BalasHapus