Persona Intikalia

15 Feb 2015

Mengurus Perpanjangan STNK Ga Sampe 10 Menit

Setelah membaca entri milik si Hoeda, saya baru sadar ternyata tidak semua orang tahu tempat mengurus STNK yang mudah dan cepat. Entah, mungkin kalo selain di Surabaya, pelayanan ini bisa didapatkan atau tidak. Selama ini saya mengurus perpanjangan STNK tidak ribet. Bahkan jika tidak antri, ga sampe 10 menit udah selesai.

Ada dua macam perpanjangan STNK. Pertama, yang setiap tahun. Kedua, tiap lima tahun sekali, biasanya dikenal dengan ganti plat nomor. Kalo ganti plat nomor memang proses-nya ribet, karena harus ke SAMSAT Pusat. Namun, kalo untuk perpanjangan biasa (tiap tahun) di Surabaya ada yang namanya SAMSAT Corner. Kalo di Surabaya ada di ITC Mall lantai ground.

Prosesnya sangat mudah. Bawa uang secukupnya, paling gampang liat berapa biaya terakhir kamu bayar perpanjangan STNK. SAMSAT Corner ini sistemnya satu loket. Di loket itu nanti kamu serahkan KTP dan STNK saja. Setelah itu tunggu ga sampe 10 menit, kamu akan dipanggil dan membayar sejumlah uang sesuai biaya perpanjangan STNK milikmu. Setelah itu STNK sudah bisa kamu ambil saat itu juga.

Pengalaman saya ngurusin STNK sudah lumayan lama sejak 2010 lalu. Awalnya saya juga berpikiran kalo ngurus perpanjangan STNK itu harus ke SAMSAT Pusat dan itu adalah hal yang menyebalkan. Namun, ga sengaja tahun 2010 lalu saya iseng ke ITC Mall lalu menemukan SAMSAT Corner. Sejak itu, saya hanya ke SAMSAT Pusat lima tahun sekali. Semoga informasi ini membantu. Hanya saja, saya tidak yakin jika di semua kota ada SAMSAT Corner.

13 komentar:

  1. terakhir ngurus sendiri 2010 tapi antriannya lama lebih dari 1 jam. Gak tahu juga kalau sekarang ya. Aku biasanya nitip teman

    BalasHapus
  2. Kalo ane biasa ngurus perpanjangan STNK di "SAMSAT Keliling" deket rumah, karena relatif sepi ya biasanya memang cepet. Tinggal naruh stnk sama ktp, tunggu dipanggil, terus bayar. Program samsat keliling ini yang ane tau udah ada di beberapa kota lain di jawa timur. untuk daerah lain saya ga tahu.

    Yang lama itu memang kalau ganti plat nomer, bukan lama prosesnya, tapi lama nunggu dapet stok blanko stnk atau stok plat nomernya. terakhir ganti tahun 2013 kemarin nunggu sekitar tiga bulan lebih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lama banget sampe 3 bulan, bukannya hanya beberapa minggu saja yah, pengalamanku ganti plat + balik nama cuma butuh 2 minggu saja

      Hapus
    2. Soal plat nomor malah ada yang lebih lucu, John. Adikku beli motor baru, plat nomornya baru keluar setelah setengah tahun. Bukan cuma dia aja, tapi orang-orang lain juga gitu. Alasannya, stok bahan pembuat plat (seng)-nya habis. Piye coba?

      Nah, baru-baru ini aku baca berita, kalau kertas bahan STNK lagi kehabisan stok. Jadi motor-motor baru katanya bebas tilang, karena nyatanya memang belum ada STNK yang dikeluarkan. Kok bisa kayak gitu, ya? Padahal pemasukan pajak dari kendaraan jumlahnya sangat besar. Tapi kok sampai separah itu masalahnya.

      Hapus
    3. wut?
      kalo apa yang kamu sampaikan itu aku bener2 baru tahu :D
      setahuku tahun lalu aku ganti plat, masih banyak stok-nya
      atau mungkinkah semakin banyak yang beli motor baru yah, sampe stok plat nomor habis :D

      lha trus piye itu? motornya jadi ga pake plat nomor atau gimana dong?

      sebenarnya sih masalah stok itu kayak habisnya stok buku nikah di awal tahun 2014 lalu
      lucu sih, tapi itulah faktanya
      kayaknya mungkin untuk pengadaan barang, birokrasinya amat sulit, jadi ya gitu deh, hehe

      Hapus
  3. Pas bgt STNK bpk q mati, tgl nyari tw d sini ad samsat corner ap g. Byarny brp klo blh tw pas perpanjangan yg tiap thn/ lima thn sekali itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bayarnya liat di bagian STNK-nya
      kemungkinan tidak jauh dari biaya yang dibayar sebelumnya
      kalo ganti plat, pengalamanku kena 500rb-an
      tapi itu tergantung jenis motornya, semakin gede CC-nya, makin mahal
      semakin baru tahunnya, semakin mahal

      Hapus
  4. di kota-kota besar SAMSAT Corner sudah bertebaran setahu saya. :)

    BalasHapus
  5. Benar. Di Banjar belum ada, Mas. Masih antre lama.

    BalasHapus
  6. Di jepara kayanya gak ada, ke samsat jdnya.... Gak ribet jg sih

    BalasHapus