Persona Intikalia

21 Mei 2015

Masakan Indonesia Tahu Gimbal Khas Semarang

Tahu Gimbal merupakan masakan Indonesia khas Kota Semarang. Makanan yang satu ini terdiri dari potongan tahu goreng, lontong, rajangan (irisan) kol mentah, taoge, telur serta gimbal (udang yang digoreng dengan balutan tepung). Makanan ini dihidangkan dengan campuran bumbu kecap yang sangat khas karena memanfaatkan petis udang. Beda halnya dengan saus kacang pada pecel Madiun yang cenderung lebih kental, saus bumbu kacang pada tahu gimbal justru sedikit encer.


Adapun yang sangat khas dari tahu gimbal yaitu gimbalnya itu sendiri. Gimbal merupakan semacam bakwan goreng dengan isian udang. Gimbal umumnya digoreng garing dengan adanya perpaduan rasa yang tepat antara manis, gurih dan pedas. Sama halnya seperti tahu lontong, gimbal disajikan dengan dipotong kecil-kecil terlebih dahulu menggunakan gunting khusus. Di Kota Semarang cukup banyak penjual kuliner Indonesia yang satu ini, misalnya seperti di sepanjang Jalan Pahlawan setiap malam hari, di sekitar area Taman KB hingga Masjid Baiturrahman Semarang,

Bagi anda yang berminat untuk berkreasi dengan menu masakan Indonesia dari Semarang ini, sudah cukup banyak pihak yang merilis kreasi menu tahu gimbal melalui media internet seperti blog atau website yang dapat anda praktikkan sendiri di rumah. Untuk memberikan cita rasa kuliner yang khas Indonesia, kecap Bango siap membantu anda menyajikan tahu gimbal ala dapur rumah tangga dengan cita rasa istimewa dari nusantara.

2 komentar: