Persona Intikalia

8 Jul 2015

Aisyah Ikutan Puasa

Gak kerasa yah bentar lagi udah mau lebaran. Rasanya cepet banget ramadhan ini berlalu. Bulan ramadhan kali ini saya memang agak memaksa diri saya supaya puasa. Mengingat saya sehabis ini akan melahirkan dan menyusui. Saya gak mau punya banyak hutang puasa untuk bulan puasa depan. Lagi pula lebih mudah puasa ketika bulan ramadhan ketimbang harus qodho sendirian. Berhubung kami sekeluarga puasa, Aisya pun ikutan gak selera makan. Meski ditawarin makanan dia biasanya gak mau. Kecuali memang sudah sangat lapar baru mau makan.

Hasilnya dia jadi agak kurus. Untung saja masih mau minum susu. Aisyah baru mau makan ketika orang-orang berbuka puasa. Dia ikutan sibuk minta makan. Biasanya Aisyah makan bersama saya dan suami dalam satu piring besar saat buka puasa. Sepertinya Aisyah memang suka sekali makan bersama. Mungkin dia merasa gak seru kalau makan sendirian. Tapi kasiannya dia jadi gak mau makan. Efeknya kadang dia agak rewel, apalagi kalau sedang lapar tapi gak mau makan. Makanannya pun sering diacak-acak. Kadang kalau sedang makan sendiri Aisyah sering menawarkan makanannya ke abinya. Tapi ya karena puasa jadi ditolak. Nah kalau udah ditolak gitu Aisyah kadang ngambek.

Sejak bulan puasa Aisyah memang sulit makan. Padahal biasanya Aisyah makan banyak, tiap kali ada orang makan pasti minta makan juga. Jadi gak heran deh kalau dia bisa gemuk. Saya juga bingung bagaimana mensiasati Aisyah supaya mau makan. Soalnya makanan apa pun sering dia tolak, kecuali saat dia kelaparan. Tapi kan kasian kalau harus nunggu dia kelaparan baru makan. Saya khawatir nanti pencernaannya terganggu.

Kadang saya jadi memberi jatah susu lebih dari biasanya. Karena kalau udah susah makan gini Aisyah minum susunya lebih banyak. Biasanya hanya tiga kotak bisa jadi empat atau lima yang setara dengan satu liter susu. Padahal gak boleh terlalu banyak minum susu. Batas normal untuk anak seumur Aisyah adalah enam ratus mililiter.

Stok Susu Aisyah
Saya jadi kadang dilema, mau berenti puasa untuk nemenin Aisyah makan atau tetap puasa. Meski ujung-ujungnya saya tetap berpuasa dan sejauh ini baru bolong dua hari. Kadang kasian lihat Aisyah yang gak mau makan. Padahal dia biasa banyak makan, mulutnya gak berenti mengunyah makanan. Tapi sekarang, dibeliin cemilan pun sering kebuang. Saya berharap segera selesai bulan puasa ini meski sebenernya sangat disayangkan bulan puasa berlalu karena banyak keberkahan. Tapi gak tahan juga lihat Aisyah yang gak mau makan. Agak stres mikirin Aisyah yang susah makan. Semoga saja lebaran nanti Aisyah sudah mau makan banyak.

6 komentar:

  1. ntar waktu lebarankan semuanya sudah makan, jadi Aisyah ikutan deh

    BalasHapus
  2. aku juga pernah mengalami susah makan waktu anak pertama, bikin stress, sedih kasihan ya melihat anak gak mau makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak
      yang stres dulu ga istri saya aja, kalo di Surabaya ibu saya ikutan stres kalo Aisyah ga doyan makan

      Hapus
  3. Sama, om...
    Si Citra juga susah makan. Puasa ga puasa tetap aja jarang makan. Modal minum susu doang padahal kesehariannya pecicilan mulu ga mau diem..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekeke, sama dong
      anak saya juga petakilan kerjaannya, padahal kalo puasa gini dia maunya cuma minum susu doang
      mungkin energi yang didapetin dari susu gede

      Hapus