Persona Intikalia

20 Okt 2015

Siapa yang Mau Hidup Susah?

Beberapa waktu lalu sempat beredar di Facebook meme dari seorang wanita yang gak mau diajak susah oleh pacarnya. Mungkin ada yang pernah baca yah? Saya gak dapet gambarnya soalnya udah agak lama. Kalau saya amati sih si cowok mungkin salah ucap yah. Masalahnya siapa juga yang mau hidup susah. Masa ngajakin anak orang hidup susah?

Ketika ada yang bilang mau ngajakin hidup susah tentu aja kesannya adalah negatif. Berarti bakalan hidup susah terus dong? Sebaiknya sih menggunakan kata-kata yang bernada positif. Contohnya dulu, suami pernah bilang ingin membangun rumah tangga bersama saya dari nol. Kesannya lebih positif dong kalau kayak gini? Ketika kata-katanya seperti di atas maka yang ada kesannya romantis, haha. Beda dengan bilang mau ngajak hidup susah. Berasa kayak mau ikutan uji nyali aja kalau gitu.

Meski nanti ujung-ujungnya setelah menikah memang ada fase susahnya. Tapi kan gak harus dong bilang ngajak hidup susah.

Dulu, sehari sebelum saya dilamar suami mendadak ada jamaah mesjid yang nawarin adik laki-lakinya untuk taaruf dengan saya. Katanya udah mapan dan agamanya juga bagus. Kenapa gak dari dulu aja sih nawarinnya, haha. Gak ding bercanda, hehe. Kalau pun dulu ditawarin kemungkinan saya nolak. Ibu saya bukan tipikal matre. Justru ketika anaknya bakal dilamar dengan laki-laki mapan malah agak takut. Ibu saya lebih suka saya sengasara. Eh, gak gitu juga sih, haha. Ibu saya lebih suka saya menikah dengan laki-laki biasa aja yang nantinya sama-sama membangun rumah tangga dari nol.

Toh, setelah menikah saya juga merasa bahagia dengan suami saya. Meski kami memulai semuanya dari awal. Justru kami memiliki banyak kenangan manis yang mungkin gak dimiliki istri kedua kelak #eh.

Ketika memulai semuanya dari nol, maka kita lebih menghargai pasangan kita. Bukan artinya kalau udah sama-sama mapan terus saling gak menghargai yah. Perjuangan itu kan gak harus dari sisi materi. Contohnya meski sudah sama-sama mapan tapi gak punya anak bertahun-tahun. Nah itu kan juga ujian. Kalau memang gak setia dengan pasangan bisa aja kan malah jadi cerai atau selingkuh.

Hidup di dunia memang susah. Tapi jangan mau diajak hidup susah. Kalau dipikir susah maka semua hal bakalan susah. Hiduplah dengan menghargai hal sekecil apa pun yang ada. Jangan mikirin susahnya terus nanti gak kebagian senengnya.

4 komentar:

  1. hahah, setuju...
    ngomong mulai nol berasa beli bensin hihih
    emang enak gitu deh, mulai semua bersama, makan sepiring berdua, romantis dan hemat.

    nanti kalo sukes, kan bisa jd kenangan klo pernah hidup susah

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, nikah itu emang kayak beli bensi mulai dari nol #maksa :D

      Hapus
  2. Mungkin maksudnya tuh, maaf ya, agar masing-masing ga hanya mau terima enaknya aja. Gitu. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku tahu kok maksudnya. Cuma gak suka aja dengan cara menyampaikannya yang terkesan pesimis.

      Hapus