Persona Intikalia

23 Des 2015

Ganti yang Lebih Baik

Mungkin beberapa orang akan ketakutan rejekinya hilang ketika mau meninggalkan larangan Alloh. Yah, saya pun kadang masih terpercik perasaan seperti itu. Namun, perasaan itu harus dilawan. Setan emang menakut-nakuti manusia dengan kemiskinan.

Dulu, kejadiannya belum setahun sih. Sekitar April 2015 lalu, saya mendapatkan email tawaran dari sebuah situs yang fokus dalam asuransi. Bayarannya gede, jika yang lainnya biasanya job review hanya nawarin 100 ribu, si situs ini berani nawarin sampe 200 ribu. Padahal, jika saya tawar lebih tinggi lagi mungkin bisa dapet 300 ribu. Harga yang besar untuk sebuah tulisan yang bisa diselesaikan dalam waktu 15 menit.

Namun, saya selalu ingat bahwa asuransi itu terdapat banyak hal abu-abu di dalamnya. Mendukungnya dalam bentuk apapun, berarti saya ikut serta. Padahal waktu itu posisi keuangan saya lagi mengenaskan. Bayangkan, pasti tergoda kan ngambil paid review dari situs asuransi itu. Namun, saya tetap keukeuh untuk tidak menerimanya. Saya yakin pasti ada balasan yang lebih besar ketika saya menolak tawaran tersebut.

Dan memang Alloh pun menjawab hal itu sebulan berikutnya dengan tawaran yang jauh lebih besar. Alloh menggantinya dengan job review yang selalu ada tiap bulan dengan nomimal di atas 4 juta tiap bulannya. Bayangkan, dengan menolak 200 ribu hanya sekali saja tidak tiap bulan ada, saya mendapatkan 4 juta lebih per bulan dengan jalan yang halal. Alhamdulillah 'ala kulli hal.

Dan hal itu terus berulang, ketika saya menolak sesuatu yang haram, pasti ada ganti yang halal dan nominalnya lebih besar. Beberapa minggu yang lalu ada lagi yang nawarin review situs asuransi dengan harga 225 ribu untuk beberapa blog saya. Namun, saya tolak. Besoknya, tiba-tiba ada orang yang nawarin review situs rumah dengan bayaran 350 ribu. Muke gile bukan?

Inti dari apa yang aku alami ini adalah jangan takut rejekimu hilang karena kamu mentaati Alloh. Rejeki sudah diatur, dan janji Alloh akan terus terjadi. Jika kamu meninggalkan hal yang haram karena Alloh, maka Alloh akan menggantinya dengan hal yang lebih baik dan tentunya halal. Semoga curhat saya ini bisa menginspirasi.

6 komentar: