Persona Intikalia

5 Jan 2016

Randol Es Cendol Modern

Es cendol atau yang biasanya orang jawa bilang es dawet memang minuman yang cukup bikin saya kangen. Dulu sewaktu masih tinggal di Banjarnegara, menemukan es dawet sangat lah mudah. Gak heran karena di kota itu es dawet memang menjadi minuman khas sana. Sedangkan kalau di Bandung lebih sering menyebutnya dengan cendol.

Berhubung sebelum pindah ke Banjarnergara saya tinggal di Purwakarta yang deket Bandung. Saya lebih familiar dengan es cendol. Pernah suatu saat di Banjarnergara saya ingin memanggil tukang es dawet yang lewat dekat rumah. Eh udah teriak keras-keras tapi salah nyebut! Saya udah teriak, "Cendooooool!!" Tahu gak sih orang yang jualan diem aja. Gak bergeming sedikit pun. Saya pun langsung ngakak sendiri karena di Banjarnegara gak ada yang ngerti kalau cendol dan es dawet itu saudaraan. Jadi meski saya teriak cendol sampai muntah pun penjual es dawetnya gak bakalan ngerti. Dia kan gak jualan cendol tapi dawet, hahaha.

Setelah saya pindah ke Surabaya, es cendol merupakan sesuatu yang cukup langka. Susah banget nemuin tukang es cendol. Eh tapi suatu saat saya menemukan es cendol di food court ITC. Meski harganya terbilang cukup mahal ketimbang es cendol biasa. Gak heran sih, es cendol ini sudah dikemas dengan kemasan yang cukup bagus. Dan gak hanya itu sudah ada brandnya. Jadi makin mahal aja.

Randol, Es Cendol Topping Toblerone
Randol, Es Cendol Topping Toblerone
Es cendol yang saya temui ini namanya Randol, rajanya cendol, katanya. Randol ini memang spesialis es cendol modern. Salah satu yang paling unik adalah si Randol ini gak menggunakan santan seperti kebanyakan es cendol. Randol menggunakan susu UHT sebagai pengganti santan. Pantes aja harganya mahal booo!

Saya pikir rasanya bakalan aneh. Tapi gak terlalu kerasa kok bau susunya. Soalnya sudah tercampur dengan wangi gula arennya. Rasanya menurut saya juga gak kalah nikmat dari es cendol yang menggunakan santan. Malah saya dan suami sempat guyon, jangan-jangan itu santannnya dimasukin kotak susu itu biar dikira susu, haha. Tapi gak kok, ini beneran bukan santan. Soalnya gak kerasa gurihnya santan kelapa. Ini beneran susu. Merk susu yang dipakai adalah Diamon. Setahu saya susu ini memang jauh lebih murah dari susu Ultra langganan si kecil.

Gak hanya mengganti santan dengan susu, Randol juga menyediakan macam-macan topping. Pertama kali, kami mencoba es cendol dengan topping Toblerone. Tapi saya harus kecewa karena topping Toblerone gak terlalu kerasa. Udah gitu orangnya kayaknya gugup jadi cuma kerasa seperti es cendol yang rasa original.

Es Cendol Rasa Stroberi
Es Cendol Rasa Stroberi
Kedua kalinya kami memesan es cendol rasa stroberi. Eh ternyata susu yang digunakan juga susu stroberi. Lalu ditambahkan sesuatu yang saya juga gak tahu apa. Kayaknya sih yogurt rasa stroberi juga. Kalau yang rasa stroberi ini baru deh kerasa beda karena ada sensasi rasa stroberi bercampung dengan cendolnya. Tapi bagi saya rasanya agak kemanisan. Mungkin karena susunya sudah manis lalu ditambah lagi dengan gula arennya jadi tambah manis.

Seenggaknya es cendol Randol ini mengobati keinginan saya untuk minum es cendol. Meski gak seperti rasa aslinya.

2 komentar:

  1. PUrwakartanya dimananya? hehehe aku tau wilayah situ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu aku tinggal di Jln. Veteran. Mba Lidya asli purwakarta?

      Hapus