Persona Intikalia

22 Sep 2022

Membuka Kedai Kopi Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan? Simak di Sini!

Mendengar kata kedai kopi tentu bukan hal asing lagi, kedai kopi dapat kita temukan dengan mudah diperkotaan maupun di pedesaan. Lantas apa yang dimaksud kedai kopi?

Apa Itu Kedai Kopi?

Kedai kopi merupakan tempat dimana para pengunjung menikmati minuman beragam jenis kopi pilihan. Biasanya banyak macam dari kopi yang disuguhkan pihak pemilik kedai, mulai dari kopi renceng sampai kopi espresso tergantung dari seberapa besar kedai kopi tersebut. 

Walaupun dinamai kedai kopi tak jarang atau mungkin pada umumnya bukan hanya menjajakan kopi saja tetapi disertai cemilan lainnya mulai dari goreng pisang sampai snack kemasan. Kita bisa menjumpai kedai kopi dimana saja dari yang tradisional sampai yang moderen. Kedai kopi tradisional lebih mudah ditemukan dipedesaan sedangkan kedai kopi moderen bisa kita temukan di kota besar seperti Jakarta.

Kedai kopi moderen

Kedai kopi moderen biasanya di desain lebih menarik dengan gaya santai dan menu yang lengkap. Bukan hanya merek kopi lokal tetapi kopi luar negeri pun disuguhkan seperti contohnya kopi Vietnam. Kedai kopi moderen biasanya disertai dengan mesin kopi canggih seperti halnya pembuatan kopi espresso atau robusta.

Untuk kedai kopi moderen bagi skala yang lebih besar biasanya disertai oleh Barista, seorang penyaji kopi professional yang siap melayani Anda untuk secangkir kopi spesial.

Kedai kopi tradisional

Kedai kopi tradisional bisa kita jumpai di pedesaan maupun kota dengan konsep tradisional. Biasanya bangunan terbuat sederhana dari bamboo. Untuk menu yang disuguhkan pun kopi-kopi dengan harga terjangkau bahkan kopi rencengan. Menu-menu lain yang menyertai kopi di kedai kopi tradisional seperti goreng pisang, goreng ubi, dan lain-lain. Dikedai kopi seperti ini tidak dijumpai mesin kopi espresso.

Persiapan Membuka Kedai Kopi

Bagi Anda yang tertarik membuka kedai kopi hendaknya mempersiapkan beberapa hal berikut ini:

Persiapkan modal yang cukup

Modal membuka kedai kopi moderen tentunya jauh lebih besar dibandingkan dengan membuka kedai kopi tradisional. Perbedaan keduanya terlihat dari fasilitas mesin kopi yang dimiliki, karena harga mesin kopi mencapai jutaan rupiah.

Bagi Anda yang memiliki modal dibawah 20 juta lebih baik membuka kedai kopi tradisional dulu sebelum meng-upgrade ke skala lebih besar.

Pastikan memilih lokasi yang tepat

Dalam bisnis pemilihan lokasi sangatlah penting karena menentukan kemajuan bisnis Anda kedepan. Pilihlah lokasi yang sesuai dengan target pasar kedai kopi Anda, bila Anda membuka kedai kopi moderen tentunya pilihlah daerah yang daya belinya tinggi dengan tingkat ekonomi lebih baik.

Peralatan Kopi Yang Harus Dimiliki

Membuka kedai kopi tentunya harus memiliki peralatan kopi yang memadai baik itu mesin kopi maupun peralatan lainnya. Pastikan Anda membeli peralatan kopi ter update artinya peralatan tersebut menarik misal karena unik atau canggih. Pada kedai kopi tradisional misal Anda memiliki mesin kopi espresso yang canggih akan membuat orang semakin betah tentunya karena membuat rasa kopi lebih nikmat. 

Bagi kalian yang ingin membeli peralatan kopi bisa mengunjungi Nutraco Mesindotama sebagai salah satu distributor peralatan kopi terlengkap di Jakarta.

Jenis Kopi Yang Cocok Untuk Dijual

Jenis kopi yang dijual disesuaikan dengan kedai kopi Anda, untuk kedai kopi moderen tentunya harus menjual kopi kekinian seperti kopi espresso, amerikano, robusta dan lain sebagainya. Semakin menarik atau banyak jenis kopi yang dijual maka semakin senang pengunjung balik lagi dan betah ngopi di kedai kopi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar