Persona Intikalia

7 Jul 2011

Liburan Sukides

Pasti pada bingung dengan judul di atas. Ya, liburan kali ini aku beri nama dengan Liburan Sukides, mengapa? Karena memang ada kejadian yang unik di liburanku yang ini. Liburan yang diselenggarakan oleh angkatan e49 di Batu pada tanggal 5-6 Juli 2011 tepatnya. Apa yang membuat istimewa dan mengapa dinamai dengan Liburan Sukides? Begini ceritanya.

Kami berangkat tepat pukul 9 pagi dari Elektro. Naik apa? Yang jelas naik sepeda motor, untuk yang laki dan naik mobil untuk yang cewek. Mengapa dibedakan begitu? Karena memang di Elektro tidak mengenal emansipasi wanita. Kalo kita benar-benar menerapkan emansipasi wanita, pasti yang cewek juga naik sepeda motor, haha. Cewek kan harus dibedakan dari laki. Masa tega liat cewek sepeda motoran dari Surabaya - Batu yang notabene menghabiskan waktu 4 jam plus macetnya di Porong.

Jam sudah menunjukkan jam 1 siang, kami berhenti dulu di Coban Rondo. Apa itu Coban Rondo, ya intinya tempat wisata air terjun gitu. Memang menurut draft acara, kami mampir dulu di Coban Rondo lalu ke Villa jam 4 sore. 3 jam ngapain aja di Coban Rondo. Banyaklah. Sholat, foto-foto, makan siang dan melakukan hal gila lainnya. Mana fotonya? Maaf, masih di kamera temenku, heheh. Dan satu hal yang aku dapetin di sana adalah ada dua cewek yang foto-foto tapi aneh. Biasanya kan yang difoto yang banyak gaya, nah ini anehnya yang ngefoto malah banyak gaya dan hingga ada pemandangan yang sedikit diobral tepat di mata saya. Apa itu? Rahasia.

Sesudah di Coban Rondo, kami menuju Villa di Batu. Dingin ga? Dingin banget lah. Aku bercermin, ternyata kulit wajahku ga cocok dengan hawa dingin di sana, mukaku langsung memerah berbintik. Kayaknya belum beradaptasi dengan baik aku di sana. Sesampainya di sana, teman-teman banyak yang renang di kolam renang yang tersedia di Villa itu. Aku renang? Kali ini aku ga renang, karena memang ada bagian tubuhku yang masih dalam penyembuhan. Padahal, kalo misalnya ga ada luka nih, aku paling suka renang. Terbukti ketika liburan saat kelas 12 SMA, aku renang dari sore hingga maghrib menjelang isya', haha.

Yang namanya liburan tentu bukanlah pindah tempat tidur doang. Tercatat saat liburan kali ini aku hanya tidur selama 2 jam saja. Nah, ngapain aja? Haha, isinya benar-benar senang-senang melulu. Ada permainan yang selama ini sudah tidak aku mainkan lagi dan ternyata ada di sana. Apa itu? Karambol, permainan ini lebih akrab disebut. Semacam permainan biliard tapi bukan bola. Yang dipake adalah koin  dan lubangnya hanya empat. Permainan inilah yang membuat aku hanya tidur cuma 2 jam.

Setelah sholat isya' dan makan malam, ada api unggun dan sharing-sharing dari teman angkatan e49. Ya tahu sendiri kan, manusia banyak salahnya. Di api unggun kali ini isinya full sesi curhat apa aja yang terjadi selama 2 tahun kami berteman. Tawa dan tangis menyelimuti api unggun malam itu. Aku sih, cuma menikmati, ga ikut nagis, tapi ikut bagian yang ketawa ketiwi. Selain itu juga ada sesi bakar  ketela yang ditaruh di bara api unggun tadi. Rasa ketelanya lebih enak daripada kalo dimasak biasa.

Setelah sesi api unggun selesai, dilanjutkan dengan sesi bebas. Yang suka nyanyi dan main gitar nyayi sendiri. Kalo aku sih, lebih tertarik dengan Karambol ini. Aku nunggu giliran main, cz banyak yang antri dan tertarik dengan mainan ini. Aku adalah terhitung makhluk yang jago main Karambol. Awalnya teman-temanku ga tahu, nah sampai pada giliranku main, teman-temanku pada kaget dengan kemampuanku. Maklum lah, dulu sehabis sholat Tarawih, aku sering main Karambol dengan adik-adikku. Nah di sinilah mulai menggema kata Sukides.

Sukides itu berasal dari bahasa Jepang yang artinya suka, cinta. Secara Hiragana ditulis ใ™ใใงใ™ (su ki de su). Lantas apa hubungannya dengan Karambol. Nah saat main Karambol, aku kan pake sedikit taktik agar si lawan ga bisa cepat masukin koinnya. Sebenarnya ada banyak aturan main Karambol. Aturan kali ini, setiap pemain mempunyai enam koin yang harus dimasukkan. Ketika keenam koin itu masuk, misi selanjutnya ialah memasukkan koin King. Jadi untuk memperlambat pemain lain, koin lawan aku giring di areanya semua, jadi dia kesulitan untuk memasukkannya. Berkali-kali aku bilang Sukides ketika aku berhasil melancarkan taktikku. Temanku yang notabene ga suka lihat drama dan anime Jepang kan ga tahu apa itu Sukides. Dia tanya ke aku, dan apa jawabanku? Aku merahasiakannya. Dari sanalah ada salah satu temanku yang dijuluki "kompor" mengganti setiap kata yang ia ucapkan menjadi "Sukides". Haha, akhirnya hingga kepulangan dari Villa pun setiap kata diganti dengan Sukides.

Contoh mudahnya, misalkan dia bilang "Kamu minus sukides", maksudnya kamu minus satu. "Sukides" yang diucapkan dengan nada mengejek, bisa berarti kata ejekan. Bahkan Sukides bisa diartikan dengan mengumpat. Hingga pagi hari, banyak temanku yang ga ikutan Karambol pada bingung dengan Sukides. Banyangin aja setiap kata di-Sukides-kan. "Sukides sini sukides sana, nanti bisa sukides" maksudnya, dipentalkan ke sini dipentalkan ke sana, nanti bisa masuk, hal ini digunakan pada permainan Karambol malam itu. Pokoknya Sukides-lah :D

29 komentar:

  1. jagone karambol gak disebutne pek, asyeemmmmmmmm

    BalasHapus
  2. ahahaha ... awalnya dikira sukidesu ini soalnya liburannya benar2 menyenangkan sampe suki begitu :D eh akhirnya sukidesu ya jadi plesetan.
    marsmallow-nya diganti ama ketela ya seruu :D

    BalasHapus
  3. kalo aku masih amatiran kalo maen karambol.. heheh.. tapi gak pa2, kalo dikumpulin sama2 amatirnya, aku masih bisa menang kok, wekekek.. :P

    BalasHapus
  4. wah coban rondo penjual minuman dingin ndak pake kulkas, tinggal direndem dialiran air, beres hh.

    Wah kebayakan tingkah sijuru poto ceweknya, sampean dapat moment yang pas keknya. Yang ndak nunggu moment itu terjadi kan ? (jawabannya rahasia. Liburan yang sukides tenan kalo rame-rame gini

    BalasHapus
  5. karambol?
    aku gak tau cara main'a :D #katro

    hihii, ada2 aja ya :))

    BalasHapus
  6. @faisal: haha, frekuensi kemenangan kita sama :D

    @Fiction's World: begitulah :D

    @Adryan Nurdien: masa sih, ayo main sama aku :)

    @Djangan Pakies: itu dapet gratisan kang
    tanpa harus nunggu momen itu ... heheh :P

    @Nyla Baker: yup, ouw kasihan banget ga tahu cara mainnya :P

    BalasHapus
  7. he, "amatir" jek.. beda lagi kalau sama yang udah ahli.. ckckck.. >.<

    ayo, beli papan karambol 4 ws, wkwkwk....

    BalasHapus
  8. sekides john, sukides ku jek luweh akeh :-p

    BalasHapus
  9. @Adryan Nurdien: haha ... mengko WS e tambah sukides laan

    @faisal: yakin ta koen lek sukides teko aku?

    BalasHapus
  10. hakakakakak... ane sekali maen aja udah kalah telak... :p

    BalasHapus
  11. engkok raja api ozay yo melu sukides... wkwkwk.. (mustahil sawangane, hahhahah)...

    BalasHapus
  12. huwahahaha... saya tau, maksudnya Suki Desu... tapi dibaca sukides.. artinya bisa senang juga..

    oishi nee??.. *lah itu kan enak?..

    BalasHapus
  13. udah lama ga main karambol, sudah lupa aturannya :D

    *video chat sama aku? aku ga punya webcam john :p

    BalasHapus
  14. wakakakkakkakkkk.. ternyata oh.. ternyata..

    tp asyiklah yah liburan berjamaah..
    sya jadi berpikir, kapan waktu yg tepat buat kabur dari kantor yah?
    #ups.. :p

    BalasHapus
  15. @Renaldy: haha, pertama kali maen itu namanya amateur, sudah sepantasnya kalah :P

    @Adryan Nurdien: jelas ga oleh lah din
    mengko arek2 tambah hola-holo tingkat tinggi :P

    @Gaphe: kalo oishi mah untuk "enak, lezat"

    @r10: wah sayang sekali :P

    @Accilong: hahaha ... ga boleh bolos neng :D

    BalasHapus
  16. apa? ketela bakar? moga aja saya ga salah baca. favorit saya banget...


    >>kayanya kamu cocok terjun di dunia advertising john. sangat Ideal malah! mulai dari logo, jago gambar, istilah-istilah yang mewabah (intiklai-sukides, dll), puisi, trus ga gaptek. Man, it's your thing!

    BalasHapus
  17. Oalah arti sukedes itu suka ya..brarti artinya suki di film avatar itu org yg d'cintai *mekso* wkwkwk..Oalah arti sukedes itu suka ya..brarti artinya suki di film avatar itu org yg d'cintai *mekso* wkwkwk..

    BalasHapus
  18. E-49 tuh apa s mas? Ah seru banget acaranya. Gak ngajak ngajak ih mas john

    BalasHapus
  19. gw malah ga jago bung maen karambol. :(

    BalasHapus
  20. kerambol permainan pake adonan tepung. LOL

    BalasHapus
  21. Walah hahaa.... kira2 temenmu itu baca postingan ini gak ya??? semoga baca jadi dia tau apa artinya wkwkwkk..... :)

    Aku juga udah lama nih gak main Karambol padahal dirumah punya wkwkw...

    BalasHapus
  22. cuman tidur 2 jam? seng tepar nang kamar tengah pas teko iku terus sopo??

    BalasHapus
  23. oh begitu tow, saya kira apa john :)

    BalasHapus
  24. @Huda Tula: iya memang ketela bakar
    btw, emang sejak dulu aku ingin terjun ke dunia advertising
    cuman aja belum ada jalan yang terbuka untuk ke sana

    @Sofyan: haha, bisa juga tuh

    @Inggit Inggit Semut: itu nama angkatan di Jurusan Teknik Elektro ITS
    haha, itu khusus untuk liburan angkatan, jadi orang lain ga bisa ikutan :P

    @NuellubiS: wow, begitu yah
    memang kalo sekali main ga bisa langsung jago

    @Rahman Raden: haha, bener banget

    @Ferdinand: ada yang baca om, ada juga yang komen di sini

    @andika_no_duel: itu mah gara2 sirahku ngelu pas pertama teko
    gara2 sik adaptasi karo hawa adem, setelah itu aku ga turu sampe jam 4 isuk jeh

    @id-yansoft: hahah :D
    emang kamu kira apa?

    BalasHapus
  25. main karambol emang asik jon. dulu pernah sepupuku punya karambol urunan sama temennya, tak ajak main terus sampe dia bosen dan telunjuk ku njarem, hahahh :p

    BalasHapus
  26. hahah ... aku malah satu bulan puasa kalo abis tarawih main sampe larut

    BalasHapus
  27. kirain apaan sukides... hehehe, oh ya foto 2 cewek yg rahasia itu emang lg ngapain John?? heheheh

    BalasHapus
  28. @tiwi: ya lagi foto2 di Coban Rondo
    cuma bajunya itu loh yang bikin sukides :D

    @YeN: haha ... yo lawas :)

    BalasHapus