Persona Intikalia

2 Des 2011

Iseng-iseng Belajar Bahasa Thailand

Kemarin malam itu, tiba-tiba dalam otakku pengen banget belajar Bahasa Thailand. Tiba-tiba buka Chrome lalu ketik youtube.com. Nah kemudian aku ketik keyword "Learn Thai" dan enter. Di sana keluar banyak tutorial bahasa Thailand. Alasan kenapa aku pengen banget belajar bahasa ini karena cukup banyaknya aku melihat film Thailand. Superhab dan Suckseed adalah salah satu contohnya. Tentunya yang membuat tertarik adalah Thailand ternyata menyimpan banyak cewek cantik, yang sebelumnya aku tidak mengiranya.

Mulai belajar, Hello. Dalam bahasa Thailand, Sàwàtdii Khráp (yang mengucapkan laki-laki). Kalo perempuan, Khráp diganti dengan Khâ. Banyak lagi yang aku dapatkan dalam tutorial di YouTube tersebut. Tak puas dengan itu akhirnya aku membuka Wikipedia untuk mencari referensi gimana susunan bahasa dan tulisannya. Dari Wikipedia, aku mendapatkan bahwa bahasa Thailand disebut oleh orang Thailand dengan Phasa Thai. Phasa, yang hampir sama dengan Bahasa. Dan anehnya lagi adalah ternyata bahasa Thailand tak memiliki tenses. Sepertinya aku simpulkan bahasa di Asia Tenggara ini banyak yang tidak menggunakan tenses seperti halnya Bahasa Indonesia.

Huruf yang digunakan oleh Thailand pun menyerupai Hanacaraka (Carakan) yang digunakan di tanah Jawa. Tak hanya itu ternyata cara dan struktur penulisannya pun hampir sama dengan Hanacaraka. Nah itulah yang membuat aku lebih mudah mempelajari dan mengidentifikasi bahasa Thailand ini. Hal yang sulit dalam bahasa Thailand bagiku adalah pengucapan vokalnya yang kebanyakan berupa diftong dan bisa lebih sulit dari diftong. Sebenarnya sih ada pengucapan konsonan yang agak sulit namun aku sudah terbiasa. Yaitu, pengucapan "ph" dan "kh". "Ph" dibaca seperti huruf p tapi agak menyembur. Kalo "kh" dibaca samar-samar k dan h, namun terdengar agak seperti orang mendengkur, layaknya pengucapan "خ" (kha') dalam bahasa Arab.

Segitu dulu lah curhat saya untuk hari ini. Arun Sàwàt (Selamat Pagi).

24 komentar:

  1. lanjutkan belajarnya ^^
    lumayan bisa kenalan sama cewek thailand yag cantik" :-D

    BalasHapus
  2. saya juga suka belajar bahasa Thai sejak SMP

    :)

    BalasHapus
  3. Pernah aktif di situs pertemanan kebetulan banyak orang thailandnya, sayangnya situs tersebut sudah tutup. Tapi, untungnya di facebook kita masih saling say hello.

    BalasHapus
  4. @jiah al jafara: haha ... ga hanya untuk itulah aku belajar Phasa Thai :D

    @honeylizious: wow ... keren

    @Ummiega: wah senangnya, apa juga di situs tersebut pake Phasa Thai?

    BalasHapus
  5. intikali bersiap mau ekspansi ke thailand :)

    BalasHapus
  6. belajar beragam bahas itu menyenangkan,,
    jangan berhenti belajar bahasa thailandnya,,semangat

    BalasHapus
  7. Ah... aku sih udah nyerah deh untuk belajar bahasa Thailand, klo huruf2nya sih yg mungkin bisa disamain sama kanji *hayah itu sih aku masih bisa ngikutin cuma klo udah pengucapannya, busettt susah banget haha... ngucapnya hampir sama semua sih haha... tapi aku setuju sama kamu, cewe-cewe Thailan emank banyak yang cakep kok, apalahi yg main Dear Galileo haha... Lucu :D

    BalasHapus
  8. @r10: hahah ... ya gitu juga lah yo :D

    @obat ... : makasih :)

    @Ferdinand: haha ... bisa bikin lidah melintir yah om :D
    wah saya belum nonton Dear Galileo nih

    BalasHapus
  9. Wohooo.. sepertinya kendala dari belajar bahasa Thai itu pas mau baca tulisan yah? hehehe

    BalasHapus
  10. mending belajar bahasa Perancis dah dari pada thai soalnya belum pernah denger sekali pun bahasa thai asli,hehehe

    BalasHapus
  11. sebenarnya semua bahasa ingin aku pelajari :)

    BalasHapus
  12. latihan r10 ga sengaja tampil, itu cuma ngetes aja kok, kalau blog baru, langsung kedetek di dashboar google webmaster ga

    *intikali juga punya theme song

    http://intikali.50webs.com/scorpion.mid

    **minta screenshot opera di mac dong, buat bahan posting nih

    BalasHapus
  13. oualah
    scorpion mah emang aku suka dari dulu
    okelah nanti aku kasih screenshotnya Opera :D

    BalasHapus
  14. di Thailan masih banyak yang memake bahasa melayu terutama thailan selatan. :)

    BalasHapus
  15. iya karena di sana banyak yang Islam :)

    BalasHapus
  16. kelemahanku ada pada urusan dipthong >.<

    BalasHapus
  17. ga hanya kamu, hampir semua kesulitan dengan diftong :D

    BalasHapus
  18. selain perempuan-perempuannya yang cantik,khatuy nya thailand juga cantik-cantik,,kaya nong phoy,dan banyak kontes-kontes aneh di thailand

    BalasHapus
  19. oh tidak, saya tidak suka yang itu :D

    BalasHapus
  20. ati-ati lho mas....
    di thailand banyak bencongnya....
    :P

    BalasHapus
  21. aaaa....
    lagi blajar phasa thay juga.. ><

    tapi aku nyari di wikipedia gak nemu gimana struktur penulisannya.. :(
    bisa bantu jelasin?
    hhe..
    makasih

    BalasHapus
  22. rumit bro kalo dijelasin di sini :P

    BalasHapus