Persona Intikalia

18 Jan 2012

Misteri Nama Iskandar Dzulkarnain

Banyak yang bertanya kepadaku kenapa sih namaku Iskandar Dzulkarnain kug ga Iskandar Zulkarnain? Toh juga huruf D di depan Z juga ga bisa diucapkan (khususnya untuk lidah Indonesia). Ya itulah misteri yang akan saya bahas di entri kali ini. Mungkin dari kalian ada yang ga tahu siapa sih Iskandar Dzulkarnain yang sebenarnya menurut sejarah. Iskandar Dzulkarnain sering disebut-sebut sebagai Alexander The Great. Menurut sejarah SMA, Iskandar Dzulkarnain mempunyai kerajaaan, namanya Macedonia. Kerajaan Macedonia ini mempunyai akulturasi antara helenisme (yunani) dan persia. Ya, tapi sejarah mah ga bisa dipercaya 100% juga ga bisa didustakan 100%.

Berbeda dengan yang diriwayatkan di Al-Qur'an, Iskandar Dzulkarnain (disebut hanya Dzulqornain, yang memiliki dua tanduk, secara bahasa) adalah seorang raja yang memiliki kekuasaan di bagian Barat dan Timur bumi. Dia juga yang membuat penghalang antara dua lembah yang terbuat dari besi yang dilapisi timah. Entah, itu masih merupakan misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. Bumi memang belum sepenuhnya dijangkau oleh manusia. Ada bagian-bagian yang memang masih rahasia hingga saatnya nanti tiba.

Kembali ke misteri nama Iskandar Dzulkarnain yang kenapa ada huruf D sebelum huruf Z. Sebenarnya entri ini terinspirasi dari pertanyaan Faizani Ibrahim di blog ini dan di chat Facebook. Tadi aku jawabnya ke dia biar jumlahnya bisa 19 aja. Tapi itu bukan alasan yang bisa diterima. Trus aku beralasan lagi kalo biar banyak orang yang tanya mengapa ada huruf D di depan Z. Tapi ini juga alasan yang dibuat-buat. Sebenarnya ada alasan yang tak terbantahkan. Yaitu biar nama Iskandar Dzulkarnain matching sama nama Lexy Nindia Swastika. Pasti bingung di mana letak matchingnya yah? Berikut aku jelaskan.

Pernah ikut UNAS atau SNMPTN ga? Pernah menghitung berapa kolom yang disediakan oleh penyelenggara untuk kolom nama? Pasti ga pernag memperhatikan hal sekecil itu yah? Yah, karena memang John Terro adalah orang yang tidak normal, jadi hal itu bisa jadi hal yang penting LOL. Sekedar pencerdasan, kolomnya ada 20 digit. Kalo ga percaya bisa dicek sendiri. Nah di sini letak takdirnya.

ISKANDAR DZULKARNAIN = 19 huruf + 1 spasi
LEXY NINDIA SWASTIKA = 18 huruf + 2 spasi

So, pas banget kalo buat ngisi kolom nama di UNAS ataupun SNMPTN. Jadi, hingga saat ini nama kedua orang tersebut selalu berhasil ditulis penuh tanpa ada yang disingkat. Penting ga sih ini? Ya ga terlalu penting sih buat kamu. Takdir tetaplah takdir. Jangan pernah iri dengan apa yang ditakdirkan padaku.

27 komentar:

  1. nama saya matching sama luna maya ga ya? hauhauhauha

    BalasHapus
  2. Faizani Ibrahim jadinya 15+1 spasi, 5 kolomnya mubazir :p
    yah apapun itu saya percaya nama adalah do'a , ahihihihi

    BalasHapus
  3. LEXY NINDIA SWASTIKA tuh siapa?

    BalasHapus
  4. tapi sebenarnya pertanyaan saya bukan knpa harus pake hurup "d" sbelum "z", itu krena ke hilapan saya mengira zulkarnain padahal dzulkarnain. ^^a

    BalasHapus
  5. oualah gitu yah? tapi gapapa, malah bisa jadi bahan postingan :P

    BalasHapus
  6. wkkwkw.... disebelah ane ada yang nama nya sama... wkwkkw... berarti banyak Raja donk dimana2 sekarang... wkwkwkkw

    thanks info ya.. :D

    BalasHapus
  7. ya emang sih banyak banget yang punya nama itu :D

    BalasHapus
  8. perkenalkan,
    YUNAN HELMY AMRULLOH = 18 huruf + 2 spasi !!
    selalu penuh mengisi kolom nama UNAS!! hahaha

    BalasHapus
  9. wow ... ternyata namamu ada AMRULLOH nya ya?

    BalasHapus
  10. tapi masih untung namanya muat di kolom KTP :lol:

    kalau ga muat kasihan banget deh :D

    BalasHapus
  11. Ntar aku juga mau ikutan nambahir huruf D ah, tapi agak ribet jg ya mbaca he..he..He

    BalasHapus
  12. @Ario Antoko: ya iya lah, 20 karakter itu standar sepertinya LOL

    @Suratman Adi: mau nambahin D nya di mana?

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah namaku muat pas di kolom kertas ujian UAN :D :D

    BalasHapus
  14. aku buka google.com di hidemyass dan kemarin logonya disensor

    BalasHapus
  15. hem kaya gitu ya ,,,
    tapi,ngomong-ngomong siapa tuh LEXY NINDIA SWASTIKA ??

    BalasHapus
  16. bukan ... dia manusia biasa kug :)

    BalasHapus