Persona Intikalia

26 Nov 2012

Etika dan Privasi

Setelah membaca entri SuperTrap Trans TV Edisi “Toilet Umum” Langgar Etika, entah mengapa tiba-tiba aku ngerasa was-was banget. Sepertinya tidak ada fasilitas umum yang aman. Mengenaskan sekali. Sungguh ini tidak bisa dibiarkan. Oke lah, sementara ini menimpa orang lain, bukan tidak mungkin jika suatu saat menimpa diriku juga dan keluargaku. Tentulah malu jika privasi (aurat, pent.) kita dilihat oleh banyak orang. Meskipun disensor saat ditayangkan, tentu di kru maupun editor pasti menyimpannya. Dan bukan hal yang tidak mungkin jika file asli tayangan ini kemudian bocor di YouTube dan sejenisnya. Tentu ini sangat melanggar etika dan privasi. Bayangkan jika korbannya adalah Anda, atau istri Anda, atau salah satu dari kelurga Anda, pasti malunya bukan main.

Bukan mau pemprovokasi, namun hal ini memang harus ditindak tegas. Entah kenapa aku ngerasa marah banget dan itu rasanya normal. Bagaimana dengan Anda? Jika Anda merasa malu, pasti akan marah seperti marah yang aku rasakan. Kemarahanku tidak sebatas itu. Tentulah jika ada kemunkaran, ingkari dengan tangan, jika tidak mampu, ingkari dengan ucapan, jika tidak mampu ingkari dengan hati, dan itulah selemah-lemah iman. Setidaknya ini adalah bentuk pengingkaranku terhadap apa yang dilakukan oleh SuperTrap Trans TV.

SMS Pengaduan ke KPI
Untuk yang ga terima juga, silakan melakukan pengaduan serupa ke KPI. Tentunya dengan SMS yang formal dan mencantumkan nama terang. SMS ke KPI via nomor 0812 130 70000. Jika kamu tidak peduli dengan kenyamanan privasimu, abaikan saja ajakan ini. Suatu saat kamu akan merasakan hal yang sama yang dirasakan oleh korban jika hal ini tidak ditindak secepatnya. Itu hanya sebatas waktu, cepat atau lambat jika ini dibiarkan ini akan membludak seperti jamur di musim hujan. Tinggal menunggu kapan kita jadi korbannya. Naas.

18 komentar:

  1. wew, udah lama gak nntn tv acaranya makin kurang ajar yah, errr >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih
      makin was2 aja kalo pake fasilitas umum >_<

      Hapus
  2. Good! This is unacceptable. #sokinggris

    BalasHapus
  3. itu yang kena supertrap kok mau2nya ya video dirinya masuk ke TV begitu. gak ada apa ya cara jail yang lebih etis

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh mbak ga tahu
      mungkin udah kehabisan ide kreatif
      jadi yang ga etis dianggap etis

      Hapus
  4. kalau sampai video asli yang aurat blm kesensor bagaimana?

    PH yg bikin ga mikir sejauh itu sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan bocor pasti gede
      apalagi krunya kan banyak
      pasti melalui fase penggandaan yang banyak hingga sampe di tangan editor
      lalu ditampilin di TV

      Hapus
  5. itu niru-niru supertrap gaya orang barat mas? Di youtube banyak koq yang persis kaya gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya gitu
      tapi tetep aja meresahkan

      Hapus
  6. ish, ish...

    tip kreatipnya (gak) kreatip bgt kalo gitu....

    BalasHapus
  7. kenapa sih suka banget bikin acara ngerjain orang
    memang benar kesialan orang lain adalah hiburan buat yang lainnya
    itu juga salah satu hiburanku di tengah hutan ini
    tapi kan ditujukan untuk orang yang kita kenal baik dan sudah tahu sifat sikap nya
    kalo yang ga suka becanda, mana mau kita ngerjain...

    BalasHapus
    Balasan
    1. entahlah om :D
      namanya aja acara TV
      semua orang diratain karakternya
      dipikir sama2 ga punya malu

      Hapus