Persona Intikalia

25 Jun 2015

Resep Soto Khas Indonesia

Resep soto atau yang di beberapa daerah Indonesia juga disebut dengan nama sroto, tauto, sauto atau coto merupakan salah satu bagian dari keanekaragaman kuliner khas Indonesia. Makanan yang satu ini sebenarnya hampir menyerupai sop yang dibuat dari kaldu, daging ditambah sayuran. Hanya saja daging yang digunakan lebih banyak jika dibandingkan sayuran. Daging yang paling sering untuk digunakan membuat makanan khas ini adalah daging ayam dan sapi, namun ada juga beberapa soto khas dari masing-masing daerah yang menggunakan daging kambing atau babi.

Soto Betawi

Cara membuat soto dari masing-masing daerah juga berbeda, disesuaikan dengan kekhasan derah-daerah tersebut, tentunya dengan komposisi yang juga berbeda. Umumnya soto ini dihidangkan dari susunan lontong, nasi, mi, ketupat atau bihun yang disertai dengan berbagai macam lauk. Misalnya saja seperti ditambahkan dengan perkedel, kerupuk, sambal, emping dan sambal kacang. Beberapa diantaranya bahkan menambahkan juga telur puyuh, jeruk limau, sate kerang dan koya.

Sejumlah daerah di Indonesia memiliki resep soto dengan cita rasa yang sangat khas dari wilayahnya masing-masing. Misalnya seperti soto Kediri, soto Madura, soto Lamongan, soto Semarang, soto Jepara, soto Betawi, soto Kudus, soto Bandung, soto Padang, soto Medan, soto Banjar, sroto Sokaraja dan coto Makasar. Sejumlah soto juga diberi nama sesuai dengan kandungannya seperti soto babat, soto ayam, soto sapi dan soto kambing.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar