Persona Intikalia

1 Sep 2016

6 Alternatif Usaha yang Mudah dan Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Harga kebutuhan pokok yang terus meningkat, serta berbagai barang sekunder yang harganya terus naik mau tidak mau membuat kita (ibu rumah tangga) harus pandai-pandai berhemat. Akan tetapi, masalahnya, kadangkala kita harus membeli barang atau kebutuhan pokok karena memang tidak bisa ditunda. Kita, sebagai wanita banyak yang menggantungkan hidup pada pria atau pasangan atau suami. Jika kamu memiliki banyak/sedikit waktu luang dan ingin membuka usaha yang bisa dikerjakan sendiri di rumah dengan waktu yang tidak terlalu banyak, ada beberapa alternatif yang bisa di coba. Berikut adalah diantaranya:


1. Membuka usaha penitipan anak

Ibu-ibu pasti tidak akan kesulitan untuk mengasuh anak. Karena beberapa diantara kamu mungkin sudah sangat berpengalaman dalam mengasuh anak. Untuk membuka jasa tempat penitipan anak sangat terbuka dan menjanjikan, mengingat saat ini banyak ibu rumah tangga yang mencoba membantu suaminya untuk mencari nafkah sehingga harus bekerja dari pagi hingga sore diluar rumah. Dan tidak sedikit di antara mereka yang memiliki anak kecil yang tidak bisa dibawa sambil bekerja. Tidak perlu besar, kamu bisa menerima 1 atau 2 anak untuk dititipkan perhari. Jika memungkinkan, tentu saja kamu juga bisa mengajak tetangga untuk bekerjasama dan menerima anak yang lebih banyak. Usaha ini bisa dijalankan tanpa modal yang besar.

2. Usaha laundry

Laundry and dry cleaning adalah alternatif usaha yang menjanjikan lainnya yang cocok untuk ibu rumah tangga. Yang pasti, modal yang harus kita miliki salah satunya adalah mesin cuci. Untuk awal-awal berdirinya usaha ini, tidak perlu mesin cuci yang besar. Atau kamu juga bisa memanfaatkan mesin cuci pribadimu. Selain mesin cuci, kamu hanya butuh deterjen laundry, dan peralatan menyetrika.

3. Menulis

Bagi kamu yang merasa memiliki kemampuan untuk menulis atau memiliki bakat dalam berimajinasi, tidak ada salahnya untuk menggeluti usaha yang satu ini. Menulis bisa dikerjakan di waktu-waktu luang, entah itu di pagi hari, siang hari, atau malam hari. Beberapa peluang yang menjanjikan diantaranya adalah: Menulis untuk blog sendiri kemudian memasang Adsense dan Review. Menulis untuk orang lain juga bisa dilakukan, misalnya kamu bisa menawarkannya kepada mereka yang rajin mengupdate blog atau yang memiliki blog berita, atau yang sejenisnya. Jika kamu memiliki tulisan yang bagus dan cukup percaya diri, tidak ada salahnya juga untuk menawarkannya ke tabloid. Biasanya apabila diterima, tabloid akan memberikan imbalan yang tidak sedikit. Selain itu menulis buku sesuai dengan bakat rumah minat dan keahlian juga bisa dijadikan sebagai alternatif usaha yang menjanjikan.

4. Pembukaan jasa kursus atau privat

Jika kamu memiliki bakat mengajar, dan hanya memiliki waktu sedikit untuk mengajar, misalnya 1-2 jam, tidak ada salahnya membuka kelas privat atau kelas kursus di rumah sesuai dengan keahlianmu.

5. Buka warung

Tinggal di perumahan yang rumahnya banyak serta berdempet-dempet adalah kesempatan yang tidak boleh disia-siakan. Walaupun di sekitar kita ada banyak toko-toko, namun biasanya banyak orang cenderung lebih suka berbelanja ke tempat-tempat yang dekat. Jika di lingkungan tempat kamu tinggal belum ada warung, coba saja buka warung karena ini adalah usaha yang cukup menjanjikan sekaligus tidak menyita banyak waktu. Selain warung atau toko jajanan, kamu juga bisa membuka warung makan. Misalnya, warung makan khusus untuk sarapan.

6. Catering

Usaha makanan yang satu ini juga cukup menjanjikan, lebih-lebih jika kamu tinggal di kota besar yang kebanyakan orangnya sibuk. Atau jika kamu tinggal di kota-kota di mana ada banyak mahasiswa di sana. Usaha catering biasanya cukup menjanjikan karena mereka banyak yang tidak sempat untuk memasak sendiri atau tidak bisa memakai sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar