Persona Intikalia

10 Des 2016

Apa Saja yang Perlu Diwaspadai Saat Akan Memulai Sebuah Usaha?

Ada banyak pilihan bisnis yang bisa kita coba mulai dari kelas usaha kecil menengah hingga usaha berskala besar. Mulai dari sektor bidang pertanian, perkebunan, jual beli, hingga mencari bisnis investasi terpercaya. Namun pernahkah Anda mencoba benar-benar meneliti setiap usaha tersebut sebelum kemudian dipilih untuk dijadikan sebagai usaha utama? Karena bisa saja, usaha yang tampaknya menjanjikan namun jika tidak didukung dengan perencanaan yang matang akan membuat kita rugi dan gulung tikar. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diwaspadai jika ingin memulai usaha agar persiapan lebih matang dan kemungkinan untuk sukses menjadi lebih besar. Apa saja diantaranya?


Anda akan kehilangan beberapa uang

Memulai sebuah bisnis yang pasti membutuhkan modal dan modal tersebut akan diambil dari uang Anda atau uang investor. Di sini, usaha kecil kemungkinan besar akan mengandalkan modal sendiri sebelum usaha bisa menghasilkan atau memberikan laba, Anda harus mempersiapkan uang lebih agar bisa tetap melanjutkan hidup. Setidaknya, persiapkanlah uang untuk 6 bulan.

Apabila rencana tidak berjalan seperti yang diinginkan

Kadangkala, kita melakukan kesalahan. Kesalahan tersebut ada yang dapat berakibat fatal namun ada juga yang tidak. Akan tetapi, yang pasti, kesalahan akan menyebabkan kita kehilangan waktu, bahkan bisa juga uang atau modal.

Jika Rencana "A" tidak berjalan dengan baik, maka Anda harus memiliki rencana cadangan yang berhubungan dengan bisnis, entah itu mengenai pemasok, pengiriman, vendor dan lain-lain.

Rencana bisnis yang mendetail

Banyak orang mencoba memulai usaha tanpa merencanakan bisnis yang akan mereka lakukan secara detail. Bahkan tidak sedikit yang tidak memiliki data mengenai berapa biaya sewa tempat, sewa kantor, biaya tenaga kerja, biaya bahan bakar, tarif air, tarif listrik, dan lain-lain. Padahal, lah-hal tersebut sangat penting untuk diketahui agar rencana dan modal yang dipersiapkan benar-benar bisa sesuai dengan kebutuhan.

Seberapa puas pelanggan dengan pelayanan dan barang yang Anda jual?

tidak peduli seberapa baiknya Anda memberikan pelayanan dan seberapapun bagusnya produk yang Anda jual kami akan selalu ada pelanggan yang merasa tidak suka. Mereka Mungkin saja akan mengeluh, protes, dan lain-lain. Namun ingat, Anda harus tahu bahwa Anda tidak akan bisa membuat semua orang senang. Cukup lLakukan yang terbaik jika lebih dari 70% pelanggan Anda merasa bahagia dan puas dengan pelayanan serta kualitas barang yang Anda tawarkan, maka hal tersebut mengindikasikan bahwa bisnis Anda berjalan di jalan yang tepat.

Sesuaikan harga

Di dalam berbisnis, harga adalah salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan dan dipikirkan dengan matang. Karena dari sekian banyak pengalaman berbisnis, harga yang ditawarkan bisa menjadi salah satu senjata utama untuk menggaet pelanggan. Jadi menawarkan harga yang kompetitif seringkali bisa membantu mempermudah bisnis atau usaha agar bisa berjalan dengan lancar.

Perhatikan musim dan waktu

Saat memulai bisnis selama Anda harus memiliki catatan khusus mengenai musim atau waktu di mana pelanggan berbelanja kebutuhan kebutuhan tertentu dan kapan mereka tampak mulai surut. Dengan mengetahui secara pasti kapan musim belanja dan kapan pembeli tampak berkurang akan membantu Anda memilih produk yang tepat dan menyediakan stok dalam jumlah yang mencukupi.

1 komentar:

  1. saya mau coba bikin usaha, tapi belom kerealisasi terus

    BalasHapus