Persona Intikalia

13 Jan 2017

4 Hal yang Membuat Orang Enggan Menyusui

Masa-masa menyusui memang menjadi hal yang sangat penting. Belum lagi acara baper gara-gara dibilang air susunya gak enaklah, susunya basilah, atau apalah. Cuma mau gemana lagi namanya juga orang punya mulut ya bisa ngomong apa aja kan. Pura-pura budek aja kalau udah gitu, hihi.



Memang ya menyusui ekslusif selama enam bulan itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Karena memang kalau diperhatikan banyak orang yang kemakan iklan untuk memberi anak susu formula. Bukannya gak boleh minum susu formula. Tapi kalau ASI keluar dan gak ada halangan apa pun kenapa juga sih harus minum susu formula?

Dan ternyata setelah mengalami sendiri masa menyusui, saya tahu kenapa ada banyak orang yang meski gak berhalangan enggan menyusui.

Puting Lecet

Gak dipungkiri menyusui itu butuh perjuangan keras. Apalagi saat menyusui pertama kali, puting lecet gak karuan. Rasanya memang kalau gak didukung oleh suami dan gak inget pahala menyusi anak, udah pengen nyerah aja. Sakitnya itu loh gak nahan banget. Belum lagi salep untuk mengobati puting lecet lumayan mahal. Meski kalau baca-baca gak perlu pakai salep juga ternyata. ASI saja udah cukup untuk mengobati puting lecet. Tapi dasar memang saya suka iseng ya, jadi tetep pakai salep biar cepet sembuh, hihi.

Malu Menyusui Di Tempat Umum

Selain karena puting lecet, kendala lainnya saat menyusui adalah ribet kalau kemana-mana harus menyusui. Takut banget kalau auratnya kelihatan orang. Tapi ini sih udah gak terlalu masalah bagi saya. Soalnya udah pakai kerudung panjang, anaknya tinggal masukin kerudung dan sudah siap menyusui dengan nyaman. Asalkan dikipas-kipas juga, hihi. Tapi bagi beberapa orang yang belum berkerudung panjang pasti akan butuh apron menyusui. Kemana-mana harus bawa, biar gak malu saat menyusui.

Presepsi Salah Mengenai Menyusui

Sayangnya ada beberapa orang yang menganggap menyusui itu kuno dan gak kekinian. Makannya lebih suka pakai susu formula. Prihatin banget kalau ada manusia jenis ini, huft. Sepertinya perlu diedukasi lagi mengenai keutamaan ASI. Padahal susu formula pun ada himbauan kalau ASI adalah makanan terbaik bagi bayi. Mungkin seperti himbauan di bungkus rokok yang ngeri itu. Toh orang-orang juga tetep ngerokok. Tapi kalau susu formula sih gak sebahaya itu, hihi.

Takut Bentuk Tubuh Berubah

Memang ya namanya juga menyusui pasti berefek pada payudara turun dan bisa gede sebelah kalau saat menyusui gak gantian. Jadi bagi beberapa orang yang sangat memperhatikan tubuhnya bakalan khawatir banget bentuk payudara berubah. Kalau saya sih cuek ajalah. Toh suami gak protes tahu sendirilah, hihi.

Nah kalau menurut kamu apalagi nih yang bikin orang males menyusui?


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar