Persona Intikalia

6 Sep 2009

Filosofi Bendera NTXR

Pada dasarnya setiap bendera memiliki filosofi. Begitu juga dengan bendera yang dimiliki oleh NTXR. NTXR memiliki  dua bendera,  yang masing-masing memiliki   fungsinya  tersendiri.  Bendera  tersebut  memiliki  nama: Vervantanake dan Horvantanake. Vervantanake adalah bendera yang susunan warnanya vertikal, yaitu disusun oleh  warna  biru,   hitam,  dan  merah.  Serta  dibubuhi   lambang   intikali  yang   berwarna  kuning   di   tengahnya. Sedangkan horvantanake adalah bendera NTXR yang memiliki tiga warna yaitu biru (cyan), putih, oranye yang disusun secara horizontal warnanya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini.


Setiap   warna   dari   bendera   masing-masing   memiliki   filosofi   tersendiri   dan   penggunaan   yang   berbeda. Vervantanake cenderung digunakan untuk hal   internal,  sedangkan Horvantanake cenderung digunakan untuk publikasi umum. Adapun maksud dari warna-warna dari masing-masing bendera tersebut adalah sebagai berikut:
• Vervantanake
  1. Biru; bernilai true, dingin, wanita, langit, dll.
  2. Merah; bernilai false, panas, pria, bumi, dll.
  3. Hitam; sebuah pemisah antara keduanya (biru dan merah).
Maksud keseluruhannya adalah sebuah keseimbangan hidup. Sebuah pilihan yang harus dipilih. Dan kita diibaratkan berada dalam  ruang gelap  (warna hitam)  yang bebas  memilih antara kehancuran  (warna merah)  atau kejayaan  (warna biru)  yang notabene kita  tak dipaksa ketika memilih (lambang  intikali, melambangkan sebuah kebebasan memilih dan ketakhinggaan sebuah pilihan tersebut).
• Horvantanake
  1. Biru; sebuah harapan.
  2. Putih; sebuah kebutaan akan sebuah ketentuan (hasil).
  3. Oranye; sebuah hasil yang terkadang tak sesuai dengan harapan kita.
Maksud keseluruhan cukup jelas bahwa di dunia  ini  kita berusaha dan berharap  tanpa tahu apa yang terjadi  nantinya,  baik  atau buruknya.  Namun,  hendaknya  kita   tak memutuskan untuk  tak berusaha. Karena bagaimana pun usaha itu, pasti punya makna. Namun,   semua  penjelasan yang  aku paparkan di   atas  hanya   setitik kecil  dari  makna  bendera  NTXR yang sesungguhnya. Karena definisi hanya akan membatasi. Dan intikali itu tak terbatasi oleh definisi. Intikali itu aku, intikali itu kamu, terkadang intikali itu bukan intikali. Bingung? Tanyakan pada yang tak bingung.

klik di sini untuk download .pdf-nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar