Persona Intikalia

11 Okt 2009

Formasi Delapan Perdana Menteri Catur

Ini adalah sebuah permainan menggunakan delapan perdana menteri catur –meski dalam kenyataannya cuma ada dua perdana menteri; hitam dan putih- yang diletakkan menjadi sebuah formasi yang tidak dimungkinkan kedelapan perdana menteri tersebut saling memakan.

Misalkan kita meletakkan perdana menteri pertama pada bidak catur posisi A1 maka yang memungkinkan posisi perdana menteri kedua agar tidak saling memakan dengan perdana menteri pertama adalah B3, B4, B5, B6, B7, atau B8. Karena kita semua sudah tahu bagaimana cara perdana menteri bisa memakan lawannya, yaitu secara horizontal, vertical, dan diagonal. Maka alternatifnya kita bisa meletakkannya dengan posisi “L” yang merupakan ciri khas dari kuda dalam catur.

Dan di samping kanan ini adalah salah satu contoh dari beberapa formasi yang memungkinkan delapan perdana menteri catur tak saling memakan. Formasinya:

A5 B1 C4 D6 E8 F2 G7 H3

Formasi tersebut menyerupai huruf “Q”. Banyak formasi lainnya yang bisa dibentuk. Dari formasi “Q” saja kita bisa membuat formasi baru dengan mentranslasi posisinya secara vertikal maupun horizontal, atau kita bisa merotasi posisinya, kita juga bisa mem-flip (percerminan) secara horizontal maupun vertikal. Banyak hal bisa kita lakukan untuk menemukan pola dari posisi delapan perdana menteri catur tersebut agar tak saling memakan.

Adapun selengkapnya dapat diunduh di sini.

6 komentar: