Persona Intikalia

31 Okt 2010

Hati-hati Penipuan Berkedok

Para blogger muda dan terhormat, saya di sini ingin mengungkapkan sebuah fakta yang banyak terjadi di dunia maya. Sebagian yang saya sebutkan ini pernah saya alami sendiri sebagian lainnya saya dapatkan dari sharing-sharing dengan teman lainnya. Adapun beberapa jenis penipuan berkedok yang saya maksudkan adalah sebagai berikut:

  1. Penipuan berkedok lomba. Penipuan ini pernah saya alami sendiri ketika sebuah oknum menyuarakan lomba memosting artikel pada blog atau situs. Awalnya saya percaya dengan iming-iming hadiah yang sangat wah bagi saya. Saya ikuti lomba itu. Namun, setelah waktu lomba berakhir, tidak ada pengumuman pemenang di situs oknum itu. Padahal banyak peserta lomba yang komentar di situsnya, namun seakan ga digubris oleh si empunya. Dasar penyelenggara lomba yang tidak bertanggung jawab.
  2. Penipuan berkedok bisnis internet. Penipuan ini bukan saya sendiri yang mengalami. Penipuan ini berjenis semacam membeli sebuah aplikasi yang katanya dengan aplikasi itu kita bisa mendapatkan uang lagi. Tanpa membuat blog atau situs, katanya sih gitu. Asal Anda tahu saja, penipuan yang seperti ini adalah jenis MLM yang sudah saya kenal sejak saya SMA dulu. Semoga Anda tidak menjadi korbannya juga.
  3. Penipuan berkedok klik referal. Banyak penyedia klik referal yang mengumbar janji-janjinya akan mengasih uang pada pemasang klik referal pada blog atau situsnya. Namun, perlu Anda perhatikan, apakah ada orang yang pernah menerima uang dari klik referal itu. Jika belum ada, mending Anda tinggalkan. Karena ini akan membebani load blog Anda dan Anda tidak mendapat uang sepeserpun.
  4. Penipuan berkedok lotere. Saya pernah mendapatkan e-mail dari orang yang tidak saya ketahui asal-usulnya. Dia mengaku merupakan kaki-tangannya Microsoft. Tapi, anehnya kug alamat e-mail pengirimnya bukan dari official site-nya Microsoft. Akhirnya aku putuskan untuk ga membalas e-mail itu karena sudah ada kejanggalan.
Kayaknya itu dulu aja, yang mau menambahkan silakan saja komentar di bawah ini.

16 komentar:

  1. memang sekarang banyak macam-macam model penipuan sob

    BalasHapus
  2. untung belum pernah kena gitu2an.. gak gampang percaya sih..

    BalasHapus
  3. penipuan ini makin beragam saja caranya gan.
    mumet

    BalasHapus
  4. dan saya adalah salah satu korbannya T_T

    BalasHapus
  5. soal uang dari internet aku belum pernah "nyairin" soalnya dapatnya kecil cuma 0, sekian dollar

    kalo soal MLM aku ikut mlm yg sudah dapat sertifikat MUI, tapi sampai sekarang membernya cuma aku doang he he

    BalasHapus
  6. baru kemaren gw ditelepon orang karena gw menang hadiah 10 juta. dan dia rela nelepon gue sampe setengah jam. gila, nipunya ga maen-maen.

    BalasHapus
  7. yang paling sering adalah penipuan lewat sms, dan akhir-akhir ini yang sedang ngetrend adalah 'kirimi mama pulsa...'

    BalasHapus
  8. @r10: kalo aku sih meskipun sudah tersertifikasi oleh MUI, ane masih ga mau gan berhubung dengan MLM :D

    @ReBorn: yang nipu goblok tuh gan :D

    @joe: hahaha ... orangnya sudah ketangkep itu gan :D

    BalasHapus
  9. makanya jangan terlalu sering ikut kuis2 kalo memang ga begitu pasti ^^

    BalasHapus
  10. hahah ... ane mah ga ikutan kuis neng :D

    BalasHapus
  11. Banyak sekali kasus seperti itu ya mas John.... Memang kita harus selalu berhati-hati, terutama dengan orang yang belum kita kenal. Pernah juga ya heboh, teman facebook sendiri minta ditransfer duit, ternyata accountnnya di hack orang, jadi susah kalau yang seperti ini....

    BalasHapus
  12. kalo seperti itu sih mudah mengatasinya ... yaitu dengan melihat kebiasaannya teman agan ... kalo ga biasa minta transfer ya jangan ditransfer ... cz banyak kejadian akun FB yang dibobol ... teman kuliahku juga ada FB-nya yang dibobol :D

    BalasHapus
  13. untuk rangkaian kontes seperti di atas, saya beLum pernah mengetahuinya.
    tetapi kiranya banyak kaum bLogger yang mengikuti kontes sejenis. kebanyakan mereka menjadi seperti giLa BW untuk mendapatkan kunjungan baLik dan konten yang ikutsertakan daLam kontes akan dikomentari oLeh pengunjung. ini merupakan saLah satu rangkaian kontes yang menyesatkan juga, yakni tidak mendidik.

    BalasHapus
  14. tidak mendidik ... uhm ... bener juga om :D

    BalasHapus
  15. nanti akan saya buat kontes yang mendidik, misaLnya kontes untuk mendidik orang tua biar pada enggak nakaL pada bikin kontes enggak mendidik :D

    BalasHapus
  16. wekekek ... silakan aja om buat ... nanti ane ikutan :P

    BalasHapus