Persona Intikalia

26 Feb 2013

Imunisasi Pra Nikah

Beberapa jam yang lalu tiba-tiba calon istri saya ngasih kabar kalo harus imunisasi untuk syarat nikah. Katanya kalo ga mau diimunisasi nikahnya ditunda. Muke gile nih pegawai. Usut cari usut, setelah googling sejenak, aku nemuin banyak fakta tentang imunisasi. Intinya bisa kug kita bikin Surat Keterangan Ketidaktersediaan Untuk Imunisasi Pra Nikah. Kalo nurutin pegawainya sih ya tersesat :D

Aku nemuinnya di walimah.info di sana dia cerita pengalamannya dulu saat dia ga mau diimunisasi. Dia juga ngasih contoh surat ketidaktersediaan imunisasi juga. Top markotop dah nih. Tidak berhenti di sana, aku baca-baca lagi artikel-artikel yang aku dapatkan dari googling, wow ... menakjubkan fakta tentang imunisasi. Ternyata fakta dibalik imunisasi dan vaksin sungguh mencengangkan. Bisa kamu baca di sini. Aku sih makin ragu saja dengan imunisasi dan makin yakin untuk ga mau diimunisasi juga. Hehe.

Beberapa bulan yang lalu aku juga sempat membicarakan dengan calon istriku perihal imunisasi nanti kalo misalkan udah punya anak. Kami sepakat untuk tidak mengimunisasikan anak-anak kami. Alasannya kenapa? Kami ragu dengan cairan yang disuntikkan nantinya ke anak-anak kami. Itu apa? Dari mana asalnya? Halal atau haram? Jangan-jangan ... jangan-jangan. Berburuk sangka? Bukan lah, ini namanya waspada, hehe. Adalah hal yang lumrah kita waspada dengan hal-hal yang asal-usulnya masih diragukan. Bukankah saat kita bertemu dengan orang asing kita pasti selalu waspada? Ini normal, dan itu berlaku buat orang kebanyakan, kecuali orang bodoh (teringat diskusi dengan dosen saat kuliah Bahasa Indonesia 2 minggu lalu).

34 komentar:

  1. aku gak diimunisasi kok waktu mau nikah. imunisasi apa sih maksudnya ya? ada yang bilang itu imunisasi kb

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mbak
      imunisasi TT1 dan TT2 :D
      ada yang bilang sih gitu mbak
      untungnya enny juga ga mau diimunisasi
      kalo itu imunisasi kb gawat dong :P
      aku kan pengen cepet punya anak LOL

      Hapus
  2. imunisasi itu kan marketingnya perusahaan obat, mereka jualan terus mempengaruhi masyarakat

    BalasHapus
  3. gmn dg imunisasi pas dibangku sekolah dulu? km pernah ga? fakta apa sih yg km baca, jd pnsrn

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku dulu pernah jeng pas SD
      1 minggu meriang, ga enak banget
      ibuku juga bilang kalo aku dan sodaraku dulu sempat diimunisasi dan kejang2 setelahnya
      makanya ibuku setelah itu ga pernah mau anaknya diimunisasi lagi :D
      dan kabar yang aku terima dari ibuku
      dulu ibuku sebelum nikah diimunisasi juga
      abis itu 1 minggu sakit :P
      muke gile, bisa rusak malam pertamaku kalo istriku sakit LOL

      Hapus
    2. kalo aku dulu, seingatku cuma badan panas sehari itu aja sih... eh jadi ntar kalau udah punya anak ga imunisasi2 dong, yg kalo di puskesmas itu kan biasanya ntar dikasih bubur kacang hijau gtw deh kalau sekarang dikasih apaan.

      yang aku penasaran itu, ibunya Enny ga nyruh imunisasi ya? biasanya kan dari pihak cewek pasti dapat nasehat dari ibunya-serius gpp kah kah ga pake imunisasi pra nikah? ntar aku ga usah juga ah diimunisasi, paling takut disuntik >.<

      Hapus
    3. ga nyuruh kug jeng
      semua itu tergantung pribadi masing2
      toh mbak Lidya dulu juga pas nikah ga pake imunisasi

      Hapus
  4. Lhaaaa,, baru tau saya ada imunisasi macam gini. Setuju juga, tolaakk,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kirain sudah banyak yang tahu tentang imunisasi ini

      Hapus
  5. aku mau umroh juga mesti imuunisasi untuk dapat kartu kuning

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sih pernah liat di TV bahas soal itu imunisasi umroh dan haji
      katanya ada indikasi mengandung babi
      entahlah, tapi yang jelas lebih baik ditinggalkan yang meragukan

      Hapus
  6. Iyalah gak mau, aku loh gk pnh diimunisasi, kecuali pas bayi.
    Itu juga disuntik dulu baru mama dikasih tahu klo bayinya udah disuntik -__-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah wah
      trus kalo tiba2 bayinya kenapa2 gimana?
      pasti mereka ngelak, banyak alasan ini itu
      harusnya kan izin dulu sih

      Hapus
    2. iya tuh, parah.
      Untung bayinya gak apa2 sekarang udah gede malah tambah imut #preeet :D

      Hapus
    3. wekekek :D
      ga ada yang muji, muji sendiri :P
      iya2 yang imut, percaya deh :D

      Hapus
    4. tapi loh masih lebih imut aku :D #katamama
      #pedetingkatkabupaten

      ah daripada debat mulu, mending bersihin motor LOL
      #kaboooorrr

      Hapus
    5. nanti aku sogok mama biar bilang aku lebih imut #curang :D

      ihh main kabur aja :P

      Hapus
  7. Good Job John. Nice info.
    Vaksin bisa dikaitkan dg konspirasi... @_@
    Wew, baru tahu kalo mau nikah ada pemaksaan untuk diimunisasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada, tapi tidak di semua kota :D
      si Surabaya ga ada prosedur yang mewajibkan itu
      tapi di Purwokerto ada
      aku juga sempat heran aja

      Hapus
  8. Alay ada immunisasinya ga ya? Penyakit paling parah yg menyerang anak muda tuh, hehehe

    BalasHapus
  9. rata2 si emang diimunisasi


    saya juga nggak kepengen disuntik-suntik gitu

    BalasHapus
  10. imunisasi apaan sih belum tau ehehe

    BalasHapus
  11. balik lag nih mau tanya :) kalau buat link do follow caranya giaman ya kalau waktu itu kan sudha dijelaskan link no folloe skr aku butuh yang di follow di satu postingan. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara asal ga dikasih apa2 itu sudah dofollow mbak
      kalo di dalam postingan otomatis dofollow
      tapi kalo di komentar blogger punya settingan otomatis nofollow
      jadi ga bisa diubah jadi dofollow yang ada di komentar

      Hapus
  12. kalau yang diapa-apain namanya no follow gitu? haduh maaf bingung hehehe

    BalasHapus
  13. boleh minta format surat ketidaktersediaan imunisasi? kalau bersedia minta tlg kirim ke email saya rana.musika@gmail.com. Jzkumullah :)

    BalasHapus