Persona Intikalia

12 Jul 2013

Jebakan Operator AX*S

Awalnya aku merasa heran dengan koneksi internet yang loadingnya lama ga selesai-selesai. Padahal ukuran template-ku relatif kecil. Sangat minim gambar dan juga JavaScript. Eh ternyata muncul tampilan yang akan sedikit annoying saat template aku buka di emulator Android untuk mengecek apakah fitur responsifnya berjalan. Berikut adalah tampilannya.

Emulator Android

Jangan sekali-sekali mengeklik tulisan CLICK HERE tersebut. Kenapa? Karena kamu akan otomatis berlangganan konten yang harganya Rp5.500,- setiap bulannya dan tanpa konfirmasi yang jelas. Sekali klik, kamu akan langsung dianggap berlangganan. Curang! Ya, ini benar-benar curang. Harusnya ada mekanisme persetujuan dari pengguna. Namun itulah operator, mereka banyak melakukan hal yang menyebalkan untuk mendapatkan banyak uang.

Aku mulai curiga, aku cek di URL lainnya, ternyata juga muncul iklan di bagian bawah semacam AdMob. Kalo diklik ujung-ujungnya sama kayak jebakan sebelumnya. Untungnya saat itu pulsaku kurang dari Rp1.000,- jadi ga bisa langganan, hehe. Operator pun gagal memalak diriku. Setelah gemes dengan kejadian ini, aku mencoba menelusurinya melalui Open Page Source di Mozilla Firefox. Aku temukan JavaScript yang berasal dari IP lokal AX*S. Sekali lagi, jangan klik URL itu, karena akan berujung dengan berlangganan konten operator.

Pendeteksian Injek Skrip

Entah apa maksudnya ini. Mungkin emang sengaja biar orang yang ga tahu banyak tentang internet bisa langsung kejebak berlangganan konten ini. Semoga saja ini dapat menjadi preventif buat pengunjung Persona Intikalia. Selamat berhati-hati.

7 komentar:

  1. ini namanya penipuan dong kalau orang yang tidak tahu apalagi dia android suka ga sengaja tersentuh ya . Btw gimana kabarnya Enny?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, nyebelin banget emang

      Enny baik2 aja mbak, kenapa emangnya?

      Hapus
  2. wah, apalagi android gampang diklik. kalo tanpa persetujuan bisa berlangganan, sayang banget pulsanya. sebulan segitu apalagi setahun. biasanya susah buat berhenti berlangganan ya? :(

    BalasHapus
  3. Wolooooo spam tersembunyi, banyak emang mas link spam, yang paling sering kena itu bapak sama ibu, oooo maen klik ae, trus ngomel kalo pulsa sering abis,, hahahahhhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekeke, kadang ibukku yo kene ngunuan :D
      pulsa jek tas ngisi langsung minus 5000 >_<

      Hapus
    2. iyo, emosi gak jelas lek pulsa entek

      Hapus