Persona Intikalia

26 Jun 2014

Tip Menghadapi Istri Hamil

Hamil adalah fase normal yang dihadapi oleh para wanita yang udah nikah. Kalo lagi hamil, kamu akan menemukan banyak hal ajaib dari istrimu. Pola tingkahnya sangat mungkin jauh berbeda dengan biasanya. Yang biasanya cantik, bisa mendadak jelek karena ga mau mandi. Ada? Ada, tetanggaku saat hamil dia ga mau mandi. Bayangin coba gimana kasiannya si suaminya, hehe. Itulah salah satu contoh keunikan perilaku wanita hamil.

Sebagai seorang suami, kita harus menyadari fenomena-fenomena yang sedang terjadi pada istri. Untungnya istri saya saat hamil ga aneh-aneh. Justru saya senang ketika istri saya hamil. Yang sebelumnya ga seberapa doyan dandan, saat hamil mendadak minta ini itu buat dandan. Yang biasanya mandi 2 kali sehari, mendadak sering banget mandi. Efeknya sih ya jadi makin bersih dan cantik, hehe.

Tapi, itu sisi baiknya. Sisi buruknya adalah ga bisa berhenti makan. Bahkan saya sempat bingung, ini kenapa istri saya kug kayaknya makan apa aja ga kenyang-kenyang. Sampe mertua saya ngelus dada gara-gara liat anaknya makan terus dan seakan ga ada kenyangnya. Saya sih kadang tanya ke istri saya, "belum kenyang yah?". Dia menganggukkan kepala dengan tatapan mata yang mengisyaratkan agar dibelikan makanan lagi. Namun, itu hanya saat hamil saja, setelah melahirkan dia kembali normal pola makannya.

Biasanya saat wanita hamil, dia punya makanan yang dia benci. Kalo istri saya saat dia hamil benci banget sama telur. Makan telur goreng, langsung rasanya eneg pengen muntah. Beda lagi dengan ibu saya, kalo ibu saya saat hamil benci banget makan bakso. Kalo ada orang jualan bakso ibuku sembunyi, karena bisa muntah-muntah saat kena aroma bakso dari kejauhan. Aneh? Ini masih belum seberapa.

Ibuku saat mengandung diriku ini, setiap kali jam 4 sore hingga maghrib selalu merasa kalo giginya sakit banget. Padahal ga ada gigi yang bolong. Sampe-sampe ibuku sebel banget kalo udah sore, rasanya pengen nangis. Ada lagi yang hamil ga mau keluar rumah hingga matahari tenggelam. Jadi mulai pagi sampe sore, dia ga mau keluar rumah.

Seorang suami ga cukup baik saja, tapi juga harus sabar. Apalagi kalo udah kena yang namanya ngidam. Untungnya istriku ga minta aneh-aneh, cuma minta mangga doang. Tiap kali ke pasar, pasti beli mangga. Anehnya lagi, ketika makan mangga seakan-akan ga ngerasain masamnya. Wanita hamil memang ajaib, hehe. Dulu saya juga diceritain sama istriku mengenai ibu dari teman SMP-nya yang ngidam makan genteng. Sekalian aja makan beling (pecahan kaca) biar kayak Kuda Lumping, hehe.

Kayaknya udah terlalu panjang pembukaannya. Oke, langsung ke poinnya. Berikut ini adalah beberapa tip menghadapi istri yang lagi hamil.
  1. Jangan pernah menganggap bahwa kelakukan aneh itu adalah sifat asli istrimu. Ketika suami menyadari bahwa itu adalah sebuah fase alamiah yang pasti dialami semua wanita, maka akan lebih mudah bagi suami untuk menerimanya. Itu bukanlah sifat asli dirinya. Itu hanya sementara, ketika sudah melahirkan, maka akan berubah menjadi kelakukan semula.
  2. Sadarilah bahwa istrimu sebenarnya sedang tidak nyaman dengan keadaan itu. Kita tahu bahwa hamil itu bukan perkara yang mengenakkan. Bayangin saya tiap pagi mereka harus mual. Belum lagi kalo ketemu makanan/hal yang dibencinya. Dengan ketidaknyamanan ini, janganlah sebagai seorang suami malah menambahnya dengan marah-marah atau semisalnya.
  3. Ingatlah kebaikan-kebaikan yang pernah ia lakukan. Hal ini adalah cara paling ampun meredakan amarah atau kobosanan menghadapi istri hamil yang nyebelin.
  4. Jalin terus komunikasi. Tanyakan apa yang dia rasakan, diskusikanlah apa yang kamu tidak sukai dari kelakuan aneh yang muncul saat hamil.
  5. Buatlah momen spesial, meskipun tidak ada hal spesial apapun. Misalkan beri istri hadiah atas keberhasilannya melawan mual selama tempo tertentu.
  6. Perhatikan dirinya lebih intens dari biasanya. Hal ini sangat penting karena ada wanita hamil yang berkelakuan aneh; istrinya akan merasa muak ketika suami berada di dekatnya bahkan sampe ngusir suami, namun mendadak kangen ketika suaminya tidak berada di sisinya.
  7. Buat istri ceria agar melupakan beban yang dikandungnya.
  8. Berikan semua yang diinginkan istri? Oh, ini saya rasa tidak, hehe. Karena kadang keinginan orang yang lagi hamil itu cenderung absurd. Jadi sebagai suami harus bisa memfilter apa yang dimau oleh istri. Kalo kemauannya tidak wajar, jangan dituruti.
Sepertinya delapan poin tersebut mewakili tip menghadapi istri ketika hamil. Semoga bermanfaat :)

7 komentar:

  1. Ada temenku yang waktu hamil tidur gak liat liat tempat. Gak tahan katanya. Ngeselin sih. Tapi kali ibu hamil lebih gampang capek jadi bawaannya ngantuk mulu.

    Btw, ibu hamil biasanya sensitif. Jadi, sabar2 aja ngadepinnya. Kalo dikerasin trus bumilnya jadi galau, katanya ntar ngaruh ke anaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau udah hamil tua emang gampang banget cape. soalnya janin makin berat jadi cepet cape nih kaki

      Hapus
  2. Komunikasi paling penting ya, Mas. :)

    BalasHapus
  3. selamat siang, sudah lama tidak berkunjung ke mari, bagaimana khabarnya sehat kan? selamat menunaikan ibadah puasa dan jangan lupa kunjungan baliknya ya

    BalasHapus