Persona Intikalia

1 Okt 2014

10 Alasan Kenapa Saya Ga Main Ask.fm

Tahu Ask.fm kan? Pasti tahu lah. Itu loh situs yang bisa tanya-tanya ke orang lain. Misal nih, aku bikin akun Ask.fm, kamu bisa bertanya padaku segala hal yang ingin kamu kepoin. Mulai pertanyaan yang biasa, sampe pertanyaan yang aneh-aneh sangat mungkin ditanyakan pihak asing kepadamu. Sekilas sih emang seru, tapi setelah aku pikir-pikir lagi, situs ini bisa berbahaya bagi ketenanganku #lebay.

Ga sampe di sana, situs ini bisa secara tidak langsung menggiringmu untuk membongkar privasi. Tahu sendiri lah, yang namanya privasi itu cenderung ke sisi negatif. Apalagi di zaman yang seperti ini banyak sekali orang yang tampilan luarnya baik, tapi dia punya sisi iblis yang bisa saja berniat mencelakakan kita. Siapa tahu loh yah :D Tapi tetap kaidah yang dipakai adalah kaidah preventif. Mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Berikut ini adalah 10 alasan kenapa saya ga main Ask.fm.

10 Alasan Kenapa Saya Ga Main Ask.fm

  1. Kebanyakan Ask.fm digunakan untuk ngepoin orang. Saya tipe lelaki yang ga suka dikepoin, hehe.
  2. Ask.fm kebanyakan digunakan oleh jomblo. Meskipun ga ada riset yang berbicara tentang ini, saya amati dari beberapa teman yang pake Ask.fm adalah berstatus jomblo. Saya bukan jomblo, jadi sepertinya tidak terlalu membutuhkan ini.
  3. Ask.fm biasanya untuk ngebully yang punya akun. Percaya atau tidak, pemilik akun Ask.fm cenderung dipojokkan oleh penanyanya. Dan akhirnya kebanyakan memilih ngeles ketika ga mau jawab. Ya iyalah, apalagi yang ditanyakan adalah masalah privasi.
  4. Ask.fm bikin ketagihan. Banyak kug yang ketagihan mainan Ask.fm. Mengapa bisa begitu? Karena ini adalah efek menjadi populer semu. Saya tahu bagaimana rasanya menjadi populer walau semua, hehe. Emang bikin ketagihan kug.
  5. Ask.fm bisa bikin hubungan kamu dengan pasangan retak. Percaya atau tidak, kadang orang yang ingin merusak hubungan kita dengan pasangan. Beberapa hari yang lalu, saya punya teman yang main Ask.fm lalu tiba-tiba ada cewek yang menyatakan kalo dia pengen jadi istri keduanya. Gila bukan? Aku yakin istri teman saya ini bakal cemburu bukan main. Susah loh ngeredam istri yang lagi cemburu #pengalamanpribadi.
  6. Menggunakan Ask.fm bisa membuat kebiasaan kita terbongkar di publik. Jangan pernah berpikir kamu menjadi aman ketika jadwal kegiatanmu terbongkar. Bisa saja info ini disalahgunakan oleh pihak yang benci atau iri denganmu.
  7. Akun Ask.fm bisa menjadi boomerang bagi pemiliknya. Mungkin kamu hanya berniat bercanda dalam menjawabnya, namun pihak yang bertanya menganggap itu serius.
  8. Ask.fm bisa membuka siapa kamu sebenarnya. Bagi blogger yang menyembunyikan jati diri aslinya, menggunakan Ask.fm bukanlah pilihan yang baik. Oke lah, katakan kamu yakin bisa menjaganya, namun bukan tidak mungkin kamu akan keceplosan juga.
  9. Ask.fm bisa membuat lupa pentingnya menjaga privasi. Karena terbiasa ditanya-tanya, akhirnya bisa membuka privasi tanpa rasa takut. Seperti halnya kodok yang dimasukkan di dalam air yang dingin lalu dimasukkan ke dalam air yang panas, dia akan meloncat karena kaget. Namun, ketika kodok tersebut mengalami pemanasan air yang perlahan; kodok tersebut tidak akan sadar kalo ternyata dia berada di air yang mendidih.
  10. Ask.fm bisa membuatmu lupa waktu. Seperti halnya media sosial, Ask.fm sangat berpotensi membuatmu lupa waktu karena terlalu keasyikan.

Sepertinya itulah 10 alasan kenapa saya ga main Ask.fm. Bukan berarti saya ga punya Ask.fm trus ga bisa ditanya-tanyain. Tentu saja masih bisa. Kan masih ada email. Kebanyakan yang ngemail saya adalah orang yang serius bertanya. Tidak seperti Ask.fm yang kadang punya modus tertentu. Lagian Ask.fm bisa diakses orang banyak, tidak seperti email yang hanya bisa diakses dua belah pihak.

9 komentar:

  1. baguslah gak main ask.fm
    enny gak suka iska main itu :D

    BalasHapus
  2. ask.fm baru denger.
    yah ketauan ndessonya dah :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, masa ga tahu ask.fm aja dianggep ndeso?
      ya enggaklah ... kan website di dunia banyak banget

      Hapus
  3. Aku gak pernah buka kun ask.fm. Pernah lihat temen lagi buka, tapi aku gak tertarik hehehe...

    Thanks infonya :)

    BalasHapus
  4. Aku punya akun di Ask.fm, John, hehehe... Tujuannya sih buat mengklaim namaku aja di sana, biar gak ada orang lain yang bikin seolah-olah itu punyaku.

    Btw, denger2 Ask.fm mau dijual tuh, karena dinilai merugi. Gimana kalo kamu beli aja, trus kamu tutup, biar nggak ada yang bikin akun lagi di Ask.fm? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm, iya juga sih
      kamu kan punya orang yang iri denganmu :D
      jadi jangan sampe disalahgunakan

      daripada beli Ask.fm, mending beli batagor Hoed :D
      lagian Ask.fm dibeli, entar juga muncul website yang kayak gituan
      website kayak gitu kan emang komoditas

      Hapus