Persona Intikalia

5 Apr 2015

Kadang Berpisah Itu Perlu

Pernikahan memang sarat dengan kebersamaan. Namun, terkadang ada rasa bosan itu muncul ketika umur sebuah pernikahan sudah lama. Kadang berpisah itu perlu untuk menghilangkan kebosanan. Ingat, berpisah di sini bukan berarti marahan atau apa loh yah. Cuma sekedar berpisah karena tugas atau karena memang takdir lainnya.

Seperti saya dan istri saya saat ini berpisah bukan karena saling marahan. Tapi, lebih karena saya harus menyelesaikan kuliah saya yang sudah lama saya tinggal dan istri saya mau lahiran di Purwokerto. Awal belajar berpisah ini memang berat. Tapi lama-kelamaan udah mulai terbiasa, apalagi jika posisi saya sedang sibuk. Walaupun kadang kalo lagi ga sibuk jadinya kangen berat.

Setiap kali bertemu, rasanya mendadak istri saya menjadi jauh lebih cantik dari biasanya. Dan itu saya suka. Eh mungkin karena seperti kata-kata "sebuah nikmat itu akan disadari ketika nikmat itu telah hilang". Jadi ibaratnya orang yang sehat terus, ga akan pernah bisa merasakan nikmatnya sehat. Sedangkan orang yang terkadang diberi sakit, akan lebih bersyukur dengan kesehatannya.

Mungkin itulah alasan kenapa seorang suami yang kerjanya di luar kota dan pulang sebulan sekali atau lebih dari itu lamanya, lebih mungkin punya anak lebih banyak daripada suami yang tiap hari ketemu dengan istrinya. Awalnya sih saya ga paham, tapi setelah nikah saya paham, hehe. Karena secara teori harusnya suami yang tiap hari ketemu istrinya lebih punya anak banyak dibanding suami yang kerja di luar kota.

Saya pernah baca kisah Umar yang bertanya kepada anaknya, Hafshoh, mengenai berapa lama batas maksimal seorang istri bisa bertahan dengan kerinduan terhadap suaminya. Hafshoh menjawab 4 bulan. Dan itu memang terbukti. Istri saya belum dua bulan ga ketemu saya saja uring-uringan bawaannya. Apalagi saya, hehe. Ga ketemu seminggu rasanya udah berasa sepi sunyi senyap dan bingung sendiri. Untung aja ada kesibukan yang mengalihkan.

Jika kamu sudah menikah dan tiba-tiba merasa bosan dengan istrimu, maka cobalah berpisah seminggu saja, nanti bosan itu akan hilang. Kalo ga hilang bosannya? Wah, berarti ada yang aneh dengan dirimu. Atau istrimu terlalu galak, hehe.

10 komentar:

  1. Tiap hari ketemu Iska pun gak masalah sih. Dulu juga gak bosen.
    Mungkin karena baru nikah 2 tahun, wekeke.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iska juga ga pernah bosen kug :P
      cuma aja kalo habis berpisah, ketemu lagi, rasanya seperti awal nikah lagi #lebay :D

      Hapus
  2. paling lama sih semingga kalau aku, jarang banget tugas keluar

    BalasHapus
  3. Mbakku dulu jg prnh crita gtu, ada masanya "bosan"..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah bahaya kalo udah merasa "bosan" itu
      harus segera dibikin ga bosan lagi :D

      Hapus
  4. Btw, kamu tuh kuliah S1 apa S2, John? Kok kayaknya gak rampung-rampung? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. S1 Hoed :D
      ya emang belum rampung, padahal udah tahun ke-6 ini :D
      ga fokus kuliah, jadinya gini

      Hapus
  5. benar terkadanga suka bosan tetapi tidak bisa jauh atau ditinggal terlalu lama ... kalau nak muda sekarang bilang itu perasaaan yang labil hehehe

    BalasHapus
  6. yang sudah nikah saja terkadang suka bosan apa lagi yang masih pacaran ya gan

    BalasHapus