Persona Intikalia

13 Jul 2015

Sholat Ied Bawa Aisyah?

Ramadhan sebentar lagi berakhir, gak kerasa yah. Rasanya masih belum rela aja kalau Ramadhan ini berakhir. Tapi ya mau gemana lagi, masa Ramadhan mulu, malah gak seru dong, hehe. Ramadhan kali ini saya gak tahu bakal kayak apa saat sholat Ied. Ini pertama kalinya harus sholat Ied bawa balita aktif. Dulu waktu Aisyah masih bayi, semua baik-baik saja. Dia gak rewel atau apa pun. Maklumlah dia masih umur tiga bulan. Belum bisa kabur ke mana-mana. Kalau sekarang dia udah bisa jalan. Kalau ditinggal sholat takutnya dia bikin ricuh orang sebelah, kan kasian.

Saya juga gak rela kalau harus ninggalin sholat Ied karena Aisyah yang gak mau diem. Sayang banget sholat Ied kan setahun sekali. Saya juga lagi mikirin cara supaya Aisyah tetap diam saat saya sholat. Lagi pula sholatnya gak lama, paling juga lima belas menit. Kan hanya ada dua rokaat jadi gak terlalu lama. Tapi meski cuma dua rokaat tetep aja emang dasarnya Aisyah gak bisa diem jadi bisa ganggu orang lagi sholat.

Saya sih berharap ibu saya datang bulan jadi bisa jagain Aisyah. Tapi jahat banget yah, ibu saya jadi gak bisa sholat Ied dong, haha. Jadi seenggaknya saya bisa sholat Ied dengan tenang tanpa takut Aisyah kabur. Gak hanya suka pergi ke mana-mana, Aisyah juga hobi teriak. Salah satu hal yang bisa bikin sholat gak khusyuk nih. Apalagi teriaknya keras banget. Kadang sampai kuping budek denger Aisyah teriak. Tapi namanya juga anak kecil mau gemana lagi.

Persiapan untuk sholat Ied kali ini juga gak terlalu banyak kayak dulu. Karena Aisyah memang udah bisa jalan. Kalau dulu harus bawa tas bayi segala. Itu isinya bantal bayi, perlak, sajadah, popok dan sapu tangan. Sekarang gak perlu sampai bawa tas bayi segala. Cukup bawa Aisyahnya dan lap tangan. Lebih praktis sih, tapi lebih repot jagainnya, haha. Dilema banget yah. Belum jalan kepengen anaknya jalan tapi udah jalan rempong jagainnya. Tapi lebih baik udah bisa jalan berarti anaknya normal.

Punya anak aktif memang sering kali bikin capek. Tapi dibalik semua itu menyenangkan karena dia sehat. Dan kalau lagi sakit ketahuan banget. Soalnya geraknya mendadak pasif dan lebih banyak diemnya. Alhamdulilah sih Aisyah ini jarang sakit. Kadang sakitnya itu karena dia terlalu aktif. Pernah waktu itu dia sakit dua hari gara-gara dia kebanyakan main dan kurang tidur.

1 komentar:

  1. Allhamdulillah anak-anak sejak kecil selalu di bawa sholat Ied, kalau sekarang malah aku gak ada temannya semua masuk jamaah laki-laki :)

    BalasHapus