Persona Intikalia

22 Jul 2016

Arti Pokémon adalah Aku Cinta Kamu?

Banyak sekali kabar hoax yang muncul di internet saat ini. Jika buku adalah jendela dunia, maka internet adalah jendela hoax. Jika kamu teliti, maka kamu akan menemui lebih dari 50% berita yang tersebar di timeline Facebook-mu adalah hoax. Bagi netizen yang pintar memilah, hal itu sangatlah mudah. Hanya saja kadang seseorang terlalu terbawa perasaan.

Hoax yang paling terlihat tidak masuk akal adalah arti kata Pokémon dalam bahasa Syriac adalah Aku Yahudi. Padahal ga usah jauh-jauh sampe ke bahasa Syriac, di bahasa Madura juga bisa menerjemahkan arti Pokémon. Hanya saja artinya cenderung jorok. Haha. Yang orang Madura pasti tahu maksudku.

Tidak suka pada seseorang atau sesuatu boleh, tapi 'kan tidak lantas harus membuat berita hoax yang mencerminkan sebuah kebodohan. Apalagi apa salah Pokémon sehingga menjadi bulan-bulanan? Dia 'kan cuma monster imajinasi yang hanya ada di pikiran anak zaman 90-an. Perkara banyak yang ketagihan dan lalai gara-gara main Pokémon Go itu kan emang dasar orangnya saja. Saya juga salah satu pemain Pokémon Go dan juga fans Pokémon sejak tahun 2001 lalu. Namun, saya main Pokémon Go juga liat-liat situasi.


Paling saya hanya nangkep Pokémon saat di kampus, itupun sambil ngurus persyaratan yudisium untuk kelulusan. Selain itu kalau di rumah juga paling di dekat rumah saja. Waktu itu sempat sih nangkep Pokémon di Indomaret. Sempat juga nangkep di tempat penjilidan buku skripsi. Haha. Dan yang paling konyol adalah nangkep Pokémon di Galaxy Mall saat diajak beli ponsel untuk hadiah lomba oleh temanku.

Yang jelas saya nangkep Pokémon di saat kondisi saya kondusif. Saya tidak segila orang-orang yang nangkep sambil nyetir sepeda motor. Di Surabaya, gara-gara orang-orang nangkep Pokémon bisa terjadi kemacetan. Jadi ini sebenarnya siapa yang salah? Apakah Pokémon-nya? Sama kayak pisau. Kan bisa menjadi alat bantu masak dan juga bisa digunakan untuk membunuh. Jadi apakah pisau harus dimusnahkan dari bumi ini gara-gara bisa digunakan untuk membunuh?

Sebuah game itu dibuat untuk bersenang-senang. Bukan malah menyusahkan. Jadi, omong-omong apakah arti Pokémon adalah aku cinta kamu? Tentu saja tidak. Pokémon itu singkatan dari Pocket Monster. Hanya saja karena orang Jepang susah ngucapin bahasa Inggris, lebih mudah mengucapkan Po-ke-mon (ポケモン).

4 komentar:

  1. Yaaa diawur2 rin artinya biar keren mah, hahahai

    BalasHapus
  2. banyak pro kontra dengan game ini, cuman yang saya herankan, itu di gym2 di surabaya kok udah banyak dikuasai pokemon master semua wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. di sini yang main udah jago2 bang :D

      Hapus