Persona Intikalia

22 Apr 2017

Cerita MPASI Pertama Aisyah

Setelah punya anak rasanya memang banyak hal yang harus dipikirkan, mulai dari makanan, jam tidur, kebersihan mandi, bahkan sampai pupnya aja dipikirin. Apalagi kalau lagi bedegelen atau sembelit, udah deh panik banget lihatnya. Mana anak nangis emaknya juga bingung. Biasanya sembelit memang dialami oleh bayi yang sudah mulai makan makanan pendamping ASI. Penyebabnya bisa karena alergi makanan atau bisa saja kurang minum dan serat. Tapi menurut saya yang paling ngefek itu banyakin minum air putih atau ASI jika sudah mulai makan makanan pendamping ASI.


Dulu saya bingung banget makanan seperti apa sih yang bagus buat anak. Sehingga saya memutuskan untuk memberikan Aisyah MPASI home made. Selain karena saya juga punya waktu luang untuk nyiapin, saya juga agak anti dengan MPASI instan. Tapi ya, itu semua kan tergantung prisip para ibu masing-masing ya. Saya gak mau menjudge macem-macem pada ibu yang memberikan MPASI instan. Karena memang gak bisa dipungkiri MPASI instan ini praktis banget dan mudah disukai oleh anak.

Kalau ngomongin tentang MPASI memang gak ada habisnya. Ada yang bilang MPASI pertama paling bagus ya diberikan serealia atau makanan yang berupa biji-bijian. Seperti macam-macam beras. MPASI pertama Aisyah memang saya berika bubur beras merah pecah kulit yang katanya memang makanan sehat untuk anak. Awalnya Aisyah memang doyan banget dan saya berikan tiga hari berturut-turut untuk melihat reaksi pencernaanya terhadapa makanan ini. Dan ternyata gak alergi.

Kalau masih awal-awal MPASI memang gak sulit untuk menemukan menu MPASI. Biasanya udah mulai bingung itu ketika si kecil mulai mengerti makanan enak, haha. Bayi juga pengen makan enak loh, hihi. Kalau pada Aisyah fase kepengen makan enak ini sejak dia satu tahun. Dia suka dengan makanan yang punya rasa gak cuma asin aja, tetapi juga agak manis atau asam. Aisyah memang suka makanan yang gurih-gurih. Sempat saya buatkan udang kecap mentega, dan ternyata dia doyan banget. Tapi ya gitu gak dimakan pake nasi tapi dicemil, haha.

Dari kecil saya juga mengenalkan Aisyah dengan ikan. Pertama karena memang saya doyan ikan. Jadi biar ada temen makan ikan karena suami gak doyan ikan, hihi. Lagi pula biar Aisyah lebih fleksibel juga makana segala macam.

Nah kalau kam punya cerita MPASI apa nih?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar