Persona Intikalia

26 Nov 2018

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan

Kegiatan bersepeda mulai populer di kalangan masyarakat khususnya di daerah perkotaan. Hal ini tentu saja merupakan kabar baik, karena bersepeda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun disamping itu, masih banyak juga orang yang belum memulai kebiasaan tersebut dan tidak mengetahui berbagai manfaatnya.


Kebanyakan orang masih menganggap bersepeda adalah kebiasaan sepele yang dilakukan anak-anak saat bermain. Padahal dibalik itu semuanya, terkandung manfaat yang luar biasa dari aktivitas bersepeda, apalagi jika dilakukan secara rutin. Apakah anda belum tahu Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan? Untuk menambah wawasan anda, silahkan simak ulasan kami di bawah ini. Selamat menyimak!

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan


Menurut salah satu dokter yang bernama Boyke Dian Nugraha, manfaat bersepeda sangat banyak sekali, diantaranya yaitu;

Meningkatkan Kemampuan Otot

Kemampuan otot manusia dipengaruhi oleh aktifitas yang dilakukan. Jika anda tipe orang yang sering menghabiskan waktu dengan bermalas-malasan, maka kemampuan otot akan berkurang hingga berkali-kali lipat, yang mana hal tersebut akan berpengaruh buruk dalam jangka panjang. Supaya otot selalu kuat, maka lakukanlah kebiasaan bersepeda secara rutin minimal seminggu sekali. Aktivitas tersebut akan menjaga otot-otot tetap aktif sekaligus meningkatkan kemampuan otot. Dengan demikian anda akan terhindar dari berbagai penyakit seperti asam urat, nyeri sendi, dan lain-lain.

Menjaga Tekanan Darah

Seseorang yang rutin bersepeda bisa terhindar dari resiko penyakit stroke, darah tinggi, dan lain-lain. Hal tersebut dikarenakan tekanan darah akan stabil saat bersepeda. Jika anda ingin tekanan darah tetap dalam kondisi normal, maka sangat dianjurkan untuk bersepeda secara rutin.

Memperkuat Sistem Imun

Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik bisa meningkatkan sistem imun seseorang sehingga bisa terhindar dari berbagai serangan virus dan infeksi. Salah satu aktivitas fisik yang dianjurkan adalah bersepeda. Kegiatan tersebut bisa meningkatkan stamina dan sistem imun sehingga tidak rentan terhadap penyakit.

Menghindari Obesitas

Seperti kita ketahui bahwa obesitas adalah jenis penyakit berbahaya yang mematikan. Penyakit ini biasanya timbul karena gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan kurang teratur. Untuk menghindarinya, anda bisa memulai gaya hidup sehat dan memasukkan aktivitas bersepeda pada jadwal kegiatan sehari-hari. Kebiasaan tersebut bisa mengurangi resiko terkena obesitas hingga 70%.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Aktivitas bersepeda sangat dianjurkan untuk mereka yang memiliki jadwal sibuk setiap hari. Orang yang selalu sibuk setiap hari sangat rentan terhadap gejala stress dan gangguan emosi. Aktivitas bersepeda adalah jawaban untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan bersepeda secara rutin, maka kesehatan mental akan meningkat diikuti stabilnya emosi.

Menghindari Penyakit Jantung

Menurut beberapa ahli, bersepeda bisa menurunkan resiko penyakit jantung. Maka tak heran jika banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk bersepeda secara rutin, karena aktivitas tersebut bisa membuat seseorang terhindar dari penyakit jantung.

Itulah informasi kesehatan mengenai beberapa Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan tubuh kita. Luar biasa bukan? Dibalik aktivitas yang sederhana tersebut terdapat banyak manfaat yang bisa berperan penting untuk kesehatan tubuh kita. Jika aktivitas bersepeda dilakukan secara rutin, maka tubuh kita akan selalu sehat dan bugar untuk menjalankan aktivitas.

Mulailah terapkan aktivitas tersebut dalam keseharian anda minimal seminggu sekali, supaya anda bisa mendapat manfaat yang sama dengan orang lain yang sudah rutin bersepeda. Sepeda yang digunakan tidak harus berharga mahal, karena inti dari kegiatan tersebut bukan seberapa bagus sepeda yang digunakan, namun seberapa besar manfaat yang bisa didapat untuk kesehatan tubuh. Sekian ulasan dari kami tentang Manfaat Bersepeda, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar