Persona Intikalia

16 Jun 2020

Rekomendasi Printer Canon Serba Guna dan Murah

Untuk memenuhi kebutuhan kerja dan belajar, banyak orang membutuhkan printer. Meski jargon yang digaunkan adalah paperless, namun faktanya tetap tidak bisa menggantikan peran kertas untuk kegiatan bekerja dan belajar. Apalagi di kalangan akademikus, dokumen yang dicetak merupakan sesuatu yang wajib dan sering dijumpai. Sampai sekarang belum ada dokumen skripsi yang hanya bentuk digital saja, pasti dia punya bentuk cetaknya. Bahkan yang diujikan dan diberikan kepada penguji adalah bentuk cetaknya.


Sebagai seorang pelajar, pengajar, maupun pekerja, memang dituntut untuk menggunakan printer setiap hari. Membuat dokumen, struk, penugasan, perlu printer untuk mencetaknya. Tak jarang jika seseorang memutuskan untuk mempunyai printer sendiri di rumah agar lebih fleksibel bekerja dan mengerjakan tugasnya.

Printer Canon dan Kelebihannya

Bagi kamu yang belum pernah beli printer, kamu pasti bingung merek printer apa sih yang bagus. Itu adalah hal yang wajar karena di pasaran banyak sekali merek printer yang jadi pilihan. Namun, selama ini saya memakai beberapa merek printer, printer merek Canon lah yang punya kecepatan mencetak dokumen yang bisa diandalkan.

Mungkin bagi beberapa orang lebih mementingkan hasil printing dengan warna yang presisi dan tajam, namun bagi saya yang kebutuhannya lebih ke arah kecepatan printing, saya lebih memilih Canon. Bayangkan saja, saat saya mahasiswa dulu dan mengerjakan skripsi, saya harus menge-print beratus-ratus lembar dalam jangka waktu yang pendek. 

Tentu saja bagi orang yang pernah mengerjakan skripsi dan dihantui oleh revisi, maka akan tahu keadaannya bagaimana. Butuh kecepatan yang tinggi. Bahkan teman saya rela menge-print ke warnet dengan mem-booking lebih dari 3 printer. Alasannya sederhana, agar cepat selesai dan bisa langsung dijilid buku skripsinya.

Selain kelebihannya dalam kecepatan, Canon ini juga punya kelebihan di sisi harga. Harga printer Canon di pasaran cukup bersaing dengan merek printer ekonomis lainnya. Untuk yang tipe multifunsgi saja, Canon hanya membandrol 1,6 jutaan saja. Sangat beda dengan printer merek lainnya yang harganya biasanya dimulai di angka 2 jutaan.

Cari Printer Canon Multifungsi (Print, Scan, dan Tangki Tinta Bawaan Pabrik)

Bagi yang sudah berkali-kali punya printer, pasti tahu suka duka memiliki printer. Dulu saat tahun 2009, saya beli printer lalu dimodif tangki tintanya ada di luar. Tentu saja modifikasi ini dilakukan oleh teknisi toko tempat saya beli printer.

Kelebihan banyak orang melakukan hal ini agar bisa lebih murah dalam urusan tinta. Dengan tangki tinta yang dimodifikasi akan menghemat ratusan ribu loh. Saya pernah awal kali beli printer, printer bawaan tidak dimodifikasi. Alhasil, dalam hitungan 100 cetakan, tinta di catridge habis. Harus beli catridge lagi dan harganya tidak murah.

Untuk itu saya dari dulu berharap pihak pabrik printer ini memberikan terobosan berupa tangki tinta yang memang bawaan pabrik, bukan modifikasi teknisi toko. Kekurangan modifikasi teknisi toko ini sering macet di bagian selang tintanya.

Namun, sejak tahun 2014 kemarin impian saya terwujud. Mulai banyak perusahaan printer yang memberikan fitur itu untuk printer yang dijual di Indonesia. Mungkin mereka melihat perilaku orang Indonesia yang sangat hemat. Bahkan urusan tinta aja tidak mau mahal-mahal.


Bagi kamu yang mencari printer multifungsi yang bisa print, scan, dan tangki tinta bawaan pabrik, serta harga yang murah, kamu bisa memilih printer Canon PIXMA G2010. Harga pasaran Canon PIXMA G2010 ini 1,6 juta. Cukup ekonomis loh harganya. Terakhir saya beli printer print dan tangki di luar saja tanpa ada scan tahun 2014 lalu harganya 2 jutaan. Gila memang. 

Saat itu, saya masih belum mengenal belanja online, jadi belinya ya langsung di toko printer. Jika sekarang ya mungkin lebih enak karena bisa langsung beli online dan bisa dapat harga murah.

1 komentar:

  1. Canon ini merk printer pertama yang saya punya, lumayan bandel tp makin kesini lebih banyak modifikasi untuk catridge nya

    BalasHapus