Persona Intikalia

2 Agu 2021

Manfaat Twitter Untukku

Apakah Twitter masih bermanfaat? Setidaknya, bagiku masih punya manfaat. Sebenarnya Twitter ini sangat bermanfaat di tahun 2010-2015. Di tahun itu, kamu bisa memonetasinya dengan sangat optimal. Sekarang? Ya tetap bisa sih, tapi ga sebesar dulu.

Twitter masih aku pakai karena beberapa alasan. Yang pertama, karena buat sharing link update posting di blog. Yang kedua, untuk komplain. Komplain? Ya, kamu ga salah baca. Komplain yang paling efektif menurutku adalah di Twitter.

Tidak percaya?

Aku sudah membuktikan sendiri sejak dulu. Tahun 2016 lalu, internet rumahan, IndiHome, lagi bermasalah. Aku komplain di Facebook fanpage-nya, bahkan telepon langsung, tidak seberapa ngefek. Di Facebook, CS nya balasnya lambat sekali. Ditelpon langsung, muter-muter juga CS-nya. Mumet lah.

Akhirnya aku coba komplain via Twitter. Langsung direspon, lalu disuruh nge-DM detail akun IndiHome-ku. Sebegitunya yah kedahsyatan Twitter.

Kasus lainnya lagi, pulsa Indosat-ku sering sekali disedot langganan konten yang sama sekali tidak pernah aku minta. Bahkan aku sangat ingat, aku tidak melakukan apapun. Tiba-tiba tiap 3 hari sekali kesedot sekitar 2.500 rupiah. Kan nyebelin.

Akhirnya aku komplain ke IndosatCare yang ada di Twitter. Masalah langsung selesai, di hari itu juga. Semua langganan bisa terhapus dari nomorku. Bahkan waktu itu aku sempat minta balikin pulsanya sekitar 20 ribu, bisa balik. Tapi nunggu 3 hari kalo ga salah. Sakti, 'kan?

Dua hari yang lalu, penyakitnya Indosat juga kambuh lagi. Tiap kali pulsa di atas 50 ribu, selalu ada konten langganan yang nyantol dan ngurangin pulsa 2 ribu setiap 3 hari. Akhirnya aku komplain di Twitter. Itu malam-malam loh, jam 9-an malam. Jam 11 malam semua masalah selesai. Cuma 2 jam.

Cerita lainnya, bulan lalu, aku punya masalah dengan pembelian di Blibli. Beribet banget lah sama CS yang ada di website Blibli-nya. Aku ga srantan, aku komplainlah di Twitter. Di hari itu juga langsung beres. Ngeri 'kan?

Sangat tidak aneh, jika beberapa orang mengatakan Twitter adalah media sosial sambat. Ya, sambat (mengeluhkan masalah). Karena memang sangat efektif. Brand bakal aware banget sama orang yang sambat di Twitter.

Mengapa bisa begitu?

Ada beberapa penyebab yang bisa aku temukan mengapa brand sangat aktif sekali menanggapi keluhan di Twitter. Yang pertama adalah karena di Twitter itu publik. Tweet-mu bisa dilihat orang banyak. Apalagi komplain, tentu kamu tidak mungkin menyetting tweet itu sebagai privat.

Yang kedua, di Twitter ada trending. Jangan sampai jadi viral komplainan tersebut. Biasanya sih yang sering viral IndiHome, gara-gara koneksinya bermasalah. Hehe. Kalau sudah viral, mungkin bisa mempengaruhi nilai sahamnya yah.

Dengan kelebihan Twitter ini yang tidak aku temukan di media sosial lain, sepertinya aku tetap akan menggunakannya. Meskipun isi Twitter-ku kalau tidak link blog ya sambatan (komplain). Wkwkwk.

Di sisi lain, di Twitter aku juga menemukan banyak hal baru terkait pekerjaanku sebagai web designer dan programmer. Banyak ilmu baru yang aku dapatkan dengan follow di akun programmer yang mendalami bidangnya.

Selamat masih bermanfaat, tentu aku masih pakai.

2 komentar:

  1. sy tetpa setia di twitter is...diaitu saksi gelombang2 rumha tnngga saya..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, Pak Ratodi masih aktif ngeblog ternyata :)

      sudah 11 tahun yah kita saling kenal lewat blog

      soal twitter, hihi, ternyata jadi dokumentasi yah

      Hapus