Persona Intikalia

15 Des 2011

Mengenang John Terro

Layu sebelum berkembang. Mungkin itu kata yang cocok untuk keadaan yang seperti ini. John Terro, nama yang mungkin tidak akan kamu temui lagi di author blog ini. Kini, telah berganti menjadi Iskandar Dzulkarnain. Namun, ternyata banyak orang yang bertanya-tanya tentang asal mula nama John Terro tersebut. Mau tidak mau akhirnya aku akan menjelaskan demi menghilangkan kehausan atas keingintahuan itu.

John Terro. Nama yang mungkin jarang sekali kau dengar sebelumnya. Nama yang unik. Mengapa harus John Terro? Tidak adakah nama lain yang lebih dekat dengan nama Iskandar Dzulkarnain? Namun, takdir memang ingin berkata lain. John Terro, dialah aku. Berawal dari hanya nama John.

Panggil aku Cak John

Saat itu, aku masih kelas 10 SMA. Aku adalah aktivis di sebuah rohani Islam (rohis) di SMA-ku. Hari itu adalah hari di mana diadakan pemilihan ketua rohis yang baru. Waktu itu, aku berambut sangat tipis dan mendekati gundul (botak) karena memang habis cukur rambut. Style rambut yang seperti ini memang sering aku gunakan sebelumnya ketika SMP dulu. Tiba-tiba ada satu temanku yang memang suka iseng, manggil aku dengan sebutan Chris John. Sejak saat itulah, banyak anak yang memanggilku dengan nama Chris John. Karena tidak mungkin untuk mencabut sesuatu yang sudah tertancap dalam dan beberapa kakak kelasku (senior rohis) saat itu menyarankan untuk menghilangkan panggilan depan Chris karena memang itu menyerupai suatu kaum. Untuk itu, Chris resmi diganti dengan Cak (panggil akrab di Surabaya).

Seniorku pun membiasakan untuk memanggilku tanpa Chris. Begitu juga temanku, setelah aku kasih penjelasan, mereka akhirnya mau memanggilku tanpa Chris, jadinya Cak John. Cak John, adalah panggilanku yang populer saat itu. Bahkan, aku pernah menemui seseorang temanku yang tidak tahu nama asliku, tapi hanya tahu kalo aku adalah Cak John. Menarik bukan? Bahkan yang paling parahnya lagi, di ruang guru pun, banyak guru-guru yang memanggilku dengan nama Cak John. Hal ini terjadi memang saat di kelas teman-temanku akrab memanggilku Cak John, jadi guru pun ikutan latah manggil aku Cak John.

Terro, dari manakah asalnya?

Dalam perkembangannya, ternyata nama Cak John ini berubah menjadi John Terro. Mengapa ini bisa terjadi? Saat itu, masih laku-lakunya Friendster. Banyak anak yang memakai nama alay. Begitu juga dengan diriku. Nickname di Friendster-ku selalu berubah-ubah setiap bulan. Maklum, dulu kan masih ngeksis banget. Suatu saat aku mengganti Friendster-ku dengan nama John Terro. Terro ini aku dapatkan dari sebuah ilham ketika aku melihat foto seniorku yang bergaya teroris dan menamakan dirinya dengan nickname Terro. Aku juga sering mendengar istilah Terro dan CT di game-game yang biasa temanku mainkan. Karena sepertinya cocok sekali perpaduan antara nama John dan Terro, makanya aku gunakan nickname John Terro di Friendster-ku saat itu.

Nama John Terro awalnya belum terlalu dikenal. Ya lagi-lagi dari seniorku, dia pernah testimoni di Friendster-nya temenku yang intinya menanyakan kabar John Terro. Maklum dulu di gerombolanku ada juga yang namanya Djonny. Jadi untuk membedakan John yang mana biasanya digunakan nama Cak John atau kalau tidak ya John Terro. Sejak saat itulah, di dunia maya aku lebih dikenal dengan John Terro oleh orang-orang di sekitarku. Dan memang nama John Terro inilah yang aku bawa untuk membumikan intikali di dunia maya.

John Terro dan Intikali

Layaknya satu tubuh, John Terro dan Intikali memang tidak terpisahkan. Banyak orang yang bertanya-tanya tentang arti intikali, di sisi lain ternyata banyak juga yang bertanya-tanya mengapa harus nickname John Terro. Awalnya memang aku set John Terro adalah sosok yang misterius, begitu juga dengan intikali. Dalam perkembangannya, John Terro tidak menjadi misterius lagi dan intikali semakin mudah untuk dipahami oleh banyak orang. Mengapa bisa terjadi seperti itu? Karena memang akhirnya aku membuka diri. Namun, di sisi lain dengan keterbukaan itu, banyak juga orang (khususnya yang galau) terjerembak dalam palung terdalam intikali. Padahal aku sudah memperingatkan mereka bahwa intikali itu sesat. Namun, tetap saja ada orang yang ingin mengetahuinya lebih dalam.

John Terro dan Iskandar Dzulkarnain

Fenomena yang terjadi setelah John Terro berganti nama menjadi Iskandar Dzulkarnain adalah ternyata masih banyak orang yang lebih nyaman memanggilku dengan panggilan John Terro. Entah mungkin karena terbiasa. Bagaimana dengan kehidupan di kampus? Di kampus, aku juga lebih dikenal dengan nama John Terro. Mengapa bisa begitu? Karena memang dulu saat masih Maba, banyak tugas-tugas kuliah yang hasilnya aku posting di blog Persona Intikalia ini. Dari sanalah mereka memanggilku John Terro. Dan itu berlaku hingga saat ini.

Begitulah sedikit hal tentang John Terro yang kini mungkin akan tinggal kenangan di dunia maya. Karena aku membranding dengan nama asliku sekarang, Iskandar Dzulkarnain. Postingan ini khusus aku persembahkan untuk teman-teman blogger yang sudah lama ingin mengetahui asal-usul nama John Terro. Beberapa dari mereka adalah Gaphe, Ajeng, R10, Tiara, dan lainnya.

John Terro (2008 - 2011)

36 komentar:

  1. Aku tetap manggil om mas pak John Terro aja lah :D

    BalasHapus
  2. pengen ketawa bacanya. bagusan sekalian dikasih gambar BATU NISAN, hahaha...

    BalasHapus
  3. oh gitu ya john critanya... skarang masih punya friendster pa ga.?

    BalasHapus
  4. sayang fs sudah tutup, padahal aku mau lihat profil Chris John Tero - friendster.com :p

    BalasHapus
  5. @Ami: haha .... itu mah malah mendramatisasi :D

    @Baha Andes: Friendster sekarang udah jadi situs game :)

    @Ario Antoko: ahaha ... emang mau lihat sisi dahulu John Terro yah :P

    BalasHapus
  6. tapi isinya lebih ke mengenang "iskandar dzulkarnain"??? ahaha

    panggil "omar" aja dah... (om iskandar)

    BalasHapus
  7. Oke Nama asli lebih mantap kok dan moga makin membawa barokah di blog ini

    BalasHapus
  8. Hohoho... ternyata sejarahnya begitu :)) tapi pake nama asli aja ^_^ setuju dengan diatasku, lebih membawa barokah :)

    BalasHapus
  9. @KoskakiUngu: bisa2 aja nih Fai :)

    @Dangstar: amien

    @BasithKA: ya begitulah sejarahnya :P

    BalasHapus
  10. Trus intikaline kapan di bubar'e john?

    BalasHapus
  11. mengko ae lek wes nikah, aku bubarkan intikali -itu pun kalo bosan dengan intikali-

    BalasHapus
  12. wah ceritanya mengharukan om john :P

    BalasHapus
  13. wah baru tahu nama asli aku mas,soalnya kirain nama John Terro itu nama asli :)

    BalasHapus
  14. jd inget temenku yg sering aku panggil GC.. awal'a aku doang yg manggil dy GC tp akhirnya semuanya pada tiru..

    hihi, aku ttp panggil john terro ajalah.. lebih enak gitu..hihi, gpp kn

    BalasHapus
  15. walaaah ganti ya? john terro sudah keren sebenarnya.
    tapi iskandar dzulkarnain ga kalah keren. yep, idem, moga membawa berkah...

    BalasHapus
  16. Terus kenapa harus ganti nama skrg? ;p

    BalasHapus
  17. ciecie yg anak rohis cieeee hahahahha

    BalasHapus
  18. terro, tapi bukan terrorist kan?

    tapi kalo sampe nanti masih tetep dipanggil john oke ya?..

    agak kelu manggil iskandar, kepanjangann hehehe

    gak nyangka si gondrong dulunya pernah ikut rohis

    BalasHapus
  19. wah, ternyata nama terro itu dari kata terrorist kalo kita main PB toh. Hahahah, baru tau saya :D
    Mas nya gak suka main PB ya?

    BalasHapus
  20. @Ra-kun: dulu pernah main, tapi ga holic banget

    @Yudi Darmawan: beuh :P

    @Gaphe: aku teroris, teroris hati :P
    ya emang di kampus masih dipanggil john kug om :P

    @Inggit: biasa aja kalee :P

    @Keven: ya karena dipaksa oleh Google :P

    @Huda Tula: makasih :)

    @Enny Law: gapapa kug

    @Alprablog: semoga

    @Andy: yah ga mungkin lah itu nama asli :P

    BalasHapus
  21. asal mula nama jhon terro itu berawal dari nama panggilan yg di kasih temennya

    BalasHapus
  22. pantesan bingung, ada yang komen di blog saya namanya Iskandar Duzlkarnain, ternyata dari blog ini :D

    ehh ternyata dulu sering main counterstrike yah? :P

    BalasHapus
  23. CS? dulu mah pernah main, tapi ga sering :D

    BalasHapus
  24. Oooo hihihi :D
    Kirain John Terro itu nama asli x)

    BalasHapus
  25. ah aku sudah tahu. sebagian :P

    BalasHapus
  26. sudah barang tentu, la kamu dulu pernah sekelas sama aku :D

    BalasHapus
  27. Ternyata... #kecewa

    aku kira john-terro
    john = gigi kelinci
    terro = suka makan terong

    piss ƪ(˘⌣˘)┐

    BalasHapus