Persona Intikalia

18 Mei 2013

Bongkar Kebiasaan Lama

Sebenarnya udah lama mendiskusikan hal ini dengan beberapa teman dekatku: PB dan Om Havoc mengenai pemakaian perangkat lunak bajakan. Sebagai seseorang yang pernah "makan bangku sekolah" dan mengerti etika, jujur di lubuk hati yang paling dalam serasa berat memakai perangkat lunak bajakan. Tapi mau gimana lagi, harganya belum sempat terbeli oleh kemampuan receh di dompet kami. Akhirnya kami pun mulai melakukan reduksi pemakaian perangkat lunak bajakan. Salah satunya, yang dilakukan Om Havoc dengan memakai OS Linux Mint. Si PB juga mulai menggunakan perangkat lunak yang serba open source, meskipun beberapa masih terhitung bajakan karena emang belum menemukan penggantinya. Tapi tetep di lubuk hati pengen banget berubah, berhenti menjadi "petani modern" (tukang bajak perangkat lunak).

Bagaimana dari sisi diriku? Aku juga mulai mengurangi penggunaan perangkat lunak bajakan dengan mencari penggantinya. Aku juga mulai menggunakan OpenOffice untuk menggantikan Microsoft Office Mac. Lagian juga kebutuhannya dengan piranti Office tidak terlalu berat. Dulu, hal yang paling sulit adalah mengganti penggunaan Adobe Photoshop. Ga ada yang sehebat perangkat lunak tersebut. Kalo hanya beli OS Windows yang asli, receh kita masih bisa lah. Tapi kalo Adobe? Hm, harganya melambung jauh untuk kisaran personal. Namun, harganya emang pantas untuk skala korporasi. Ternyata seperti gayung bersambut, beberapa bulan yang lalu aku menemukan situs reseller yang menjual Adobe di Indonesia. Dia bilang bahwa ada program buat murid dan guru yang bisa mendapatkan harga Adobe lebih murah, hanya 10% dari harga asli.

Bisa kamu bayangkan betapa girangnya diriku mengetahui hal ini. Tapi tetap saja, belum ada duit untuk dialokasikan ke arah sana. Akhirnya, beberapa hari yang lalu aku bisa beli juga. Cukup lama sih penantian bisa beli Adobe yang asli. Emang sih dulu duitnya udah ada, tapi buat keperluan nikah dulu, hehe. Sekarang lumayan lah, udah agak stabil. Hal ini juga mendapat persetujuan istriku, selaku bendahara rumah, hehe. Setidaknya dengan Adobe yang asli hati bisa lebih tenang dalam memenuhi tuntutan hobi. Lagian juga dukungannya lebih banyak daripada pake yang bajakan. Tadi sih udah nyoba perbedaan pake Adobe Flash yang asli dengan yang bajakan. Kerasa banget bedanya. Berikut adalah foto dari paket Adobe yang datang ke rumah.

Adobe CS6 Design & Web Premium Asli :D
Seneng banget sih akhirnya bisa punya perangkat lunak Adobe yang asli. Ya setidaknya agak kerenan dikitlah. Masa pake MacBook tapi perangkat lunaknya bajakan, hehe. Kalo serba asli gini kan berasa lega dan mau ngapa-ngapain juga ga ada rasa bersalah. Lagian bikin template juga kebanyakan pake Adobe Photoshop untuk gambar-gambarnya. Setidaknya dengan membeli Adobe yang asli, bisa bikin harga template-ku naik (kan perangkat lunak pendukungnya beli, ga bajak :P). BTW, buat kamu yang ingin beli Adobe juga, bisa dapat harga murah asal kamu masih sekolah atau kuliah, guru atau dosen, bahkan staf juga bisa. Baca aja selengkapnya di teknologika.biz. Aku sarankan sebelum kamu memutuskan untuk beli, pikirkan dulu seberapa produktif kamu dengan perangkat lunak ini. Kan sayang kalo udah beli ujungnya ga produktif, hehe. Dan yang paling penting adalah coba kamu email-emailan dulu sama yang jual. Biasanya mereka kasih saran dan info yang jelas mengenai cara pembelian dan lain-lainnya.

Oke, sepertinya segitu dulu curhatku mengenai pembelian Adobe CS6 Design & Web Premium. Entar kalo ada apa-apa lagi aku cerita, karena sebenarnya aku juga lagi nunggu dapet Serial Number dari pihak Adobe. Katanya sih memakan 2-3 hari. Ya semoga saja lebih cepat dari itu karena ga sabar biar cepet kelar nih perangkat lunak.

19 komentar:

  1. keren, aku aja cuma punya windows dan office legal, beli adobe ga kepikiran, untuk design pakai inkscape/gimp udah cukup

    office juga bisa gratisan di skydrive, untuk penulis office di skydrive lebih dari cukup, cuma butuh online doang buat nulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnya aku malah males sama windows yo :D
      ini aja el mau aku ajari pake Ubuntu

      Hapus
    2. komen G+ hilang, biarin aja :p

      Hapus
  2. setidaknya gak malu2 banget lah pernah beli software ORI minimal SMADAV kekekekkeke

    BalasHapus
  3. yang masih dibajak karena belum ada gantinya:

    1. Windows 7
    2. Adobe
    3. MS Office (Aku udah cukup terbiasa ama OpenOffice, tapi user laen di tempatku terus minta MS Office 2007)

    udah coba-coba pilihan alternatif untuk barang-barang tersebut... namun belum ada nge'sreg' di hati user.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hoho ... gitu yah :D
      ya mungkin karena mereka mendapatkan MS Office 2007 dengan cara yang "mudah" sih :P

      Hapus
  4. Win8 ku asli loh bukan bajakan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. baguslah
      tapi kebanyakan win8 emang asli
      bajaknya susah

      Hapus
  5. browser Google Chromeku asli lho..
    *ya iyalah..

    btw, selamat ya..
    :D

    BalasHapus
  6. Progressnya sama yah.. Pakai yang bajakan > Dapat Duit > Beli yang asli, hehehe.

    BalasHapus
  7. Mau numpang tanya dapet serial number dari adobenya gimana? Cara installnya susah tidak? Mahon infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya dari Adobe nya langsung dikirim lewat email
      cara instal nya sama, malah lebih mudah, ga pake nge-crack
      tinggal masukin serial number, udah beres

      Hapus
    2. Oh gitu ya makasih infonya :) pemesanan via email? selama ini adobenya berjalan baik baik saja?

      Hapus
    3. iya, pemesanan via email
      kalo bingung tanya2 aja dulu sama CS nya
      alhamdulillah masih berjalan dengan baik-baik saja

      Hapus
  8. Aku kepengeeen...

    BalasHapus