Persona Intikalia

5 Jan 2014

Tips Agar Tidak Grogi Saat Ijab Qobul

Ternyata Ijab Qobul itu tak selebay yang orang-orang ceritakan. Harusnya ini aku ceritakan bulan April 2013 lalu sih, cuma sempatnya baru sekarang. Maklum lah, karena saat itu lagi dalam suasana gembira yang amat sangat sampe males nulis entri, apalagi kepikiran bahas yang kayak beginian.

Awalnya saya pikir ijab qobul itu bakal sesusah saat ngucapin kalimat "nembak" ke cewek. Ternyata, tidak sesusah itu, kawan; meskipun saya sendiri belum pernah nembak cewek. Alasannya ga pernah cewek simpel banget. Karena saya tidak punya surat ijin memegang senjata api; jadi ga boleh nembak.

Pas seminggu mau nikah, dulu, kakak kelasku sempat nakut-nakutin diriku dengan mengatakan bahwa katanya kalo ijab qobul-nya salah ngucapin sampe tiga kali, nikahnya diundur seminggu kemudian. Gile lu, Ndro!!! Ini sungguh pernyataan yang sangat lebay dan tidak masuk akal menurutku. Coba bayangin aja, masa mau sih petugas KUA ribet lagi seminggu kemudian hanya karena ngurusin mempelai laki-laki yang tiba-tiba bisu sementara karena grogi? Tentu saja tidak.

Pernah kejadian di deket rumahku, kata ibuku, ada tetangga yang dulu saat nikahnya susah banget ngucapin ijab qobul. Salah terus hingga beberapa kali. Toh juga pihak KUA-nya dengan sabar menunggu hingga akhirnya mempelai laki-lakinya bisa lancar ngomong.

Ga nyalahin juga sih orang yang grogi saat ijab qobul. Saya pernah lihat rekaman di YouTube mengenai orang yang grogi saat ijab qobul. Kasian juga liatnya sampe keringetan gitu.

Weits, jangan terlalu serius bro bacanya, hehe. Cobain nih game bikinanku. Dijamin gemes karena ga bisa menangin level-levelnya :D




Penasaran, downloadnya di sini. Oke, lanjut lagi. Tadi iklan sebentar, hehe.

Alhamdulillah sih saat saya ijab qobul 30 Maret 2013 lalu berjalan lancar dan tanpa pengulangan. Padahal sebelumnya saya tidak pernah latihan ijab qobul. Saya memang sejak awal tidak mau selebay mempelai pengantin lainnya yang latihan ijab qobul seminggu sebelum akad nikah berlangsung.

Bagaimana tips-nya agar bisa lancar dan ga grogi saat ijab qobul? Caranya mudah, doa saja pada Alloh seperti doanya Nabi Musa. "Robbisyrohli shodri, wayassirli amri, wahlul uqdatam mil lisani, yafqohu qouli". Doa ini lazim dan sering dibaca di TPQ kug. Inti dari doa ini adalah meminta pada Alloh agar dilapangkan dada kita, dimudahkan urusan kita, dan dilancarkan lisan kita, agar orang orang lain mengerti apa yang kita ucapkan.

Mudah bukan? Tentu saja mudah. Dan ingat, jangan percaya tentang banyak mitos yang berkeliaran seputar pernikahan. Saya masih ingat dengan tetangga saya yang mengatakan bahwa kalo mau akad nikah, sandal si mempelai laki-laki harus disembunyikan. Untuk apa? Karena takut dicuri kah? Bukan, katanya biar ga dibalik sama orang. Kenapa takut dibalik? Katanya tetangga saya, kalo sandalnya dibalik mempelai laki-lakinya bisa ga lancar ngomongnya. Ini benar-benar kedustaan yang nyata. Kalo dipikir logis, apa hubungannya sandal sama mulut?

Ya begitulah kalo orang terlalu percaya pada mitos, hidupnya ga akan pernah tenang. Isinya paranoid melulu. Capek kan paranoid melulu? Tentu hal yang seperti ini tidaklah berdasarkan dalil apa pun, entah itu dalil al-Quran atau hadist, maupun dalil secara nalar. Islam itu mudah, dan yang berasal dari luar Islam pasti bikin ribet. Ngga percaya? Percayalah :D

Kadang juga kasihan sama orang yang terlalu berpegang dengan adat. Nikahnya pasti ribet dan banyak protokol. Mulai dari hitung-hitungan weton agar ga dimakan naga, hingga ritual-ritual aneh yang ujung-ujungnya menyusahkan keluarga. Ada loh yang nikah harus masuk ga boleh lewat pintu rumah, katanya takut dimakan sama naga. Kalo saya sih, saya sudah siapkan pawang naganya, tinggal beli susu sapi yang kalengnya gambar beruang, tapi sponsornya keluar naga, hehe :P

Ya segitu dulu tips agar tidak grogi saat ijab qobul. Saya lapar dan mau makan dulu. Sampai jumpa di entri berikutnya :D

49 komentar:

  1. Memang sering terjadi bahwa mitos mengalahkan akal sehat hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya terkejut dengan komentar Master Andre Pranoto yang tiba-tiba ini :D
      ternyata diam-diam membaca juga nih Master :P

      Hapus
  2. hbis ni pasti byk yg search tipsnya hihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan yang pasti akan ramai pengunjungnya.. :)

      Hapus
    2. @jiah: kayak gitu jiah :D

      @abdur: semoga saja begitu :D

      Hapus
  3. Nais impoh, John. Setelah bahas ijab qabul, ntar kalo update post lagi, masuk pada pembahasan selanjutnya John. Ini pengetahuan penting bagi yang masih lajang. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekeke, gitu yah :D
      emang pembahasan selanjutnya perlu dibahas yah? :P

      Hapus
  4. "...sandal si mempelai laki-laki harus disembunyikan"
    "Lah, saya pakai sepatu e bu.."
    *pasang muka polos

    BalasHapus
  5. btw
    mas saya pengen cepet bisa ijab kabul mas
    hahahah
    biar bisa merasakan bagaimana rasanya
    hehehe

    BalasHapus
  6. sebagai perempuan juga deg2an loh , apakah calon suami bisa mengucapkan ijab dengan lancar ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ouwh gitu yah, saya baru tahu :D
      tapi emang sih, katanya istriku juga deg-degan
      tapi bukan deg-degan karena itu, tapi karena "hal" lain, hehe

      Hapus
  7. kalau terlalu nervous bisa jd salah-salah ijab wabulnya...
    apalagi malam pertamanya...
    :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya juga lah, orang nervous ngomongnya pasti geje
      kalo malam pertama, masa sih ngaruh? :P

      Hapus
  8. Tapi biasanya mitos2 gitu maksudnya baik, John. Contoh, ada mitos kalau makan sambil duduk dekat pintu itu pamali. Bisa nggak dapat jodoh. Nggak logis sih, tapi mungkin maksudnya, yah buat mengajarkan kesopan-santunan. Intinya, pasti deh ada maksud terselubung di balik mitos2 itu.

    BalasHapus
  9. john sekarang sudah mulai mencoba sebagai pakar spesialis taaruf

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan yo :D
      saya hanya berbagi cerita saja

      Hapus
  10. wah ditempat ane sekarang ijabnya di KUA langsung, jadi nggak banyak orang jadi nggak gerogi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih, regulasinya udah ganti sejak Desember 2013 lalu

      Hapus
  11. jadi ikut deg-degan tkt mas nya gugup pas Ijab Qobul, karena mas ku termasuk orang yg pemalu dan emang gugupan aslinya, bagaimana ini :(

    BalasHapus
  12. In sya allah...akan kucoba...mohon doa & dukunganx yaa...semangaaat !!!

    BalasHapus
  13. in sha allah minggu depana sy ijab kabul...terima kasih tips dan penjelasannya. Soalnya grogi jg klo dgr mitos2 yg sering beredar :D
    Semoga dilancarkan lisan dan dilapangkan urusannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow, selamat yah
      semoga Alloh memudahkan urusanmu :)

      Hapus
  14. Saran yang sangat membangaun. Dan Insya Allah 2minggu lagi saya melaksanakan ijab qobul.. Semoga tidak gerogi.. :D amiin..

    BalasHapus
  15. Hari ini insya Allah sy akan melakukan ijab qobul, trimaksih tipsy smga lancar aaaaammmiiiiiinnnn

    BalasHapus
  16. Hari ini insya Allah sy akan melaksanakan ijab qobul, trimkasih tipsy....semoga di amiiiiinnnn

    BalasHapus
  17. pingin rasanya ngucapin ijab qobul hehe... tp sayang msh ABG

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar yah, bentar lagi udah boleh ngucapin kug :D

      Hapus
  18. Sangat membantu sekali tulisan nya kang untuk mengurangi grogi, Insyaallah hari ini saya ijab kabul, semoga semua nya lancar, doakan ya ,, amin....

    BalasHapus
  19. Insya Allah besok pagi saya ijab qobul.
    "Robbisyrohli shodri, wayassirli amri, wahlul uqdatam mil lisani, yafqohu qouli"

    BalasHapus
  20. Haa lucu bgt artikelnya, smpe senyam senyum sndri.
    doakan agsts ini akan mlaksnakan ijab kabul. Smga semuanya lancar. Amiin

    BalasHapus
  21. Makasih artikelx. InsyaAllah bulan 10 saya juga mulai ijab kabulx... aminnñ

    BalasHapus
  22. Sya mau nikah 2 minggu lagi tpi takut gerogi

    BalasHapus
  23. Widih,
    Makasi tips nya mas
    Mudah2an ntar saya pas ijab qabul ga grogi,
    Lancar jaya, aamiinn
    yang paling penting sih nemu dulu calon yang pas, hehe

    Salam kenal saya Razi mas Iskandar
    :)

    BalasHapus
  24. jadi kepengen ijab qabul nih hehehe

    BalasHapus
  25. pas banget pembahasannya. soalnya ada plan tuk married tahun ini nih

    BalasHapus