Persona Intikalia

16 Jul 2013

Pengalaman Pasang Iklan Lewat SMS

Di bulan puasa kayak ini emang lagi heboh-hebohnya orang nawarin dagangannya. Beberapa orang rela bayar mahal supaya barangnya diiklanin. Emang sih kalo liat dampak signifikannya beriklan itu emang gede daripada harus dari mulut ke mulut yang capek. Banyak situs pemasangan iklan gratis yang ada di internet, tapi ga semuanya terpercaya dan kadang nunggu diverifikasi yang membutuhkan waktu lama. Nyebelin? Emang, namanya juga gratisan. Belum lagi dihadapkan dengan antarmuka pengguna pasang iklan yang ribet.

Terobosan baru emang perlu dalam dunia periklanan. Sebagian besar orang pasti punya hape. Hari gini ga punya hape? #sambilkaget. Ada sih yang ga punya hape, tapi sangat sedikit sekali. Bahkan tukang becak deket rumah aja punya hape buat ditelpon pelanggannya. Terobosan baru itu adalah pasang iklan baris via SMS. Apa bisa? Bisa dong. Buktinya beberapa hari yang lalu istriku ngasih tahu aku kalo ada situs pasang iklan lewat SMS. Penasaran banget aja aku dengan apa yang dibilang istriku. Pas aku cek ternyata beneran ada. Berikut adalah tampilan situsnya.

Payune.com - Iklan Baris SMS

Payune.com, namanya sederhana dan sangat familiar di telinga. Buat kamu yang keturunan atau sering berinteraksi dengan orang Jawa pasti tahu arti Payune. Payune itu artinya Lakunya. Situs Payune.com terlihat sederhana dan mengusung tema metro khas Windows 8. Sempat kemarin nyoba masang iklan di Payune.com lewat SMS. Responnya cepet banget. Sempat penasaran sih apa bener udah kepasang. Akhirnya aku refresh halaman situs Payune.com, eh muncul juga.

Iklanku di Payune.com

Gampang banget lah masang iklan lewat SMS di Payune.com. Daftar dulu lewat SMS. Nanti ada SMS balasan gimana cara pasangnya. Ikutin aja apa yang ada di SMS balasan itu. Kirim, lalu coba cek iklanmu di Payune.com. Ga hanya itu sih, kamu bisa juga cari iklan baris via SMS. Fitur pencariannya juga mudah, tertarget berdasarkan kategori iklannya.

Intinya beriklan di Payune.com ini emang dimanja banget. Pengiklan ga perlu repot-repot ngerti antarmuka yang biasanya disuguhkan oleh iklan baris lainnya. SMS aja cukup, iklan muncul. Ga percaya? Coba aja langsung beriklan di Payune.com. Dijamin ga sampe 5 menit kalo dikalkulasi dengan ngetik SMS-mu, iklanmu udah nongol di Payune.com. Emang berapa tarif SMS-nya? Tarif SMS sama aja kayak tarif reguler dari operator masing-masing. Pas aku nyoba sih gratis, soalnya dapet gratisan SMS dari AX*S :P

Yang lebih heboh lagi adalah pencarian perkata lewat SMS. Berikut ini hasil uji coba iseng-iseng berhadiah saat ngecek apakah fitur pencariannya bisa atau enggak.

Hasil pencarian di Payune.com

Nongol kan? Pokoknya keren banget nih situs. Dulu sih pengen bikin situs iklan yang otomatis kayak gini, tapi maklum belum nutut ilmu sama biaya operasionalnya, hehe. Tapi gapapa lah, emang jalannya bukan di sana #malahcurhat. Lagian rejeki udah diatur, ga bakalan ketuker :)

Keisenganku selanjutnya adalah mengecek kecepatan situs ini diakses. Ternyata situs ini cepet juga dan banyak dapet predikat A dari GTmetrix. Berikut adalah hasil tes yang aku lakukan pada situs Payune.com.

Hasil dari GTmetrix

Kalo dibandingin sama blog Persona Intikalia, ya Payune.com lebih unggul soal speed. Tahu sendiri lah blog ini isinya banyak gambar jadinya berat, hehe. Oke, selanjutnya adalah pengecekan apakah situs ini responsive atau enggak. Ternyata situs Payune.com ini responsive. Coba aja cek di Responsive Tools nya Intikali.org. Responsive kan? Karena masih ragu dengan tools itu, akhirnya aku cek menggunakan emulator Android yang ada di Mac OS ku. Berikut adalah hasilnya.

Payune.com di emulator Android

Nah, itulah sekelumit (padahal panjang lebar :P) pengalamanku pasang iklan lewat SMS di Payune.com. Mungkin kamu juga ingin mencoba pasang iklan di sana. Yang jelas iklannya gratis. Tapi iklan yang aku pasang premium, hehe. Sekalian branding jasa bikin website yang aku tekuni, jadi agak modal dikit lah. Oke, kayaknya mata pengunjung udah penasaran apa iya Payune.com bisa gitu, hehe. Coba aja sendiri. Jangan lupa komen berbagi pengalaman pasang iklan di Payune.com melalui kotak komentar di bawah ini :P

18 komentar:

  1. iklannya murah 20.000/tahun yang premium

    BalasHapus
    Balasan
    1. murah itu relatif
      banyak yang suka gratisan loh
      tapi emang murah juga sih cuma 20 ribu/tahun untuk yang premium

      Hapus
  2. aku belum pernah dapat ilan sms kaya gini

    BalasHapus
  3. banyak yg baca iklannya ga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak yang baca yo nantinya :D
      situsnya masih baru
      toh yang punya jago SEO, sudah banyak situs buatannya yang tidak diragukan keampuhannya :P
      makanya aku berani pasang iklan premium

      Hapus
  4. Terus yang menerima SMS tersebut siapa ? Apa gak di targetin gitu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. um, sepertinya banyak yang salah paham akibat fast reading nih :D
      jadi itu pasang iklannya lewat SMS, iklannya tampil di web
      bisa juga cari iklan di web itu lewat sms berdasarkan kategori atau keyword
      yang nerima SMS ya yang request iklan di sana

      Hapus
  5. keren juga nih payune.com
    Bisa saya gunakan untuk promosi bisnisku. Thanks infonya kawan :-)

    BalasHapus
  6. haha ia bagus, web baru ya kayanya. Ikut nyoba juga nih kayanya. :))

    Responsive sama flat design juga itu ternyata. :))

    BalasHapus
  7. Belum punya sesuatu yang bisa diiklankan je,,

    BalasHapus
  8. Biar nggak berat, kurangi aja gambarnya sob. Biar speednya kayak payune.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekekek :D
      jangan lah om, image di blog ini punya peranan :)

      Hapus
  9. oalah, dari sms ke web toh, kirain kebalik om hehe

    BalasHapus