Persona Intikalia

23 Mar 2014

Spam

Entah kenapa beberapa minggu ini banyak sekali spam masuk di blog ini. Padahal blog ini ga terlalu terkenal. Ternyata ga hanya di blog ini saja, di blog saya yang satunya lagi juga dispam. Padahal blog itu umurnya belum setahun. Terkenal aja juga belum. Spam-nya juga beraneka ragam, kebanyakan dari bule. Tapi ada juga loh yang spam dari Indonesia. Kalo dari Indonesia biasanya spam manual.

Gimana saya itu spam atau bukan? Lihat saja artikelnya apa, komentarnya apa. Apalagi kalo pake nyantumin link yang jelas-jelas ga nyambung dengan topik yang dibahas di entrinya. Itulah yang menyebabkan saya lebih suka memoderasi komentar daripada mempublikasikannya langsung. Saya akan menandai itu spam secara manual, selanjutnya biar Google yang menindaklanjutinya. Kalo ada komentar yang seperti itu lagi, langsung masuk direktori komentar spam. Namun, tetap saja saya bisa memantau komentarnya melalui email.

Jika kamu ingin menyebar link biar jadi backlink, saran saya sih komentarlah dengan cerdas. Supaya komentar kamu ga dianggap spam, hehe. Sebenarnya mudah saja, walau kamu komentarnya cuma "wah lucu yah" di entri Bayi Ultraman, maka saya anggap itu bukan spam. Tapi kalo komentarnya "nice info gan" tentu saya laporkan sebagai spam. Udah ah gitu aja.

12 komentar:

  1. catatan r10 aku tutup komennya,karena selama ga update dapet 500 komen spam :D

    **pakai www yah john ke hptekno

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekeke, dimoderasi aja yo :D
      tapi capek juga sih milihinnya :v

      Hapus
  2. Balasan
    1. bukan mbak
      saya tahu kalo pengunjung setia bukanlah spam :)

      Hapus
  3. Waaa blogku yang satunya juga banyak spam. Sehari 20 ada kalik.
    Padahal masuknya kok 'spam', ga muncul... tetep aja -,-

    BalasHapus
  4. tulisanya bermanfaat nih hehe

    moga sja bukan di anggap spam :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, tentu saja tidak lah om Yayack
      om kan blogger lama

      Hapus
  5. sekarang banyak blogger yang menjadikan spam sebagai hobby....tentunya dengan tujuan beraneka ragam...dan itu adalah salah satu resiko yang harus siap kita hadapi saat memilih jadi blogger....
    keep happy blogging alway...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, saya juga hobby spamming kug om :D
      cuma spamming saya lebih luwes

      Hapus
  6. Kadang aku masih menoleransi yang nyepam basa-basi macam "nice info gan", dan semacamnya. Mungkin itu blogger pemula yang baru kenal aktivitas blogging, jadi bisa dimaklumi lah. Tapi yang paling menjengkelkan tuh nyepam sambil menanam link aktif di kolom komentar. Yang kayak gitu biasanya langsung tak hapus tanpa ampun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dihapus kurang memberikan efek jera
      kalo dimasukkan ke folder spam, komentar selanjutnya yang sejenis setelah dilaporkan sebagai spam akan masuk spam :D

      Hapus