Persona Intikalia

10 Des 2015

Voucher Belanja yang PHP

Pasti para perempuan hari ini lagi pada heboh dengan harbolnas atau hari bolos nasional. Eh salah booo, maksudnya hari belanja online nasional, hahha. Saya sendiri tadinya gak antusias sama sekali dengan adanya harbolnas yang menurut saya kesannya kok maksa banget yah. Eh tapi ternyata saya malah kemakan iklan-iklan yang saya post di blog saya sendiri! Berhubung harbolnas memang saya dan suami kebanjiran job untuk mempromosikan harbolnas. Dan saya termasuk yang kemakan iklan yang saya pasang di blog sendiri. Miris!

Belanja clodi tahun kapan ini?
Berasa senjata makan tuan deh. Tapi berhubung duit lagi seret ya belanjanya yang lagi dibutuhkan dan yang bener-bener memang murah. Dan yang bikin saya girang pagi ini saya dapet email dari komunitas tempat saya gabung kalau masing-masing memebernya dapet voucher senilai total satu juta rupiah. Siapa yang gak seneng banget dapet voucher segitu.

Tapi itu cuma cerita di negri dongeng. Saya harus menghadapi fakta bahwa minimal pembeliannya gak mungkin saya tembus. Memang sih vouchernya itu gak langsung satu juta. Tapi dibagi dibeberapa marketplace. Nah ketentuan di setiap marketplace beda-beda. Ada yang ngasih voucher diskon seratus ribu tapi minimal pembelian tiga ratus ribu. Ada yang lebih sadis lagi, voucher cuma lima puluh ribu minimal pembelian lima ratus ribu! Apa rasanya gak kepengen makan sendal tuh.

Tapi sebagai orang yang sok bijak maklum dengan semua ini. Mana ada yang mau rugi sih, meski pun mereka pada bilang diskon sekali pun. Padahal yah, saya udah dibilangin berkali-kali oleh mendiang ayah saya kalau diskon itu kebanyakan cuma php (pemberi harapan paslu). Tapi ya tetep saya bakal ngelirik kalau ada tulisan diskon segede gaban.

Tapi gak semua voucher diskon itu jahat loh sodara-sodara. Dulu pernah belanja di marketplace baru dengan voucher lima puluh ribu dan minimal belanja cuma lima puluh ribu. Ini manusiawi banget lah. Tapi setelah itu marketplace jadi laris dia kejam juga seperti marketplace lainnya. Masa sih harus didoain gak laris? Ya gak gitu juga kali yah.

Jadi pesan moralnya adalah jangan senang dulu kalau dapet voucher belanja. Coba perhatiin minimal pembelian. Kalau masih manusiawai silahkan berbahagia. Dan pakai untuk belanja. Kalau gak, ya udah relakan saja. Pilih mengabaikan voucher atau mengabaikan isi dompet? Ini pesan moral macam apa sih, haha.

1 komentar:

  1. haha. aku pun jebol, en. kemakan iklan sendiri di blog. tapi sekali-kali beli buat ibu, hehe

    BalasHapus